Nasehat dalam Bekerja

  • Rezeki dari Allah Ta’ala teramat luas dan tidak hanya melalui gaji. Instansi, perusahaan, lembaga dan sebagainya hanya sebagai perantara. Rezeki dari-Nya bisa dimanapun, melalui perantara siapapun, dan dalam bentuk apapun.
  • Semangat dalam bekerja jangan bergantung pada gaji karena rezeki dari Allah tidak hanya melalui gaji. Niatkan yang tulus kepada Allah dengan pekerjaan yang halal dan baik, syariat yang selalu dipegang, serta terus bekerja secara jujur, disiplin, maksimal dan hasil pekerjaan berkualitas.
  • Biarkan saja jika atasan tidak mengetahui karena Allah pasti memperhatikan. Abaikan juga atasan yang tidak menghargai karena Allah pasti menghargai orang yang berbuat kebaikan dan kejujuran. Allah pasti akan memberikan ganjaran lewat jalan yang lain.
  • Hidup ini akan lebih ringan dan nikmat kalau kita fokus dengan apa yang disukai atau yang diperintahkan Allah. Bekerjalah tanpa bergantung pada gaji, Insya’ Allah kita akan lebih sukses dan nyaman dalam bekerja.
  • Allah Ta’ala tahu persis apa kebutuhan kita. Dia pun telah menjamin seluruh rezeki kita. Maka, bekerjalah dengan hati yang tulus, ibadah yang bagus, hidup dan ikhtiar yang lurus dan serius, juga bertobat terus menerus.
  • Teruslah bekerja dengan penuh amanah dan profesional. Kita jangan sibuk memikirkan karier, tetapi sibuklah kepada Allah. Sebaiknya, jangan pula berambisi pada karier, karena tiada ambisi yang paling patut selain ambisi untuk mendapatkan keridhaan Allah. Persoalan karier serahkan kepada Allah, Zat Pemilik dan Penguasa seluruh kekuasaan dan rezeki.
  • Apabila di depan kita terbuka sebuah kesempatan menerima suatu jabatan atau kedudukan, istikharahlah. “Ya Allah, kalau saya memang bisa amanah dan semakin dekat kepada-Mu dengan jabatan ini, bermanfaat bagi orang banyak, maka kuatkanlah saya untuk menerimanya. Tapi kalau jabatan ini membuat saya jauh dari-Mu, dan berbuat zalim pada yang lain, maka saya mohon jangan Engkau berikan kepada saya, Ya Allah.”

— Aa Gym, Ikhtiar Meraih Ridha Allah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s