Al Mu’rabat Bilhuruf, Mutsanna

๐Ÿ“š Dars 19

Bismillahirrahmanirrahim

๐ŸŒด ุงูŽู„ู’ู…ูุนู’ุฑูŽุจูŽุงุชู ุจูุงู„ู’ุญูุฑููˆู’ูู

Yaitu yang di mu’rab kan dengan huruf.

Kita telah membahas kelompok kata yang mu’rab nya dengan harakat, yaitu yang berubah itu harakatnya, dan sekarang kita akan bahas kata yang berubah hurufnya, jadi harakatnya sama, tapi hurufnya berubah-ubah.

ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู’ู…ูุตูŽู†ู‘ููู:

Mushonnif berkata,

ูˆูŽุงู„ู‘ูŽุฐููŠู’ ูŠูุนู’ุฑูŽุจู ุจูุงู„ุญูุฑููˆู’ูู ุฃูŽุฑู’ุจูŽุนูŽุฉู ุฃูŽู†ู’ูˆูŽุงุนู:

1โƒฃ ุงู„ุชู‘ูŽุซู’ู†ููŠูŽุฉูุŒ

2โƒฃ ูˆูŽุฌูŽู…ู’ุนู ุงู„ู’ู…ูุฐูŽูƒู‘ูŽุฑู ุงู„ุณู‘ูŽุงู„ูู…ูุŒ

3โƒฃ ูˆูŽ ุงู„ุฃูŽุณู’ู…ูŽุงุกู ุงู„ุฎูŽู…ู’ุณูŽุฉูุŒ

4โƒฃ ูˆูŽู„ุฃูŽูู’ุนูŽุงู„ู ุงู„ุฎูŽู…ู’ุณูŽุฉู

โฌ…ย  ูˆูŽู‡ููŠูŽ: ย ูู’ุนูŽู„ุงูŽู†ูุŒย  ูˆูŽุชูŽูู’ุนูŽู„ุงูŽู†ูุŒย  ูˆูŽูŠูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ู†ูŽุŒย , ูˆูŽุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ู†ูŽย , ูˆูŽุชูŽูู’ุนูŽู„ููŠู’ู†ูŽ.

Dan yang mu’rab nya dengan huruf ada empat macam,

  1. yang pertama mutsanna atau tatsniyah
  2. Yang kedua jamak mudzakkar salim
  3. Yang ketiga isim-isim yang lima
  4. dan yang keempat adalah fi’il-fi’il yang lima

Apa saja fi’il-fi’il yang lima, yaitu

โฌ… ูŠูŽูู’ุนูŽู„ุงูŽู†ูุŒ ูˆูŽุชูŽูู’ุนูŽู„ุงูŽู†ูุŒ ูˆูŽูŠูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ู†ูŽุŒ ูˆูŽุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ู†ูŽุŒ ูˆูŽุชูŽูู’ุนูŽู„ููŠู’ู†ูŽ.

โ˜˜ ููŽุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุงู„ุชู‘ูŽุซู’ู†ููŠูŽุฉู: ููŽุชูุฑู’ููŽุนู ุจูุงู„ุฃูŽู„ูููุŒ ูˆูŽุชูู†ู’ุตูŽุจู ูˆูŽ ุชูุฎู’ููŽุถู ุจูุงู„ูŠูŽุงุกู

Adapun dengan tatsniyah dirofa’kan dengan “alif”, contohnyaย :

ุฌูŽุงุกูŽ ุฒูŽูŠู’ุฏูŽุงู†ู , ุฌูŽุงุกูŽ ุงู„ู…ูุณู’ู„ูู…ูŽุงู†ู

Dinashabkan dan di jar kan dengan “ya”. Contohnyaย : ุฑูŽุฃูŽูŠู’ุชู ุงู„ู…ูุณู’ู„ูู…ูŽูŠู’ู†ู , ู…ูŽุฑูŽุฑู’ุชู ุจุงู„ู…ูุณู’ู„ูู…ูŽูŠู’ู†ู

โ˜˜ ูˆูŽุฃูŽู…ู‘ูŽุงุฌูŽู…ู’ุนู ุงู„ู…ูุฐูŽูƒู‘ูŽุฑูุงู„ุณู‘ูŽุงู„ูู…ู: ููŽูŠูุฑู’ููŽุนู ุจูุงู„ู’ูˆูŽุงูˆูุŒ ูˆูŽูŠูู†ู’ุตูŽุจู ูˆูŽูŠูุฎู’ููŽุถู ุจูุงู„ูŠูŽุงุกู

Apapun jamak mudzakkar salim, dirofa’kan dengan wawu, contohnya : ุฌูŽุงุกูŽ ุงู„ู…ูุณู’ู„ูู…ููˆู’ู†ูŽ

Dan di nashabkan dan di jarkan dengan ya, contohnya yang nashab : ุฑูŽุฃูŽูŠู’ุชู ุงู„ู…ูุณู’ู„ูู…ููŠู’ู†ูŽ

Yang jar contohnyaย :ย  ู…ูŽุฑูŽุฑู’ุชู ุจุงู„ู…ูุณู’ู„ูู…ููŠู’ู†ูŽ

๐Ÿ““ ูˆูŽุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุงู„ุฃูŽุณู’ู…ูŽุงุกู ุงู„ุฎูŽู…ู’ุณูŽุฉู : ููŽุชูุฑู’ููŽุนู ุจูุงู„ู’ูˆูŽุงูˆูุŒ ูˆูŽุชูู†ู’ุตูŽุจู ุจูุงู„ุฃูŽู„ูููุŒ ูˆูŽุชูุฎู’ููŽุถู ุจูุงู„ูŠูŽุงุกู

