Al Mu’rabat Bilharakat 2 โ€“ Isim Mufrad

๐Ÿ“š Dars 15

Bismillahirrahmanirrahim

ุงู„ู…ูุนู’ุฑูŽุจูŽุงุชูย ุจูุงู„ุญูŽุฑูŽูƒูŽุงุช

โญ• Mu’rabnya dengan harakat,

ูˆูŽู‡ููŠูŽ ุฃูŽุฑู’ุจูŽุนูŽุฉู ุฃูŽู†ู’ูˆูŽุงุนู:

Yaitu ada 4 macam :

1โƒฃ ุฃูŽูˆู‘ูŽู„ู‹ุง: ุงู„ู’ุงูุณู’ู…ู ุงู„ู…ููู’ุฑูŽุฏู

1โƒฃ. Pertama; Isim mufrod

ุชูŽุนู’ุฑููŠู’ููู‡ู : Defenisi dari isim mufrod adalah:

ู‡ููˆูŽู…ูŽุง ู„ูŽูŠู’ุณูŽ ู…ูุซูŽู†ู‘ู‹ู‰ ุŒ ูˆูŽู„ุงูŽ ู…ูŽุฌู’ู…ููˆู’ุนู‹ุงุŒย  ูˆูŽู„ูŽุง ู…ูู†ูŽ ุงู„ุฃูŽุณู’ู…ูŽุงุกู ุงู„ุฎูŽู…ู’ุณูŽุฉู.

Isim mufrad adalah:ย  yang bukan mutsanna,ย  bukan pula jamak danย  bukan pula isim yang lima.

Ini adalah definisi yg sangat sederhana, mufrad itu artinya tunggal bukan dua, bukan jamak, dan bukan pula isim yg lima.

ุญููƒู’ู…ูู‡ู (Hukum-hukumnya)

Yakni hukum yang berkaitan dengan isim mufrad

ูŠูุฑู’ููŽุนู ุจูุงู„ุถูŽู…ู‘ูŽุฉูุŒ ูˆูŽูŠูู†ู’ุตูŽุจู ุจูุงู„ููŽุชู’ุญูŽุฉูุŒ ูˆูŽูŠูุฌูŽุฑู‘ู ุจูุงู„ูƒูŽุณู’ุฑูŽุฉู.

๐Ÿ”นDi rofa’kan dengan dhommah

๐Ÿ”นDi nashabkan dengan fathah

๐Ÿ”นDi jarkan dengan kasroh.

Kalau kita lihat dari sini, ini berarti isim mufrad itu tanda i’robnya tanda i’rob asli semua,ย  rafa dengan dhommah, nasabnya dengan fathah dan jar-nya dengan kasroh.

ู…ูุซูŽุงู„ูู‡ู: ุฑูŽุฌูู„ูŒุŒ ูˆูŽู…ูุคู’ู…ูู†ูŒุŒ ูˆูŽู…ูุคู’ู…ูู†ูŽุฉูŒ

Contoh-contohnya:

๐Ÿ“Œ ุฑูŽุฌูู„ูŒ mufrad seorang laki2

๐Ÿ“Œ ูˆูŽู…ูุคู’ู…ูู†ูŒย  seorang mukmin

๐Ÿ“Œ ูˆูŽู…ูุคู’ู…ูู†ูŽุฉูŒย  seorang mukminah

ููŽู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ู†ูŽูˆู’ุนู ู…ูู†ูŽ ุงู„ุฃูŽุณู’ู…ูŽุงุกู ูŠูุทู’ู„ูู‚ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุงู„ู†ู‘ูŽุญู’ูˆููŠููˆู’ู†ูŽ: ุงูŽู„ุงูุณู’ู…ูŽ ุงู„ู…ูุฑูŽุฏูŽุŒู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ูŠูŽุฏูู„ู‘ู ุนูŽู„ูŽู‰ ูˆูŽุงุญูุฏู ุฃูŽูˆู’ ูˆูŽุงุญูุฏูŽุฉูุŒ ูˆูŽู„ูŽูŠู’ุณูŽ ู…ูุซูŽู†ู‘ู‹ู‰ ูˆูŽู„ุงูŽ ู…ูŽุฌู’ู…ููˆู’ุนู‹ุงุŒ ูˆูŽู‡ููˆูŽ ูŠูุนู’ุฑูุจู ุจูุงู„ู’ุญูŽุฑูŽูƒูŽุงุชูุŒ

Maka, isim-isim dari jenis ini dimutlakkan oleh para ulama nahwu (maksudnya semua ini) disebut isim yg mufrad karena ia menunjuki makna satu.

