Kenali Profil Risiko Investasi Kita

Profil risiko seseorang dapat terbentuk dari komponen-komponen seperti:

  1. Umur dan tahapan kehidupan. Semakin muda seseorang, pada umumnya dia akan lebih agresif. Meski investasi lebih berisiko, investor muda akan lebih berani untuk masuk karena mengharap imbal hasil yang lebih tinggi.
  2. Kebutuhan likuiditas. Jika kita tipe orang yang baru merasa aman jika punya dana tunai yang siap sedia, maka kita termasuk konservatif. Beberapa investasi dengan risiko tingggi juga bisa likuid, tetapi nilai investasinya belum tentu sesuai dengan apa yang kita harapkan, saat kita mau menjualnya.
  3. Tingkat imbal hasil yang kita cari. Semakin inggi tingkat imbal hasil yang dicari, maka semakin agresif kita dalam berinvestasi.
  4. Toleransi terhadap risiko investasi. Jika kita bisa jantungan saat melihat nilai investasi naik turun dalam jangka pendek, maka profil kita semakin konservatif.
  5. Tingkat literasi keuangan. Seperti dikatakan sebelumnya, rasa takut muncul karena perasaan aman yang minim. Dengan begitu, kita akan mencari aman dengan berinvestasi di tempat yang “aman-aman” saja dari  sudut pandang, nilai investasi tidak mungkin turun dan kapan pun bisa dilikuidasi.
  6. Jangka waktu investasi. Semakin lama jangka waktu yang kita miliki, maka kita bisa menolerir kesalahan-kesalahan dalam berinvestasi.

Secara umum, investor terbagi menjadi tiga karakter utama, yaitu konservatf, moderat, dan agresif. Apabila kita selalu jantungan melihat nilai investasi kita naik turun dan menjadi tidak bisa tidur nyenyak, maka besar kemungkinan kita tergolong investor dengan profil risiko konservatif. Sedangkan, bila kita tergolong masih di usia produktif dan sangat ingin melihat nilai inestasi kita tumbuh diatas rata-rata bunga deposito, maka besar kemungkinan kita tergolong investor dengan profil risiko agresif.

Sumber : Buku Menjadi Cantik, Gaya dan Tetap Kaya (Prita Ghozie)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s