Adapun isim yang lima, dirofa’kan dengan wawu. Contohnya: ย  ุฌูŽุงุกูŽ ุฃูŽุจููˆู’ูƒูŽ

Dinashabkan dengan alif, contohnya :ย  ุฑุฃูŠุชู ุฃูŽุจูŽุงูƒูŽ

Dan dijarkan dengan ya, contohnyaย :ย  ู…ูŽุฑูŽุฑู’ุชู ุจูุฃูŽุจููŠู’ูƒูŽ

๐Ÿ““ ูˆูŽุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุงู„ุฃูŽูู’ุนูŽุงู„ู ุงู„ุฎูŽู…ู’ุณูŽุฉู: ููŽุชูุฑู’ููŽุนู ุจูุงู„ู†ู‘ููˆู†ูุŒ ูˆูŽุชูู†ู’ุตูŽุจู ูˆูŽุชูุฌู’ุฒูŽู…ู ุจูุญูŽุฐู’ููู‡ูŽุง

Adapun fi’il-fi’ilย  lima, dirofa’kan dengan nun, maksudnya dengan ” ุซูุจููˆู’ุชู ุงู„ู†ู‘ููˆู’ู†ู ” tetap nun nya, contohnya ูŠูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ู†ูŽ ุŒ misalkan :ย ย ุงู„ู…ูุณู’ู„ูู…ููˆู’ู†ูŽ ูŠูŽุนู’ู…ูŽู„ููˆู’ู†ูŽ ุงู„ุตู‘ูŽุงู„ูุญูŽุงุชู Disitu nun nya tetap.

๐Ÿ““ ูˆูŽุชูู†ู’ุตูŽุจู ูˆูŽุชูุฌู’ุฒูŽู…ู ุจูุญูŽุฐู’ููู‡ูŽุง

Dan di nashabkan serta di jazm kan dengan membuang nun nya, asalnya misalnya:

ูŠูŽุถู’ุฑูุจูŽุงู†ู ุŒ ุชูŽุถู’ุฑูุจูŽุงู†ู ุŒ ูŠูŽุถู’ุฑูุจููˆู’ู†ูŽ ุŒ ุชูŽุถู’ุฑูุจููˆู’ู†ูŽ ุŒ ุชูŽุถู’ุฑูุจููŠู’ู†ูŽ

Ketika ada lam, dan lan sama-sama dibuang nun nya :

ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุถู’ุฑูุจูŽุง ุŒ ู„ูŽู…ู’ ุชูŽุถู’ุฑูุจูŽุง ุŒ ู„ูŽู†ู’ ูŠูŽุถู’ุฑูุจูŽุง ุŒ ู„ูŽู†ู’ ุชูŽุถู’ุฑูุจูŽุง ุŒย  dan seterusnya…

_________________________________

๐Ÿ““ ุงูŽู„ุดู‘ูŽุฑู’ุญู

Penjelasannya:

ุจูŽุนู’ุฏูŽ ุฃูŽู†ู’ ุนูŽุฑูŽูู’ุชูŽ ุงู„ู’ู…ูุนู’ุฑูŽุงุจูŽุงุชู ุจูุงู„ู’ุญูŽุฑูŽูƒูŽุงุชู ุจูŽู‚ููŠูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูŽ ุฃูŽู†ู’ ุชูŽุนู’ุฑูููŽ ุงู„ู’ู…ูุนู’ุฑูŽุจูŽุงุชู ุจูุงู„ู’ุญูุฑููˆู’ูู

Setelah kamu telah mengenal yang di mu’rab dengan harakat, maka tersisa pembahasan, masih ada pembahasan yang wajib kamu ketahui yaitu :

” ุงูŽู„ู’ู…ูุนู’ุฑูŽุจูŽุงุชู ุจูุงู„ู’ุญูุฑููˆู’ูู ”

> kata-kata yang mu’rab nya dengan huruf.

___ Sepertinya lebih cocok kalo kita bacanya di versi mujarrad nya ___ ini in syaa Allah lebih cocok, karena makna nya mengenal.

๐Ÿ““ ูˆูŽู‡ููŠูŽ ุฃูŽุฑู’ุจูŽุนูŽุฉู ุฃูŽู†ู’ูˆูŽุงุนู :

Dan yang mu’rab dengan huruf itu ada 4, ini disajikan dalam bentuk tabel yah.

ุงูŽู„ู’ู…ูุนู’ุฑูŽุจูŽุงุชู ุจูุงู„ู’ุญูุฑููˆู’ูู

Yang mu’rab dengan huruf itu ada empat:

  1. mutsanna ุงู„ู…ูุซูŽู†ู‘ูŽู‰ ุŒ
  2. jamak mudzakkar salim ุฌูŽู…ู’ุนู ุงู„ู’ู…ูุฐูŽูƒู‘ูŽุฑู ุงู„ุณู‘ูŽุงู„ู ุŒ
  3. isim yang lima,
  4. Fi’il yang lima

Kemudian di kolom kedua :

๐Ÿ“Œ Mustanna ketika rofa’ yaitu alif.