๐Ÿ“Œย  ูˆูŽุงุญูุฏู ini satu mudzakkar dan

๐Ÿ“Œ ูˆูŽุงุญูุฏูŽุฉู satu muannats.

Dan bukan pula mutsanna dan bukan pula jamak. Dan isim mufrad ini murabnya dengan harokat.

ู†ูŽุญู’ูˆู : ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ :

Contohnya firman Allah Subhanallahu wa Ta’ala.

( ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุฌูู„ูŒ )

(Dalam surah Ghofir ayat 28)

๐Ÿ ( ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุฌูู„ูŒ ) – ููŽุฑูŽุฌูู„ูŒ : ุงูุณู’ู…ูŒ ู…ููู’ุฑูŽุฏูŒ ู…ูŽุฑู’ูููˆู’ุนูŒ ุŒ ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ููŽุงุนูู„ูŒ ูˆูŽ ุนูŽู„ูŽุงู…ูŽุฉู ุฑูŽูู’ุนูู‡ู ุงู„ุถู‘ูŽู…ูŽุฉู

Makaย  ุฑูŽุฌูู„ูŒ dalam kalimat ูŒู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุฌูู„

(berkata seorang laki2)

๐Ÿ”ธadalah isim mufrad yg marfu, karena dia sebagai failnya. Dan tanda rofanya adalah dhommah.

ูˆูŽู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู : ( ุฃูŽุชูŽู‚ู’ุชูู„ููˆู’ู†ูŽ ุฑูŽุฌูู„ู‹ุง )

(Dalam surah Ghofir ayat 28)

“Apakah kalian membunuh seorang laki2?”

๐Ÿ ( ุฃูŽุชูŽู‚ู’ุชูู„ููˆู’ู†ูŽ ุฑูŽุฌูู„ู‹ุง )ย – ุฑูŽุฌูู„ู‹ุง : ุงูุณู’ู…ูŒ ู…ููู’ุฑูŽุฏูŒ ู…ูŽู†ู’ุตููˆู’ุจูŒ ุŒ ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ู…ูŽูู’ุนููˆู’ู„ูŒ ุจูู‡ู ูˆูŽ ุนูŽู„ูŽุงู…ูŽุฉู ู†ูŽุตู’ุจูู‡ู ุงู„ู’ููŽุชู’ุญูŽุฉู

Kata ุฑูŽุฌูู„ู‹ุง dalam kalimatย  ุฃูŽุชูŽู‚ู’ุชูู„ููˆู’ู†ูŽ ุฑูŽุฌูู„ู‹ุง

๐Ÿ”ธ ini adalah isim mufrad yg dinashabkan karena dia sebagai maful bih dan tanda nashab nya adalah fathah.

ูˆูŽู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู : ุฃูŽูˆู’ุญูŽูŠู’ู†ูŽุข ุฅูู„ูฐู‰ ุฑูŽุฌูู„ู

(Dalam surah Yunus ayat 2)

๐Ÿ ุฃูŽูˆู’ุญูŽูŠู’ู†ูŽุข ุฅูู„ูฐู‰ ุฑูŽุฌูู„ู : ุงูุณู’ู…ูŒ ู…ููู’ุฑูŽุฏูŒ ู…ูŽุฌู’ุฑููˆู’ุฑูŒ ุ› ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ุณูุจูู‚ูŽ ุจูุญูŽุฑู’ูู ุฌูŽุฑู‘ู ุŒ ูˆูŽุนูŽู„ูŽุงู…ูŽุฉู ุฌูŽุฑู‘ูู‡ู ุงู„ู’ูƒูŽุณู’ุฑูŽุฉู

Rajul dalam kalimat ุฃูŽูˆู’ุญูŽูŠู’ู†ูŽุข ุฅูู„ูฐู‰ ุฑูŽุฌูู„

๐Ÿ”ธ adalah “Kami wahyukan kepada seorang laki2” ุฑูŽุฌูู„ู disini sebagai isim mufrad yg di jarkan.

