Tanda-tanda I’rob: Nashab, Jar dan Jazm

๐Ÿ“š Dars 11

Bismillahirrahmanirrahim

๐Ÿ“Œ ูˆูŽู„ูู„ู†ู‘ูŽุตู’ุจู ุฎูŽู…ู’ุณู ุนูŽู„ูŽุงู…ูŽุงุชู: ุงู„ู’ููŽุชู’ุญูŽุฉูุŒ ูˆูŽุงู„ู’ุฃูŽู„ูููุŒ ูˆูŽุงู„ู’ูƒูŽุณู’ุฑูŽุฉูุŒ ูˆูŽุงู„ู’ูŠูŽุงุกูุŒ ูˆูŽุญูŽุฐู’ูู ุงู„ู†ู‘ููˆู’ู†ู.

Dan nashab itu memiliki lima tanda:

๐Ÿ’ง fathah,

๐Ÿ’ง alif,

๐Ÿ’ง kasrah,

๐Ÿ’ง yaโ€™,

๐Ÿ’ง dan hadzfu nun, membuang nun.

Dari kelima tanda ini, tanda asli bagi nashab adalah fathah.

Adapun ุงู„ุนูŽู„ุงูŽู…ูŽุฉ ุงู„ููŽุฑู’ุนููŠู‘ุฉ , tanda cabangnya alif, kasrah, yaโ€™, dan membuang nun.

Jadi hukum asal nashab adalah fathah

ููŽุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุงู„ู’ููŽุชู’ุญูŽุฉู: ููŽุชูŽูƒููˆู’ู†ู ุนูŽู„ุงูŽู…ูŽุฉู‹ ู„ูู„ู†ู‘ูŽุตู’ุจู ูููŠู’ ุซูŽู„ุงูŽุซูŽุฉู ู…ูŽูˆูŽุงุถูุนูŽ:

Maka fathah itu menjadi tanda bagi nashab pada tiga tempat:

Jadi yang ketika nashab tandanya fathah ada tiga, apa saja?

ูููŠู’ ุงู„ู’ุงูุณู’ู…ู ุงู„ู’ู…ููู’ุฑูŽุฏูุŒ ูˆูŽุฌูŽู…ู’ุนู ุงู„ุชู‘ูŽูƒู’ุณููŠู’ุฑูุŒ ูˆูŽุงู„ู’ููุนู’ู„ู ุงู„ู’ู…ูุถูŽุงุฑูุนู ุฅูุฐูŽุง ุฏูŽุฎูŽู„ูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ู†ูŽุงุตูุจูŒ ูˆูŽู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุชู‘ูŽุตูู„ู’ ุจูุขุฎูุฑูู‡ู ุดูŽูŠู’ุกูŒ.

๐Ÿ“Œ Yang pertama isim mufrad, yang kedua jamak taksir, dan yang ketiga fiโ€™il mudhariโ€™ apabila kemasukan amil nashab dan tidak bersambung dengan akhiran sesuatu.

Jadi kalau ada fiil mudhari yang diawali atau kemasukan amil nashab, kemudian dia tidak bersambung dengan akhiran sesuatu maka dia tandanya fathah.

Tadi sudah dijelaskan yang dimaksud dengan fiโ€™il mudhari yang tidak bersambung dengan akhiran sesuatu yaitu fiโ€™il mudhari dari dhamir

ู‡ููˆูŽ, ู‡ููŠูŽ, ุฃูŽู†ู’ุชูŽ, ุฃูŽู†ูŽุง, ู†ูŽุญู’ู†ู.

Misalkan ู„ูŽู†ู’, asalnya ูŠูŽูƒู’ุชูุจูย  ketika ada ู„ูŽู†ู’, jadi ู„ูŽู†ู’ ูŠูŽูƒู’ุชูุจูŽ, fathah. Jadi seperti itu.

ูˆูŽุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุงู„ู’ุฃูŽู„ููู: ููŽุชูŽูƒููˆู’ู†ู ุนูŽู„ุงูŽู…ูŽุฉู‹ ู„ูู„ู†ู‘ูŽุตู’ุจู: ูููŠู’ ุงู„ู’ุฃูŽุณู’ู…ูŽุงุกู ุงู„ู’ุฎูŽู…ู’ุณูŽุฉูุŒ ู†ูŽุญู’ูˆู: ุฑูŽุฃูŽูŠู’ุชู ุฃูŽุจูŽุงูƒูŽุŒ ูˆูŽุฃูŽุฎูŽุงูƒูŽุŒ ูˆูŽู…ูŽุง ุฃูŽุดู’ุจูŽู‡ุงูŽ ุฐูŽู„ููƒูŽ.

