Membuat Prioritas dengan Metode ZAPFIN

Setiap pendapatan yang kita terima sebaiknya digunakan dengan pembagian sebagai berikut:

  1. Zakat.  Di dalam semua pendapatan dan harta yang diperoleh terdapat hak milik orang lain. Kita harus dapat membersihkan bagian tersebut dalam bentuk zakat, infak, sumbangan, sedekah, ataupun wakaf.
  2. Assurance. Dalam perencanaan hidup, kita harus mampu mengalokasikan sebagian pendapatan untuk kebutuhan yang sifatnya tidak terduga. Uang yang diperoleh harus dapat disisihkan dalam bentuk Dana Darurat dan Pembayaran Premi Asuransi.
  3. Present Consumption. Pendapatan yang kita peroleh harus dapat disisihkan untuk kebutuhan hidup saat ini secara wajar. Artinya, kita harus memiliki sejumlah uang untuk membeli makanan, pakaian, dan sarana hidup lainnya.  Harta yang kita sisihkan untuk keperluan ini disebut simpanan.
  4. Future Spending. Cara terbaik untuk memperoleh berbagai keinginan dalam hidup adalah melalui konsep menabung. Menabung secara harfiah disebutkan sebagai menyisihkan sebagian pendapatan untuk keperluan konsumsi di masa mendatang. Tabungan yang kita bentuk ini akan digunakan untuk keperluan hidup dalam jangka waktu dibawah 5 tahun. Harta yang kita sisihkan untuk keperluan ini disebut tabungan.
  5. Investment. Last but not least, investaso mutlak dilakukan sebagai sarana untuk memenuhi keperluan jangka panjang atau pada masa sudah tidak produktif lagi. baik karena faktor usia maupun faktor kesehatan. Investasi adalah menempakan sebagian harta yang merupakan sisa hasil penyisihan pendapatan dan akumulasi harta pada suatu kegiatan ekonomi dengan tujuan mendapatkan tambahan nilai di masa mendatang. Harta yang kita sisihkan untuk keperluan ini disebut investasi.

Sebagai patokan umum, kita bisa mengalokasikan :

  • 2.5% untuk zakat
  • Minimal 5% untuk membangun dana darurat dan 5% untuk membayar premi asuransi
  • Alokasi untuk bulan ini (termasuk pengeluaran gaya hidup) sebaiknya tidak lebih dari 60%
  • Paling tidak 15% dari penghasilan dapat ditujukan untuk tabungan dan investasi
  • Bila masih punya cicilan utang, maka porsinya jangan lebih dari 30%. Jika ada, maka yang dikorbankan adalah biaya hidup bulanan.

Sumber : Buku Menjadi Cantik, Gaya dan Tetap Kaya (Prita Ghozie)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s