Kenapa?ย  ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ุณูุจูู‚ูŽ ุจูุญูŽุฑู’ูู ุฌูŽุฑู‘ู,ย Karna dia di dahului oleh huruf jar dan tanda jarnya nya adalah kasroh.

_____________

ููŽูˆูŽุงุกูุฏู ูˆูŽุชูŽู†ู’ุจููŠู’ู‡ูŽุงุชูŒ

Faedah-faidah dan perhatian penting:

๐Ÿ’ฆ ูก – ูŠูุนู’ุฑูŽุจู ุงู„ุงูุณู’ู…ู ุงู„ู…ููู’ุฑูŽุฏู ุจูุง ุงู„ุญูŽุฑูŽูƒูŽุงุชู ุงู„ู…ูู‚ูŽุฏู‘ูŽุฑูŽุฉูุŒย ุงูุฐูŽุงูƒูŽุงู†ูŽ ู…ูุนู’ุชูŽู„ุงู‘ู‹. , ู†ูŽุญู’ูˆู ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽูŠ ,ููŽุฃูŽู„ู’ู‚ูŽู‰ ู…ููˆู’ุณูŽู‰ ุนูŽุตูŽุงู‡ู

1โƒฃ Isim mufrad itu, mu’rab nya dengan harokat muqaddarah apabila ia diakhiri oleh huruf illat.

Contohnya Firman Allah Ta’alaa :

ููŽุฃูŽู„ู’ู‚ูŽู‰ ู…ููˆู’ุณูŽู‰ ุนูŽุตูŽุงู‡ู

“Maka Musa melempar tongkatnya”

Lihat yang menjadi syahid dalam ayat ini adalah kata Musa. Kata *muusaa* ini merupakan isim mufrad yg di akhiri oleh huruf ilat yaitu alif dan kalo kita ngi’rob musa, misalkan:

๐Ÿ”นุฌูŽุงุกูŽ ู…ููˆู’ุณูŽู‰

๐Ÿ”นุฑูŽุฃูŽูŠู’ุชู ู…ููˆู’ุณูŽู‰

๐Ÿ”นู…ูŽุฑูŽุฑู’ุชู ุจูู…ููˆู’ุณูŽู‰

Secara dzohir tidak tampak adanya perbedaan, sama-sama ู…ููˆู’ุณูŽู‰ ,

jadi bukan ู…ููˆู’ุณูŽูŠู, ู…ููˆู’ุณูŽูŠูŽ, ู…ููˆู’ุณูŽูŠู,ย  โŒ

tapi sama-sama musa, mau dia rofa, nashab atau pun jar.

Jadi saat kita mengi’rob tetap kita bilang tanda nya dhommah, hanya sajaย  dhommah muqaddaroh kalau dia rofa. Misalkan:

โ†ฉ ุฌูŽุงุกูŽ ู…ููˆู’ุณูŽู‰

Setelah kita mengi’rab,

๐Ÿ“Œ ุฌูŽุงุกูŽ nya = fi’il madhi

๐Ÿ“Œ ู…ููˆู’ุณูŽู‰ nya =ย  ููŽุงุนูู„ูŒ ู…ูŽุฑู’ูููˆุนูŒ ูˆูŽุนูŽู„ูŽุงู…ูŽุฉู ุฑูŽูู’ุนูู‡ู ุถูŽู…ู‘ูŽุฉูŒ … โฌ…

Tapi dilanjutkan,

โžก … ู…ูู‚ูŽุฏู‘ูŽุฑูŽุฉูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุฃูŽู„ููู

” Ditakdirkan atas alif ”

Kemudian :

โ†ฉ ุฑูŽุฃูŽูŠู’ุชู ู…ููˆู’ุณูŽูŠ

Kita katakan tanda nashobnya apa? Fathah.

Musa (sebagai) maf’ulbih, ini manshub.

dan tandanya apa? Tentunya Fathah, cuma muqaddaroh.