๐Ÿ“Œ Adapun jamak mudzakkar salim ketika rofa’ wawu .

๐Ÿ“Œ Isim yang lima ketika rofa’ wawu, dan

๐Ÿ“Œ Fiil yang lima ketika rofa’ tsubutun nun (tetapnya nun)

Ketika nashob :

๐Ÿ“ŒMutsanna itu ketika nashob tandanya adalah ya’ ูŠ

Contohnya :ย ุฑูŽุฃูŽูŠู’ุชู ุงู„ู…ูุณู’ู„ูู…ูŽูŠู’ู†ู

๐Ÿ“Œ Jamak mudzakkar salim tandanya ya’ juga.

Contohnya :ย ุฑูŽุฃูŽูŠู’ุชู ุงู„ู…ูุณู’ู„ูู…ููŠู’ู†ูŽ

๐Ÿ“Œ Kemudian isim yang lima ketika nashob alif ,

Contohnya :ย ุฑูŽุฃูŽูŠู’ุชู ุฃูŽุจูŽุงูƒูŽ

๐Ÿ“Œ Fiil yang lima ketika nashob dibuang nun-nya .

Contohnya :ย ย  ุฒูŠุฏูŒ ูˆ ุจูŽูƒู’ุฑูŒ ู„ูŽู†ู’ ูŠูŽุฐู’ู‡ูŽุจูŽุง ุฅู„ู‰ ุงู„ู…ูŽุฏู’ุฑูŽุณูŽุฉูย  .

Yang bisa menggunakan fiil yang lima ini adalah jumlah ismiyyah.

Kemudian ketika jar :

๐Ÿ“Œ Mutsanna itu tandanya ya’

Contohnya :ย ู…ูŽุฑูŽุฑู’ุชู ุจูุงู„ู…ูุณู’ู„ูู…ูŽูŠู’ู†

๐Ÿ“Œ Jamak mudzakkar salim pun sama ya’.

Contohnya :ย ู…ูŽุฑูŽุฑู’ุชู ุจูุงู„ู…ูุณู’ู„ูู…ููŠู’ู†ูŽ

๐Ÿ“Œ Isim yang lima, Contohnya :ย ู…ู€ุฑูŽุฑู’ุชู ุจูุฃูŽุจูŠูƒูŽ

๐Ÿ“Œ Adapun Fiil yang lima tentu tidak ada keadaan jarnya.

Karena jar itu khusus untuk isim. Makanya fiil tidak mungkin majrur.

Fiil yang lima ini tidak ada jar, adanya jazm. Ketika jazm fiil yang lima ini adalah dibuang nun-nya sama ketika nashob. Dibuang nun-nya.

Misalkan : ุงู„ุทู‘ูู„ุงู‘ูŽุจู ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุฐู’ู‡ูŽุจููˆุง ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู…ูŽุฏู’ุฑูŽุณูŽุฉู

Asalnya => ูŠูŽุฐู’ู‡ูŽุจููˆู†ูŽ menjadi – ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุฐู’ู‡ูŽุจููˆุง Dibuang nun-nya.

ุฃูŽูˆู‘ูŽู„ู‹ุง: ุงู„ู…ูุซูŽู†ู‘ูŽู‰:

๐Ÿ““ Awalan : Al Mutsanna

Ini pembahasan pertama dari yang mu’rob dengan huruf. Kita bahas yang pertama

ุชูŽุนู’ุฑูููู‡ู : ู‡ููˆูŽ ู…ูŽุง ุฏูŽู„ู‘ูŽ ุนูŽู„ู‰ูŽ ุงุซู’ู†ูŽูŠู’ู†ู ุฃูŽูˆู ุงุซู’ู†ูŽุชูŽูŠู’ู†ู ุจูุฒููŠูŽุงุฏูุฉู ุฃูŽู„ููู ูˆูŽู†ููˆู†ู ุฃูŽูˆู’ ูŠูŽุงุฆูย  ูˆูŽู†ููˆู’ู†ู ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ููู’ุฑูŽุฏูู‡ู

Definisi dari mutsanna adalah kata yang menunjuki makna dua. Baik duanya mudzakkar atau muannats dengan menambahkan alif dan nun atau ya’ dan nun pada bentuk mufrod nya.

Jadi mutsanna adalah sebuah bentuk yang menunjukkan makna dua. Bagaimana caranya yaitu dengan cara menambahkan alif dan nun dan juga ya’ dan nun pada mufrodnya.

Misalkan :

ู…ูŽุณู’ุฌูุฏูŒ ditambahkan alif dan nunย ๐Ÿ‘ˆ ู…ูŽุณู’ุฌูุฏูŽุงู†ู

Atau ditambahkan ya’ dan nun ,ย ๐Ÿ‘ˆ ู…ูŽุณู’ุฌูุฏูŽูŠู’ู†ู

Ini definisi mutsanna atau tatsniyah.

ู…ูุซูŽุงู„ูู‡ู : (ุฑูŽุฌูู„ูŽุงู†ูŽ ุŒ ูˆูŽ ุฑูŽุฌูู„ูŽูŠู’ู†ู)

Contohnya : ุฑูŽุฌูู„ูŽุงู†ูŽ dan ุฑูŽุฌูู„ูŽูŠู’ู†ู

ูˆ(ุฃู…ุฑูŽุฃูŽุชูŽุงู†ู ุŒ ูˆูŽุฃู…ุฑูŽุฃูŽุชูŽูŠู’ู†ู) ูˆูŽ (ูƒูุชูŽุงุจูŽุงู†ูุŒ ูˆูƒูŽุชูŽุงุจูŽูŠู’ู†ู)

Ini contoh-contoh mutsanna. Insya Allah mudah.

