Tawakal

Yang paling mahal dalam hidup ini adalah kebutuhan batin kita. Dunia melimpah tidak ada artinya jika Allah Ta’ala cabut ketenangan dari hati kita. Maka, hati yang tenang itu mahal harganya.

Lalu, dimanakah kunci untuk memiliki hati yang nyaman ini? Kuncinya akan kita temukan manakala hati tidak bersandar, tidak berharap, tidak bergantung, sekecil apapun selain hanya kepada Allah Ta’ala. Jika demikian, Allah pasti akan mencukupi kebutuhan kita dengan sempurna.

Allah yang menciptakan kita. Allah yang tahu persis kebutuhan kita. Bahwa Dia yang lebih tahu dari kita sendiri, dari siapapun juga.

Semakin sempurna tawakalnya, kita akan seperti burung terbang. Menurut Rasulullah Saw, burung terbang pulangnya pasti kenyang. Orang yang hatinya tawakal kepada Allah, bulat dan utuh, rezekinya pasti akan dijamin. Namun, penting untuk didasari bahwa tawakal itu tempatnya di hati. Otak ada kewajibannya. Tubuh ada kewajibannya. Tawakal itu bagian dari ikhtiar hati sehingga tidak mudah orang bisa tawakal.

Lalu, mengapa kita harus bertawakal kepada Allah Ta’ala? Sebab, Allah yang punya semuanya. Allah Mahatahu apa yang terbaik untuk kita sehingga hanya Dia yang kuasa mentakdirkan segala sesuatu.

Sempurnanya tawakal tidak boleh menghambat ikhtiar. Ikhtiar itu termasuk ibadah dan sebentuk amal saleh kita, tawakal juga begitu. Jangan sampai karena ikhtiar tidak tawakal atau karena tawakal jadi tidak ikhtiar. Kavlingnya bukan setengah-setengah, tetapi harus seratus persen.

Oleh karena itu, luruskan niat bahwa kita bekerja itu amal saleh, sempurnakan ibadah yang bagus. Jangan sampai karena kesibukan dunia, ibadah jadi berantakan. Bekerjalah dengan profesional, tetapi hati jangan pernah bergantung kepada makhluk, cukup Allah saja.

–[Aa Gym, dalam bukunya Ikhtiar Meraih Ridha Allah]–

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s