ู…ููˆู’ุณูŽู‰ : ู…ูŽูู’ุนููˆู„ูŒ ุจูู‡ู ู…ูŽู†ู’ุตููˆุจูŒ ูˆูŽุนูŽู„ูŽุงู…ูŽุฉู ู†ูŽุตู’ุจูู‡ู *ููŽุชู’ุญูŽุฉูŒ ู…ูู‚ูŽุฏู‘ูŽุฑูŽุฉูŒ ุนูŽู„ูŽูŠ ุงู„ุฃูŽู„ูู

Begitupun ketika majrur, tetep kita bilang dia kasroh,

โ†ฉย  ู…ูŽุฑูŽุฑู’ุชู ุจูู…ููˆู’ุณูŽู‰

ุจูู…ููˆู’ุณูŽู‰ : ุงู„ุจูŽุงุกู ุญูŽุฑู’ูู ุฌูŽุฑู‘ูุŒ

ู…ููˆู’ุณูŽู‰ : ู…ูŽุฌู’ุฑููˆู’ุฑูŒ ุจูุงู„ุจูŽุงุกู ูˆูŽุนูŽู„ูŽุงู…ูŽุฉู ุฌูŽุฑู‘ูู‡ู *ูƒูŽุณู’ุฑูŽุฉูŒ ู…ูู‚ูŽุฏู‘ูŽุฑูŽุฉูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุฃูŽู„ููู

Kalau dalam versi irob yang lebih lengkap di tambahkan,.ย  ูู…ูู†ู’ ุธูู‡ููˆู’ุฑูู‡ูŽุง ุงู„ุชู‘ูŽุนูŽุฐู‘ูุฑ

yang mencegah dari penampakan dhommah, penampakan kasroh, dan penampakan fathah, apaa ?ย  ุงู„ุชู‘ูŽุนูŽุฐู‘ูุฑู “Udzur”.

๐Ÿ“Œ Yang namanya udzur tidak akan bisa muncul harokatnya,ย  kenapa? Karena yg nama nya alif tidak akan bisa di kasih harokat. Kalau alif dikasih harokat nama nya bukan alif, tapi nanti namanya hamzah.

Faedah yang kedua:

๐Ÿ’ฆ ูข. ูŠูุฌูŽุฑู‘ู ุงู„ุงูุณู’ู…ู ุงู„ู…ููู’ุฑูŽุฏู ุจูุงุงู„ููŽุชู’ุญูŽุฉู ู†ููŠูŽุงุจูŽุฉู‹ ุนูŽู†ู ุงู„ูƒูŽุณู’ุฑูŽุฉู ุฅูุฐูŽุง ูƒูŽุงู†ูŽ ุบูŽูŠู’ุฑูŽ ู…ูู†ู’ุตูŽุฑููู ูˆูŽู„ูŽู‡ู ู…ูŽูˆูŽุงุถูุนู ุฐูŽูƒูŽุฑู’ู†ูŽุงู‡ูŽุง ูููŠู’ ุขุฎูุฑู ุงู„ูƒูุชูŽุงุจูุŒ ู…ูู†ู’ู‡ูŽุง ุฅุฐูŽุง ูƒูŽุงู†ูŽ ุนูŽู„ูŽู…ู‹ุง ุฃูŽุนู’ุฌูŽู…ููŠู‘ู‹ุง

๐Ÿ‘ˆ ู†ูŽุญู’ูˆู ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ :

๐Ÿ“Œ ูˆูŽุงูŽูˆู’ุญูŽูŠู’ู†ูŽุข ุฅูู„ูŽู‰ ุฅูุจู’ุฑูŽุงุญููŠู’ู…ูŽ ุฃูŽูˆู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ุนูŽู„ูŽู…ู‹ุง ู„ูู…ูุคูŽู†ู‘ูŽุซูุŒ ู†ูŽุญู’ูˆูุŒ ุฅูู†ู‘ูŽ ุฃูŽูˆู‘ูŽู„ูŽ ุจูŽูŠู’ุชู ูˆูุถูุนูŽ ู„ูู„ู†ู‘ูŽุงุณู ู„ูŽู„ู‘ูŽุฐูู‰ ุจูุจูŽูƒู‘ูŽุฉูŽ ู…ูุจูŽุงุฑูŽูƒู‹ุง

2โƒฃ Isim mufrad itu dijarkan dengan fathah sebagai ganti dari kasroh.