Hukum i’robnya :

ุญููƒู’ู…ูู‡ู : ูŠูุฑู’ููŽุนู ุจูุงู„ุฃูŽู„ููู ูˆูŽ ูŠูู†ู’ุตูŽุจู ูˆูŽูŠูุฌูŽุฑู‘ู ุจูุงู„ูŠูŽุงุกู

Dirofa’kan dengan alif dan dinashobkan dan dijarkan dengan ya’.

Jadi mutsanna itu ketika rofa’ alif.

๐Ÿ‘ˆ ุฌูŽุงุก ุงู„ู…ูุณู’ู„ูู…ูŽุงู†ู

Adapun ketika nashob dan jar dia sama-sama ya’.

๐Ÿ‘ˆ ุฑูŽุฃูŽูŠู’ุชู ุงู„ู…ูุณู’ู„ูู…ูŽูŠู’ู†ู

๐Ÿ‘ˆ ู…ูŽุฑูŽุฑู’ุชู ุจูุงู„ู…ูุณู’ู„ูู…ูŽูŠู’ู†

____________________

Kita lihat catatan kakinya yang nomer satu :

(1) ูˆูŽู‡ูŽุฐูู‡ู ุงู„ุฒููŠูŽุงุฏูŽุฉู ุชูุบู’ู†ููŠ ุนูŽู† ุงู„ุฅุชููŠูŽุงู†ู ุจููˆูŽุงูˆู ุงู„ุนูŽุทู’ูู ูˆูŽุชูŽูƒู’ุฑููŠู’ุฑู ุงู„ุงุณู’ู…ู ููŽุจูŽุฏูŽู„ู‹ุง ู…ูู† ุฃู† ูŠูู‚ูŽุงู„ูŽ: ุฌูŽุงุกูŽ ุฒูŽูŠู’ุฏูŒ ูˆูŽ ุฒูŽูŠู’ุฏูŒ

ูŠูู‚ูŽุงู„ู : ุฌูŽุงุกูŽ ุงู„ุฒู‘ูŽูŠู’ุฏูŽุงู†ู , ููŽู‡ููˆูŽ ุฃุฎู’ุตูŽุฑู ูˆูŽ ุฃูŽุฌู’ูˆูŽุฏู.

Penjelasannya masya Allah.

Dan penambahan ini (penampahan alif nun dan ya’ dan nun) mencukupkan kita dari mendatangkan wawu athof dan mengulang isim.

Maka ini sebagai ganti dari dikatakan :ย  ุฌูŽุงุกูŽ ุฒูŽูŠู’ุฏูŒ ูˆูŽ ุฒูŽูŠู’ุฏูŒ

Jadi salah satu fungsi dari mutsanna adalah untuk meringkas.

Daripada kita mengatakanย  ุฌูŽุงุกูŽ ู…ูุณู’ู„ู…ูŒ ุค ู…ูุณู’ู„ู…ูŒ lebih baik kita mengatakan :ย  ุฌูŽุงุกูŽ ุงู„ู…ูุณู„ู…ุงู†ู

Justru dengan adanya bentuk mutsanna ini kita meringkas.

Daripada kita katakan :ย  ุฌูŽุงุกูŽ ุฒูŽูŠู’ุฏูŒ ูˆูŽ ุฒูŽูŠู’ุฏูŒ Kita ringkas menjadi :ย  ุฌูŽุงุกูŽ ุงู„ุฒู‘ูŽูŠู’ุฏูŽุงู†ู

“Telah datang dua orang Zaid”

๐Ÿ“– Ini fungsi dari mutsanna yaitu meringkas penggunaan huruf athof dan mengulang dua kata yang sama.

Ini kurang baik. Makanya disini dikatakan :ย ููŽู‡ููˆูŽ ูŽุฃุฎู’ุตูŽุฑู ูˆูŽ ุฃูŽุฌู’ูˆูŽุฏู.

Maka , ุฌูŽุงุกูŽ ุงู„ุฒู‘ูŽูŠู’ุฏูŽุงู†ู jelas lebih ringkas ูˆูŽุฃูŽุฌู’ูˆูŽุฏู dan juga lebih bagus.

Daripada kita katakan :ย  ุฌูŽุงุกูŽ ุฒูŽูŠู’ุฏูŒ ูˆ ุฒูŽูŠู’ุฏูŒ

Ini orang Arab tidak menyukai pengulangan seperti ini , makanya mereka ringkas menjadi :ย  ุฌูŽุงุกูŽ ุงู„ุฒู‘ูŽูŠู’ุฏูŽุงู†ู

__________________

ููŽู…ูุซูŽุงู„ูู‡ู ุงู„ู…ูุซูŽู†ู‘ูŽู‰ ุงู„ู…ูŽุฑู’ูููˆุนู :

ู‚ูŽูˆู„ูู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽ ( ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุฌูู„ูŽุงู†ู) (2) ููŽ(ุฑูŽุฌูู„ูŽุงู†ู) ู…ูุซูŽู†ู‘ูŽู‰ ู…ุฑู’ูููˆุนูŒ ุ›

ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ููŽุงุนูู„ูŒ , ูˆูŽ ุนูŽู„ุงูŽู…ูŽุฉู ุฑูŽูู’ุนูู‡ู ุงู„ุฃูŽู„ููู ู†ููŠูŽุงุจูŽุฉู‹ ูŽุนูŽู†ู ุงู„ุถู‘ูŽู…ูŽุฉู .