Adapun alif, menjadi tanda bagi nashab: pada isim-isim yang lima, contoh:

ุฑูŽุฃูŽูŠู’ุชู ุฃูŽุจูŽุงูƒูŽ ูˆูŽุฃูŽุฎูŽุงูƒูŽ ูˆูŽู…ูŽุง ุฃูŽุดู’ุจูŽู‡ูŽ ุฐูŽู„ููƒูŽ ,

“aku melihat ayahmu dan saudaramu, dan apa yang menyerupai yang demikian”.

Jadi yang ketika nashab alif, adalah isim yang lima.

ูˆูŽุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุงู„ู’ูƒูŽุณู’ุฑูŽุฉู: ููŽุชูŽูƒููˆู’ู†ู ุนูŽู„ุงูŽู…ูŽุฉู‹ ู„ูู„ู†ู‘ูŽุตู’ุจู: ูููŠู’ ุฌูŽู…ู’ุนู ุงู„ู’ู…ูุคูŽู†ู‘ูŽุซู ุงู„ุณู‘ูŽุงู„ูู…ู.

Adapun kasrah, maka dia menjadi tanda bagi nashab, pada jamak muannats salim.

Jadi yang ketika nashab kasrah adalah jamak muannats salim. Dan ini termasuk keanehan.

Kita lagi membahas nashab yang fathah, tapi jamak muannats salim ketika nashab bukannya fathah malah kasrah. Jadi seperti itu.

ูˆูŽุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุงู„ู’ูŠูŽุงุกู: ููŽุชูŽูƒููˆู’ู†ู ุนูŽู„ุงูŽู…ูŽุฉู‹ ู„ูู„ู†ู‘ูŽุตู’ุจู: ูููŠู’ ุงู„ุชู‘ูŽุซู’ู†ููŠูŽุฉู ูˆูŽุงู„ู’ุฌูŽู…ู’ุนู.

Adapun yaโ€™, maka menjadi tanda bagi nashab pada mutsanna dan jamak.

Tentu maksudnya adalah jamak mudzakkar salim.

Kita tahu bahwasannya tatsniyah ada dua versi ู…ูุณู’ู„ูู…ูŽุงู†ู- ู…ูุณู’ู„ูู…ูŽูŠู’ู†ู, nah ketika nashab yang dipakai yang yaโ€™, ู…ูุณู’ู„ูู…ูŽูŠู’ู†ู.

Begitupun jamak mudzakar salim, ada dua versi ู…ูุณู’ู„ูู…ููˆู’ู†ูŽ- ู…ูุณู’ู„ูู…ููŠู’ู†ูŽ, nah ketika nashab yang dipakai yang yaโ€™, ู…ูุณู’ู„ูู…ููŠู’ู†ูŽ. Thayyib.

ูˆูŽุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุญูŽุฐู’ูู ุงู„ู†ู‘ููˆู’ู†ู: ููŽูŠูŽูƒููˆู’ู†ู ุนูŽู„ุงูŽู…ูŽุฉู‹ ู„ูู„ู†ู‘ูŽุตู’ุจู: ูููŠู’ ุงู„ู’ุฃูŽูู’ุนูŽุงู„ู ุงู„ู’ุฎูŽู…ู’ุณูŽุฉู ุงู„ู‘ูŽุชููŠู’ ุฑูŽูู’ุนูู‡ูŽุง ุจูุซูŽุจูŽุงุชู ุงู„ู†ู‘ููˆู’ู†ู.

Adapun membuang nun, maka dia menjadi tanda bagi nashab pada fiโ€™il-fiโ€™il yang lima, yang rafaโ€™-nya itu dengan tetap nun.

Tadi kita sudah bahas tentang ุงู„ู’ุฃูŽูู’ุนูŽุงู„ู ุงู„ู’ุฎูŽู…ู’ุณูŽุฉู, yaitu yang wazannya :

ูŠูŽูู’ุนูŽู„ูŽุงู†ู –ย  ุชูŽูู’ุนูŽู„ูŽุงู†ู – ูŠูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ู†ูŽ โ€“ ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ู†ูŽ โ€“ ุชูŽูู’ุนูŽู„ููŠู’ู†ูŽ.