Ini nanti irob itu ada yg :ย  ู…ูู‚ูŽุฏู‘ูŽุฑูŽุฉูŒ dan ู†ููŠูŽุงุจูŽุฉู‹ .

๐Ÿ“ Kapan isim mufrad ini irobnya

ู†ููŠูŽุงุจูŽุฉู‹ ุนูŽู†ู ุงู„ูƒูŽุณู’ุฑูŽุฉู ุŸ

ุฅูุฐูŽุง ูƒูŽุงู†ูŽ ุบูŽูŠู’ุฑูŽ ู…ูู†ู’ุตูŽุฑููู

Apabila dia adalah ghairu munsharif.

Jadi apabila Isim mufradnya iaย  ghairu munsharif, tanda jarnya adalah fathah

ู†ููŠูŽุงุจูŽุฉู‹ ุนูŽู†ู ุงู„ูƒูŽุณู’ุฑูŽุฉู

sebagai ganti dari kasroh.

Dan keadaan ini memiliki beberapa tempat. Yang kami sebutkan pada akhir kitab ini.

Jadi nanti kata beliau, beliau akan menjelaskan keadaan dimana ghairu munsharif dari isim-isim yg mufrad. Nanti dijelaskan apa saja yg ghairu munsharif.

__________________

ู…ูู†ู’ู‡ูŽุง ุฅุฐูŽุง ูƒูŽุงู†ูŽ ุนูŽู„ูŽู…ู‹ุง ุฃูŽุนู’ุฌูŽู…ููŠู‘ู‹ุง

Jadi isim mufrad itu ada munsharif dan ghairu munsharif, nanti Insya Allah oleh pengarang kitab al Mumti’ akan dijelasakan pada akhir kitab.

Yang termasuk ghairu munsharif:

๐Ÿ…ฐ ุฅูุฐูŽุง ูƒูŽุงู†ูŽ ุนูŽู„ูŽู…ู‹ุง ุฃูŽุนู’ุฌูŽู…ููŠู‘ู‹ุงุŒ

๐Ÿ”˜ Apabila isim mufrad tersebut merupakan nama ุฃูŽุนู’ุฌูŽู…ููŠู‘ู‹ุง nama orang non arab.

ู†ูŽุญู’ูˆู ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ :

Contohnya firmah Allah Ta’ala :

( ูˆูŽุงูŽูˆู’ุญูŽูŠู’ู†ูŽุข ุฅูู„ูŽู‰ ุฅูุจู’ุฑูŽุงุญููŠู’ู…ูŽ )

“Dan kami wahyukan kepada Ibrahim”.

Ibrahim ini bukan bahasa arab.

โœ’ Nama-nama yg bukan bahasa arab, nama-nama ู’ุฃูŽุนู’ุฌูŽู…ย  yang lebih dari 3 huruf, itu ghairu munsharif.

Contoh nya:

ูˆูŽ ุงูŽูˆู’ุญูŽูŠู’ู†ูŽุข ุฅูู„ูŽู‰ ุฅูุจู’ุฑูŽุงุญููŠู’ู…ูŽย  โœ…

bukan

ูˆูŽ ุงูŽูˆู’ุญูŽูŠู’ู†ูŽุข ุฅูู„ูŽู‰ ุฅูุจู’ุฑูŽุงุญููŠู’ู…ู โŒ

Ini menunjukkan bahwa ibrahim merupakan ghairu munsharif dan tanda jar nya adalah fathah. Dan cara mengi’rab nya seperti ini:

ุฅูู„ูŽู‰ : ุญูŽุฑู’ูู ุฌูŽุฑู‘ู

ุฅูุจู’ุฑูŽุงุญููŠู’ู…ูŽ: ู…ูŽุฌู’ุฑููˆู’ุฑูŒ ุจู( ุฅูู„ูŽู‰) ูˆูŽุนูŽู„ูŽุงู…ูŽุฉู ุฌูŽุฑู‘ูู‡ู ููŽุชู’ุญูŽุฉูŒ ู†ููŠูŽุงุจูŽุฉู‹ ุนูŽู†ู ุงู„ูƒูŽุณู’ุฑูŽุฉู

Perhatikan cara mengi’rab

Kalau isim mufrad diakhiri oleh huruf illat, kita katakan tanda irob nya adalah tanda asli nya tapi muqaddarah.