Maka contoh mutsanna firman Allah subhฤnahu wa Ta’ฤla :ย  ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุฌูู„ูŽุงู†ู

Maka ุฑูŽุฌูู„ูŽุงู†ู adalah mutsanna marfu’ karena dia adalah failnya.ย Dan tanda rofa’nya adalah alif sebagai ganti dari pada dhommah.

__________________________

Kita lihat catatan kakinya :

ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุฌูู„ูŽุงู†ู

Dalam surat Al-Maidah ayat 23.

๐Ÿ”ย  ู‚ูŽู„ูŽ : ููุนู’ู„ูŒ ู…ูŽุงุถู , ู…ูŽุจู’ู†ููŠู‘ูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ููŽุชู’ุญูุŒ

๐Ÿ”ูˆูŽ ุฑูŽุฌูู„ูŽุงู†ู: ููŽุงุนูู„ูŒ ู…ุฑู’ูููˆุนูŒ ูˆูŽ ุนูŽู„ุงูŽู…ูŽุฉู ุฑูŽูู’ุนูู‡ู ุงู„ุฃูŽู„ููู ู†ููŠูŽุงุจูŽุฉู‹ ุนูŽู†ู ุงู„ุถู‘ูŽู…ูŽุฉู ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ู…ูุซูŽู†ู‘ูŽู‰.

Ini cara i’robnya, selalu kalau ada kata bukan tanda asli tapi tanda far’i ditambahkan niyaabatan.

__________________________

ูˆูŽู…ูุซูŽุงู„ูู‡ู ุงู„ู…ูุซูŽู†ู‘ูŽู‰ ุงู„ู…ูŽู†ู’ุตูุจู :

ู‚ูŽูˆู„ูู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽ : (ููŽูˆูŽุฌูŽุฏูŽ ูููŠู’ู‡ูŽุง ุฑูŽุฌูู„ูŽูŠู’ู†ู) (3)

๐Ÿ” ููŽ(ูŽุฑูŽุฌูู„ูŽูŠู’ู†ู) ู…ูุซูŽู†ู‘ูŽู‰ ู…ูŽู†ู’ุตููˆู’ุจูŒุ› ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ู…ูŽูู’ุนููˆู’ู„ูŒ ุจูู‡ู ูˆูŽ ุนูŽู„ุงูŽู…ูŽุฉู ู†ูŽุตู’ุจูู‡ู ุงู„ูŠูŽุงุกู ู†ููŠูŽุงุจูŽุฉู‹ ุนูŽู†ู ุงู„ููŽุชู’ุญูŽุฉู.

Dan contoh firman Allah subhฤnahu wa Ta’ฤla :ย  (ููŽูˆูŽุฌูŽุฏูŽ ูููŠู’ู‡ูŽุง ุฑูŽุฌูู„ูŽูŠู’ู†ู)

“Maka dia mendapati di dalamnya ada dua orang laki-laki”

ููŽ (ูŽุฑูŽุฌูู„ูŽูŠู’ู†ู) ู…ูุซูŽู†ู‘ูŽู‰ ู…ูŽู†ู’ุตููˆู’ุจูŒ

Maka ุฑูŽุฌูู„ูŽูŠู’ู†ู ini adalah mutsanna yangย  manshub karena dia adalah maf’ul bihnya.ย Dan tanda nashobnya adalah ya’ sebagai ganti dari pada fat-hah.

________________________

Kita lihat catatan kakinya :

3) ุงู„ู‚ูŽุตูŽุตู ู…ูู†ูŽ ุงู„ุขูŠูŽุฉ (15)

Surat Al-Qashosh ayat 15

๐Ÿ” ููŽูˆูŽุฌูŽุฏูŽ ุงู„ููŽุงุกู: ุนูŽู„ูŽู‰ ุญูŽุณูŽุจู ู…ูŽุงู‚ูŽุจู’ู„ูŽู‡ูŽุง :

Tergantung yang sebelumnya karena ini potongan ayat, maka tidak bisa kita mengi’rob kecuali setelah kita mengetahui ayat sebelumnya apa.

๐Ÿ” ูˆูŽุฌูŽุฏูŽ ููุนู’ู„ูŒ ู…ูŽุงุถู ู…ูŽุจู’ู†ููŠู‘ูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ููŽุชู’ุญู, ูˆูŽููŽุงุนูู„ูŒ ุถูŽู…ููŠู’ุฑูŒ ู…ูุณู’ุชูŽุชูุฑูŒ ุฌูŽูˆูŽุงุฒู‹ุง ุชูŽู‚ู’ุฏููŠู’ุฑูู‡ู ู‡ููˆูŽ,

๐Ÿ”ย  ูููŠู’ู‡ูŽุง : ูููŠู’ ุญูŽุฑู’ูู ุฌูŽุฑู‘ู, ูˆูŽุงู„ู‡ูŽุงุกู ุถูŽู…ููŠู’ุฑูŒ ููููŠู’ ู…ูŽุญูŽู„ู‘ู ุฌูŽุฑู‘ูุŒ

๐Ÿ” ุฑูŽุฌูู„ูŽูŠู’ู†ู : ู…ูŽูู’ุนููˆู’ู„ูŒ ุจูู‡ู ู…ูŽู†ู’ุตููˆุจูŒ ูˆูŽ ุนูŽู„ุงูŽู…ูŽุฉู ู†ูŽุตู’ุจูู‡ู ุงู„ูŠูŽุงุกู ู†ููŠูŽุงุจูŽุฉู‹ ุนูŽู†ู ุงู„ููŽุชู’ุญูŽุฉู ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ู…ูุซูŽู†ู‘ูŽู‰.