Dan fiโ€™il-fiโ€™il yang lima ini ketika bertemu dengan huruf nashab, misalkan ู„ูŽู†ู’, itu dibuang nunnya, asalnya ูŠูŽูƒู’ุชูุจูย  misalkan:

ูŠูŽูƒู’ุชูุจูŽุงู†ู –ย  ุชูŽูƒู’ุชูุจูŽุงู†ู – ูŠูŽูƒู’ุชูุจููˆู’ู†ูŽ โ€“ย  ุชูŽูƒู’ุชูุจููˆู’ู†ูŽ โ€“ย  ุชูŽูƒู’ุชูุจููŠู’ู†ูŽ,

Ketika ada ู„ูŽู†ู’ย  menjadi :

ู„ูŽู†ู’ ูŠูŽูƒู’ุชูุจูŽุง – ู„ูŽู†ู’ ุชูŽูƒู’ุชูุจูŽุง –ย  ู„ูŽู†ู’ ูŠูŽูƒู’ุชุจูููˆู’ุง โ€“ย  ู„ูŽู†ู’ ุชูŽูƒู’ุชูุจููˆู’ุง โ€“ ู„ูŽู†ู’ ุชูŽูƒู’ุชูุจููŠู’.

______________________

๐Ÿ“Œ ูˆูŽู„ูู„ู’ุฎูŽูู’ุถู ุซูŽู„ุงูŽุซู ุนูŽู„ุงูŽู…ูŽุงุชู: ุงู„ู’ูƒูŽุณู’ุฑูŽุฉูุŒ ูˆูŽุงู„ู’ูŠูŽุงุกูุŒ ูˆูŽุงู„ู’ููŽุชู’ุญูŽุฉู.

Dan khafadh itu punya tiga tanda: kasrah, yaโ€™, dan fathah.

Tentu tanda asal khafadh/jar ini adalah kasrah. Adapun ุนูŽู„ุงูŽู…ูŽุฉ ููŽุฑู’ุนููŠู‘ุฉ , tanda cabangnya adalah yaโ€™, dan fathah.

ููŽุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุงู„ู’ูƒูŽุณู’ุฑูŽุฉู: ููŽุชูŽูƒููˆู’ู†ู ุนูŽู„ุงูŽู…ูŽุฉู‹ ู„ูู„ู’ุฎูŽูู’ุถู ูููŠู’ ุซูŽู„ุงูŽ ุซูŽุฉู ู…ูŽูˆูŽุงุถูุนูŽ:

Adapun kasrah, menjadi tanda bagi khafadh/jar pada tiga tempat.

Jadi yang ketika jar tandanya kasrah ada tiga :

ูููŠู’ ุงู„ู’ุงูุณู’ู…ู ุงู„ู’ู…ููู’ุฑูŽุฏู ุงู„ู’ู…ูู†ู’ุตูŽุฑูููุŒ ูˆูŽุฌูŽู…ู’ุนู ุงู„ุชู‘ูŽูƒู’ุณููŠู’ุฑู ุงู„ู’ู…ูู†ู’ุตูŽุฑูููุŒ ูˆูŽุฌูŽู…ู’ุนู ุงู„ู’ู…ูุคูŽู†ู‘ูŽุซู ุงู„ุณู‘ูŽุงู„ูู…ู.

1โƒฃ Yang pertama pada isim mufrad yang munsharifย  (isim mufrad yang bertanwin)

Munsharif ini lawan dari ghairu munsharif, kalau ghairu munsharif tidak boleh bertanwin, kalau munsharif ini bolehย  tanwin.

2โƒฃ Kemudian yang kedua, jamak taksir yang munsharif (jamak taksir yang boleh bertanwin), ูˆูŽุฌูŽู…ู’ุนู ุงู„ู’ู…ูุคูŽู†ู‘ูŽุซู ุงู„ุณู‘ูŽุงู„ูู…ู

3โƒฃ dan yang ketiga jamak muannats salim.

Kenapa ketika membahas tanda kasrah, di sini ditambahkan munsharif?

Karena nanti kalau dia ghairu munsharif tandanya bukan kasrah tapi fathah, nanti ada dibawah.

___________________

catatan kaki:

ู„ูŽูˆู’ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ูููŠู’ ุงู„ู’ุงูุณู’ู…ู ุงู„ู’ู…ููู’ุฑูŽุฏู ูˆูŽุฌูŽู…ู’ุนู ุงู„ุชู‘ูŽูƒู’ุณููŠู’ุฑู ุงู„ู’ู…ูู†ู’ุตูŽุฑูููŽูŠู’ู†ู ู„ูŽูƒูŽููŽู‰ุŒ ูˆูŽู„ูŽูƒูู†ู‘ูŽู‡ู ููŽุตู‘ูŽู„ูŽ ู„ูู„ู’ุฅููŠู’ุถูŽุงุญูุŒ

Seandainya Mushonnifย  berkata pada isim mufrad dan jamak taksir yang munsharif , niscaya ini cukup.