Seperti tadi misalnya musa ู…ูˆุณู‰, kita katakan kalau dia rofa’ kita katakan ุถูŽู…ู‘ูŽุฉูŒ tapi muqaddarah ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุฃูŽู„ููู.

Tapi kalau dia ghairu munsharif, kita katakan dia tandanya sebagaimana yang kita lihat

๐Ÿ“Œ ุฅูู„ูŽู‰ ุฅูุจู’ุฑูŽุงุญููŠู’ู…ูŽ ini kan fathah,

Kita katakan bahwa tanda jarnya adalah fathah tapi bukan muqaddarah karena tidak di takdirkan,

tapi ู†ููŠูŽุงุจูŽุฉู‹ ุนูŽู†ู ุงู„ูƒูŽุณู’ุฑูŽุฉู .

Jadi ini kaidah cara mengibrob.

ูˆุฅูู„ูŽู‰ ุฅูุจู’ุฑูŽุงุญููŠู’ู…ูŽ:

ุฅูุจู’ุฑูŽุงุญููŠู’ู…ูŽ : ู…ูŽุฌู’ุฑููˆู’ุฑูŒ ุจู( ุฅูู„ูŽู‰) ูˆูŽุนูŽู„ูŽุงู…ูŽุฉู ุฌูŽุฑู‘ูู‡ู ููŽุชู’ุญูŽุฉูŒ ู†ููŠูŽุงุจูŽุฉู‹ ุนูŽู†ู ุงู„ูƒูŽุณู’ุฑูŽุฉู

Yang kedua, yang juga termasuk dari ghairu munsharif adalah

๐Ÿ…ฑ ุฃูŽูˆู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ุนูŽู„ูŽู…ู‹ุง ู„ูู…ูุคูŽู†ู‘ูŽุซู

๐Ÿ”˜ Nama bagi muannats โž– nama bagi wanita.

Semua nama untuk wanita kecuali ู‡ูู†ู’ุฏูŒ itu juga ghairu munsharif, muannats disini baik untuk manusia “perempuan”, ataupun muannats yang dianggap perempuan.

Kebetulan disini contoh yg diambil :

ู†ูŽุญู’ูˆู : ุฅูู†ู‘ูŽ ุฃูŽูˆู‘ูŽู„ูŽ ุจูŽูŠู’ุชู ูˆูุถูุนูŽ ู„ูู„ู†ู‘ูŽุงุณู ู„ูŽู„ู‘ูŽุฐูู‰ ุจูุจูŽูƒู‘ูŽุฉูŽ ู…ูุจูŽุงุฑูŽูƒ

Nama kota. ุจูุจูŽูƒู‘ูŽุฉูŽ

“Sesungguhnya rumah pertama yang dibangun untuk manusia adalah Makkah atau ka’bah yg di berkahi”

Jadi yg menjadi contoh ุจูุจูŽูƒู‘ูŽุฉูŽ kalau kita irob ghairu munsharif ini,

ุงู„ุจุงุกู: ุญูŽุฑู’ูู ุฌูŽุฑู‘ู

ุจูŽูƒู‘ูŽุฉูŽ: ู…ูŽุฌู’ุฑููˆู’ุฑูŒ ุจูุงู„ุจูŽุงุกู ูˆูŽุนูŽู„ูŽุงู…ูŽุฉู ุฌูŽุฑู‘ูู‡ู ููŽุชู’ุญูŽุฉูŒ ู†ููŠูŽุงุจูŽุฉู‹ ุนูŽู†ู ุงู„ูƒูŽุณู’ุฑูŽุฉู

Sebagai ganti dari kasrah. Jadi kita tidak bilang muqaddarah, tidak ditakdirkan, tapi gantinya kasrah.

ูˆูŽุนูŽู„ูŽุงู…ูŽุฉู ุฌูŽุฑู‘ูู‡ู ููŽุชู’ุญูŽุฉูŒ ู†ููŠูŽุงุจูŽุฉู‹ ุนูŽู†ู ุงู„ูƒูŽุณู’ุฑูŽุฉู

“Dan tanda jarnya adalah fathah sebagai ganti bagi kasrah.”

โœ’ Materi Program BINAR

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s