Kita diberikan cara i’rob oleh pengarang al-Mumthi’.

__________________________

ูˆูŽู…ูุซูŽุงู„ูู‡ู ุงู„ู…ูุซูŽู†ู‘ูŽู‰ ุงู„ู…ูŽุฌู’ุฑููˆุฑู :

ู‚ูŽูˆู„ูู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽ: (ูŠูŽู…ู’ุดูู‰ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฑูุฌู’ู„ูŽูŠู’ู†ู) (4)

ููŽ (ุฑูุฌู’ู„ูŽูŠู’ู†ู) ู…ูุซูŽู†ู‘ูŽู‰ ู…ูŽุฌู’ุฑููˆุฑูŒุ› ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ุณูุจูู‚ูŽ ุจูุญูŽุฑู’ูู ุฌูŽุฑู‘ู ูˆูŽุนูŽู„ุงูŽู…ูŽุฉู ุฌูŽุฑู‘ูู‡ู ุงู„ูŠูŽุงุกู ู†ููŠูŽุงุจูŽุฉู‹ ุนูŽู†ู ุงู„ูƒูŽุณู’ุฑูŽุฉู

Firman Allah subhฤnahu wa Ta’ฤla :

“Ia berjalan di atas dua kakinya.”

Maka ุฑูุฌู’ู„ูŽูŠู’ู†ูู adalah mutsanna yang majrur. Karena ia didahului oleh huruf jar.

Dan tanda jar-nya adalah ya’ , sebagai ganti dari pada kasroh.

ูŠูŽู…ู’ุดูู‰ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฑูุฌู’ู„ูŽูŠู’ู†ู

Dalam surat An-Nur ayat 34.

Cara i’robnya :

Perhatikan ูŠูŽู…ุดููŠ ini fiil mudhoori’ yang diakhiriย  oleh huruf illat.

*Perhatikan cara i’robnya*

๐Ÿ” ูŠูŽู…ุดููŠ : ููุนู’ู„ูŒ ู…ูุถูŽุงุฑูุนูŒ ู…ูŽุฑู’ูููˆุนูŒ , ูˆูŽ ุนูŽู„ุงูŽู…ูŽุฉู ุฑูŽูู’ุนูู‡ู ุงู„ุถู‘ูŽู…ูŽุฉู ุงู„ู…ูู‚ูŽุฏูŽุฑูŽุฉูย  ู…ูŽู†ูŽุนูŽ ู…ูู†ู’ ุธูู‡ููˆู’ุฑูู‡ูŽุง ุงู„ุซู‘ูู‚ูŽู„ู,

Jika ada fi’lun mudhoori’ begitu pula isim yang diakhiri oleh huruf illat maka kita katakan dia ู…ู‚ุฏุฑุฉ .

Ketika i’rob kita sebut tanda aslinya tapi ู…ู‚ุฏู‘ุฑุฉ.

๐Ÿ‘ˆ ูŠูŽู…ุดููŠ

Karena dia marfu’ maka kita katakan dia dhommah , tanda aslinya. Tapi ู…ู‚ุฏู‘ุฑุฉ :

๐Ÿ” ู…ู‚ุฏู‘ุฑุฉูŒ ุนู„ู‰ ุงู„ูŠุงุกู

Karena ูŠูŽู…ุดููŠ.

Kalau : ูŠูŽุฏู’ุนููˆ

๐Ÿ” ู…ู‚ุฏู‘ุฑุฉูŒ ุนู„ู‰ ุงู„ูˆูŽุงูˆู

Kalau ูŠุฎุดู‰ misalkan :

๐Ÿ” ู…ู‚ุฏู‘ุฑุฉูŒ ุนู„ู‰ ุงู„ุฃูŽู„ูู

Begini cara mengi’robnya.

๐Ÿ”ย  ูˆูŽุงู„ููŽุงุนูู„ู : ุถูŽู…ููŠู’ุฑูŒ ู…ูุณู’ุชูŽุชูุฑูŒ ุฌูŽูˆูŽุงุฒู‹ุง ุชูŽู‚ู’ุฏููŠู’ุฑูู‡ู ู‡ููˆูŽ,

๐Ÿ” ุนูŽู„ูŽู‰ ุฑูุฌู’ู„ูŽูŠู’ู†ู : ุนูŽู„ูŽู‰ ุญูŽุฑู’ููŒ ุฌูŽุฑู‘ู

๐Ÿ” ูˆูŽุฑูุฌู’ู„ูŽูŠู’ู†ู :ย  ุฅูุณู’ู…ูŒ ู…ูŽุฌู’ุฑููˆู’ุฑูŒ ุจูุนูŽู„ูŽู‰ ูˆูŽุนูŽู„ูŽุงู…ูŽุฉู ุฌูŽุฑู‘ูู‡ู ุงู„ู’ูŠูŽุงุกู ; ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ู…ูุซูŽู†ู‘ูŽู‰ .