ูˆูŽู„ูŽูƒูู†ู‘ูŽู‡ู ููŽุตู‘ูŽู„ูŽ ู„ูู„ู’ุฅููŠู’ุถูŽุงุญูุŒ

Akan tetapi beliau, yakni Ibnu Ajurrum Ash-Shanhaaji, memisahkannya untuk memperjelas.

Jadi kan redaksi yang dipilih oleh Ibnu Ajurrum,

ูููŠู’ ุงู„ู’ุงูุณู’ู…ู ุงู„ู’ู…ููู’ุฑูŽุฏู ุงู„ู’ู…ูู†ู’ุตูŽุฑูููุŒ ูˆูŽุฌูŽู…ู’ุนู ุงู„ุชู‘ูŽูƒู’ุณููŠู’ุฑู ุงู„ู’ู…ูู†ู’ุตูŽุฑููู,

Nah menurut pengarang kitab Al Mumtiโ€™, sebenarnya kalau dia ngomongnya

ูููŠู’ ุงู„ู’ุงูุณู’ู…ู ุงู„ู’ู…ููู’ุฑูŽุฏู ูˆูŽุฌูŽู…ู’ุนู ุงู„ุชู‘ูŽูƒู’ุณููŠู’ุฑู ุงู„ู’ู…ูู†ู’ุตูŽุฑูููŽูŠู’ู†ู

Tapi kata pengarang kitab Al Mumtiโ€™, mungkin beliau memisahkannya untuk menjelaskannya.

ูˆูŽู„ูŽู…ู’ ูŠูŽู‚ูู„ู’ ูˆูŽุฌูŽู…ู’ุนู ุงู„ู’ู…ูุคูŽู†ู‘ูŽุซู ุงู„ุณู‘ูŽุงู„ูู…ู ุงู„ู’ู…ูู†ู’ุตูŽุฑููู ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ู„ุงูŽ ูŠูŽูƒููˆู’ู†ู ุฅูู„ุงู‘ูŽ ู…ูู†ู’ุตูŽุฑููู‹ุงุŒ

Dan beliau, yakni Ibnu Ajurum Ash-Shanhaaji, tidak mengatakan dan jamak muannats salim yang munsharif.

Kenapa? Karena yang namanya jamak muannats salim itu, ู„ุงูŽ ูŠูŽูƒููˆู’ู†ู ุฅูู„ุงู‘ูŽ ู…ูู†ู’ุตูŽุฑููู‹ุง, selalu dalam munsharif.

Jadi nggak ada jamak muannats salim yang ghairu munsharif.

Seluruh jamak muannats salim itu pasti munsharif. Makanya beliau kalau isim mufrad dan jamak taksir ditambahkan munsharif, tapi ketika membahas jamak muannats salim tidak ditambahkan, karena yang namanya jamak muannats salim, seluruhnya itu pasti munsharif.

ูˆูŽุงู„ู’ู…ูุฑูŽุงุฏู ุจูุงู„ู’ู…ูู†ู’ุตูŽุฑููู: ุงูŽู„ู’ุงูุณู’ู…ู ุงู„ู’ู…ูุนู’ุฑูŽุจู ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู’ ูŠูŽู„ู’ุญูŽู‚ู ุขุฎูุฑูŽู‡ู ุงู„ูƒูŽุณู’ุฑูŽุฉู ูˆูŽุงู„ุชู‘ูŽู†ู’ูˆููŠู’ู†ูุŒ

Yang dimaksud dengan munsharif adalah, isim yang muโ€™rab yang akhirnya itu boleh kasrah dan juga tanwin.

ูˆูŽุบูŽูŠู’ุฑู ุงู„ู’ู…ูู†ู’ุตูŽุฑููู: ุงูŽู„ู’ุงูุณู’ู…ู ุงู„ู’ู…ูุนู’ุฑูŽุจู ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู’ ู„ุงูŽ ูŠูŽู„ู’ุญูŽู‚ู ุขุฎูุฑูŽู‡ู ุงู„ูƒูŽุณู’ุฑูŽุฉู ูˆูŽุงู„ุชู‘ูŽู†ู’ูˆููŠู’ู†ูุŒ

Adapun ghairu munsharif adalah isim muโ€™rab yangย  tidak boleh pada akhirnya itu kasrah dan tanwin.

Jadi yang dimaksud dengan munsharif adalah kata yang akhirnya boleh kasrah atau boleh bertanwin, seperti ุฒูŽูŠู’ุฏูŒ, boleh juga ุฒูŽูŠู’ุฏู.