___________________________

Faidahnya disebutkan disini :

๐Ÿ““ย  ุงู„ู†ู‘ููˆู’ู†ู ุงู„ู‘ูŽุชููŠู’ ุชูŽุฃู’ุชููŠู’ ุชูŽุงู„ููŠูŽุฉู‹ ู„ูู„ู’ู…ูุซูŽู†ู‘ูŽู‰ ูˆูŽ ุฌูŽู…ู’ุนู ุงู„ู…ูุฐูŽูƒู‘ูŽุฑู ุงู„ุณู‘ูŽุงู„ูู…ู ุนููˆูŽุถู ุนูŽู†ู ุงู„ุชู‘ูŽู†ู’ูˆููŠู’ู†ู ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู’ ูŠูŽูƒููˆู’ู†ู ูููŠู’ ุงู„ุงูุณู’ู…ู ุงู„ู…ููู’ุฑูŽุฏู

๐Ÿ““ ูˆูŽ ู‡ูŽุฐูู‡ู ุงู„ู†ู‘ููˆู’ู†ู ุชูŽูƒููˆู’ู†ู ู…ูŽูƒู’ุณููˆู’ุฑูŽุฉู‹ ูููŠู’ ุงู„ู…ูุซูŽู†ู‘ูŽู‰ ู…ูŽูู’ุชููˆู’ุญูŽุฉู‹ ูููŠ ุงู„ู’ุฌูŽู…ู’ุนู

Faidah:

Nun yang ada pada mutsanna dan juga pada jamak mudzakkar salim -kita tahu bahwa jamak mudzakkar salim dua-duanya diakhiri nun-

Misalkan :ย ๐Ÿ‘ˆ ู…ูุณู’ู„ูู…ูŽุงู†ูย ย ๐Ÿ‘ˆ ู…ูุณู’ู„ูู…ูŽูŠู’ู†ูย ๐Ÿ‘ˆ ู…ูุณู’ู„ูู…ููˆู’ู†ูŽย ๐Ÿ‘ˆ ู…ูุณู’ู„ูู…ููŠู’ู†ูŽ

Sama sama diakhiri nun.ย Nun ini merupakan ganti dari tanwin.

ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู’ ูŠูŽูƒููˆู’ู†ู ูููŠู’ ุงู„ุงูุณู’ู…ู ุงู„ู…ููู’ุฑูŽุฏู

yang ada pada isim mufrod.

Jadi ini masya Allah sesuatu yang membuat kita takjub dengan para ulama nahwu.

Mereka selalu menjelaskan kenapa ada seperti ini. Jadi mereka ingin berusaha menjelaskan ‘kenapa mutsanna sama jamak diakhiri oleh nun?’

Kata mereka :’ itu sebagai ganti dari tanwin pada mufrod.’

Ketika kita mengatakan , misal mufrodnya Muslim => ู…ูุณู’ู„ู…ูŒ

Lihat! Kalau kita bilang ู…ูุณู’ู„ู…ูŒ , lihat ada apa di ujungnya. Ada nun. Kita tahu bahwa definisi tanwin adalah :

=> ู†ููˆู†ูŒ ุณูŽุงูƒู†ุฉูŒ ู„ูŽูุธู‹ุง ู„ูŽุง ุฎุทู‘ู‹ุง

Nun sakinah yang ada pada akhir sebuah kata secara lafadz tidak secara tulisan.

Artinya kalau kita menulis : ู…ูุณู’ู„ู…ูŒ

Tentu menulisnya : ู… – ุณ – ู„ – ู…

Setelah mim tidak ada nun-nya. Tapi dalam pengucapannya ู…ูุณู’ู„ู…ูŒ itu ada nun-nya diakhirnya.

Kata ulama nahwu :

Nun yang ada pada mutsanna dan jamak itu merupakan ganti dari nun yang ada ketika kita mengucapkan mufrod.

Jadi Muslimun ู…ูุณู’ู„ู…ูŒ ada nun-nya kan? Kedengaran , meskipun tulisannya enggak ada , secara tulisan ุฎุทุง tidak ada.

Tapi secara lafadz kita mendengar ada nun-nya : ู…ูุณู’ู„ู…ูŒ

Kata ulama lughoh, nun yang kita ucapkan mufrod ini adalah sebagai gantinya.

Ketika mutsanna ada nun-nya : ู…ูุณู’ู„ูู…ูŽุงู†ู , ู…ูุณู’ู„ูู…ูŽูŠู’ู†ู

Kemudian ketika jamak ada nun-nya : ู…ูุณู’ู„ูู…ููˆู’ู†ูŽ , ู…ูุณู’ู„ูู…ููŠู’ู†ูŽ

Masya Allah salah satu usaha yang dilakukan ulama lughoh dalam menjelaskan sesuatu mereka selalu mencari alasannya.

Thayyib, nun-nya ini ketika mutsanna dia dikasrohkan :

๐Ÿ“– ูˆูŽ ู‡ูŽุฐูู‡ู ุงู„ู†ู‘ููˆู’ู†ู ุชูŽูƒููˆู’ู†ู ู…ูŽูƒู’ุณููˆู’ุฑูŽุฉู‹ ูููŠู’ ุงู„ู…ูุซูŽู†ู‘ูŽู‰

Dan nun-nya ini dikasrohkan ada kondisi mutsanna. ู…ูุณู’ู„ูู…ูŽุงู†ู , ู…ูุณู’ู„ูู…ูŽูŠู’ู†ู

Kasroh nun-nya.

๐Ÿ“–ย  ู…ูŽูู’ุชููˆู’ุญูŽุฉู‹ ูููŠ ุงู„ู’ุฌูŽู…ู’ุนู

Dan ketika jamak fathah : ู…ูุณู’ู„ูู…ููˆู’ู†ูŽ , ู…ูุณู’ู„ูู…ููŠู’ู†ูŽ

ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงุจู’ู†ู ู…ูŽุงู„ููƒู :

Berkata Ibnu Malik dalam baitnya :

ูˆูŽู†ููˆู’ู†ูŽ ู…ูŽุฌู’ู…ููˆู’ุนู ูˆูŽู…ูŽุงุจูู‡ู ุงู„ู’ุชูŽุญูŽู‚ู’

ููŽุงูู’ุชูŽุญู’ย  ูˆูŽู‚ูŽู„ู‘ูŽย  ู…ูŽู†ู’ย  ุจููƒูŽุณู’ุฑูู‡ูย ย  ู†ูŽุทูŽู‚ู’

Dan nun jamak (jamak mudzakkar salim) dan apa yang mulhaq dengannya

Jadi nanti ada istilah :

๐Ÿ“Œ jamak mudzakkar salim , ada

๐Ÿ“Œ Mulhaq biljam’i mudzakkar salim (yang mirip seperti jamak mudzakkar salim)

Faftah ููŽุงูู’ุชูŽุญู’! Maka fathahkanlah!

Nun-nya jamak mudzakkar salim itu , hukum asalnya adalah fathah.

๐Ÿ‘ˆ ู…ูุณู’ู„ูู…ููˆู’ู†ูŽ

๐Ÿ‘ˆ ู…ูุณู’ู„ูู…ููŠู’ู†ูŽ

ูˆูŽู‚ูŽู„ู‘ูŽย  ู…ูŽู†ู’ย  ุจููƒูŽุณู’ุฑูู‡ูย  ู†ูŽุทูŽู‚ู’

Dan sedikit yang mengucapkannya dengan kasroh.

Tapi ada, nanti ada salah satu qobiilah – salah satu pendapat dalam lughoh – yang mengatakan bahwasanya :

*Nun dalam jamak mudzakkar salim dikasrohkan*.

Jadi ada pendapat :

๐Ÿ‘ˆ ู…ูุณู’ู„ูู…ููˆู’ู†ู

๐Ÿ‘ˆ ู…ูุณู’ู„ูู…ููŠู’ู†ู

Ini ada. Dikatakan oleh Ibnu Malik.

ูˆูŽู†ููˆู’ู†ูŽ ู…ูŽุง ุซูู†ู‘ููŠูŽ ูˆูŽุงู„ู’ู…ูู„ุญูŽู‚ู ุจูู‡ู’

ุจูุนูŽูƒู’ุณูย  ุฐูŽุงูƒูŽย ย  ุงุณู’ุชูŽุนู’ู…ูŽู„ููˆู’ู‡ูย  ููŽุงู†ู’ุชูŽุจูู‡ู’

Dan Nun yang mutsanna dan yang mulhaq bil mutsanna itu kebalikannya ituย  ุจูุนูŽูƒู’ุณูย  ุฐูŽุงูƒูŽย ย  ,

ุงุณู’ุชูŽุนู’ู…ูŽู„ููˆู’ู‡ูย  ููŽุงู†ู’ุชูŽุจูู‡ู’

Pergunakanlah kaidah ini dan waspadalah. Hati-hatilah.

Maksudnya jangan sampai terbalik. Kalau jamak mudzakkar salim itu nun-nya itu fathah. ู…ูุณู’ู„ูู…ููˆู’ู†ูŽ , ู…ูุณู’ู„ูู…ููŠู’ู†ูŽ

Sedikit sekali yang membacanya dengan kasroh. Tapi ada. Ada yang mengatakan : ู…ูุณู’ู„ูู…ููˆู’ู†ู , ู…ูุณู’ู„ูู…ููŠู’ู†ู

Adapun nun pada mutsana , ini kebalikannya. Banyaknya kasroh. ู…ูุณู’ู„ูู…ูŽุงู†ู , ู…ูุณู’ู„ูู…ูŽูŠู’ู†ู

Tapi ada nanti, salah satu qoul yang mereka itu membacanya dengan fathah. Jadi : ู…ูุณู’ู„ูู…ูŽุงู†ูŽ , ู…ูุณู’ู„ูู…ูŽูŠู’ู†ูŽ

Tapi ini sekali lagi kita ikuti yang banyaknya saja. Yang masyhur saja.

Bahwa jamak mudzakkar salim nun-nya ๐Ÿ‘‰ย  fathah.

๐Ÿ‘ˆ ู…ูุณู’ู„ูู…ููˆู’ู†ูŽ

๐Ÿ‘ˆ ู…ูุณู’ู„ูู…ููŠู’ู†ูŽ

Mutsanna dia nun-nya ๐Ÿ‘‰ kasroh.

๐Ÿ‘ˆ ู…ูุณู’ู„ูู…ูŽุงู†ู

๐Ÿ‘ˆ ู…ูุณู’ู„ูู…ูŽูŠู’ู†ู

โœ’ Materi Program BINAR

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s