Adapun kalau ghairu munsharif, dia tidak boleh kasrah dan tidak boleh tanwin, contohnya misalkan, ุฃูุณูŽุงู…ูŽุฉู, dan ketika jar dia nggak boleh ุฃูุณูŽุงู…ูŽุฉู , tapi dia malah fathah nanti, ุฃูุณูŽุงู…ูŽุฉูŽ .-

ูˆูŽู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ู’ุฃูŽุฎููŠู’ุฑู ู„ูŽู‡ู ุฃูŽู‚ู’ุณูŽุงู…ูŒ ูƒูŽุซููŠู’ุฑูŽุฉูŒ

Dan yang terakhir ini, yakni yang ghairu munsharif, memiliki banyak macam.

ูˆูŽู„ูŽู‡ู ุญูุฏููˆู’ุฏูŒ ูˆูŽุนูŽู„ุงูŽู…ูŽุงุชูŒ ุฃูŽุฑู’ุฌูŽุฃู’ู†ูŽุงู‡ูŽุง ุฅูู„ูŽู‰ ุขุฎูุฑู ุงู„ู’ูƒูุชูŽุงุจูุŒ

Dan ghairu munsharif itu punya batasan dan tanda2, yang nanti akan kita bahas pada akhir-akhir kitab.

ููŽูŠูŽูƒู’ูููŠู’ ุงู„ู’ู…ูุจู’ุชูŽุฏูุฆู ูููŠู’ ุจูŽุงุฏูุฆู ุงู„ู’ุฃูŽู…ู’ุฑู ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุชูŽุตูŽูˆู‘ูŽุฑูŽู‡ู ุฅูุฌู’ู…ูŽุงู„ุงู‹

Maka cukuplah bagi pemula, dalam permulaan segala urusan, mendapatkan gambarannya secara global saja.

_____________________

ูˆูŽุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุงู„ู’ูŠูŽุงุกู: ููŽุชูŽูƒููˆู’ู†ู ุนูŽู„ุงูŽู…ูŽุฉู‹ ู„ูู„ู’ุฎูŽูู’ุถู ูููŠู’ ุซูŽู„ุงูŽุซูŽุฉู ู…ูŽูˆูŽุงุถูุนูŽ: ูููŠู’ ุงู„ู’ุฃูŽุณู’ู…ูŽุงุกู ุงู„ู’ุฎูŽู…ู’ุณูŽุฉูุŒ ูˆูŽูููŠู’ ุงู„ุชู‘ูŽุซู’ู†ููŠูŽุฉูุŒ ูˆูŽุงู„ู’ุฌูŽู…ู’ุนู.

Adapun ya’: menjadi tanda bagi khafadh pada tiga tempat:

1โƒฃ yang pertama pada isim yang lima,

2โƒฃย  yang kedua pada mutsanna dan

3โƒฃ yang ketiga pada jamak (maksudnya jamak mudzakkar salim).

Karena kita tahu isim yang lima,

๐Ÿ’งย  ketika rafaโ€™ wawu tadi, ุฃูŽุจููˆู’ูƒูŽ – ุฃูŽุฎููˆูƒูŽ,

๐Ÿ’ง ketika nashab dia alif, ุฃูŽุจูŽุงูƒูŽ – ุฃูŽุฎูŽุงูƒูŽ ,

๐Ÿ’ง ketika jar dia yaโ€™, ุฃูŽุจููŠูƒูŽ – ุฃูŽุฎููŠู’ูƒูŽ .

Begitupun mutsana,

๐Ÿ’ง ketika jar dia pakai yang yaโ€™, ู…ูุณู’ู„ูู…ูŽูŠู’ู†ู .

๐Ÿ’ง jamak mudzakkar salim, ketika jar, pakainya yang yaโ€™, ู…ูุณู’ู„ูู…ููŠู’ู†ูŽ –

ูˆูŽุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุงู„ู’ููŽุชู’ุญูŽุฉู: ููŽุชูŽูƒููˆู’ู†ู ุนูŽู„ุงูŽู…ูŽุฉู‹ ู„ูู„ู’ุฎูŽูู’ุถู ูููŠู’ ุงู„ู’ุงูุณู’ู…ู ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู’ ู„ุงูŽ ูŠูŽู†ู’ุตูŽุฑููู.

Adapun fathah, menjadi tanda bagi khafadh pada isim yang ghairu munsharif.

Jadi ini juga keanehan juga, ketika kita bahas khafadh yang kasrah ini malah ada yang fathah.

Jadi ada dua keanehan dalam Iโ€™rab:

1โƒฃ Yang pertama jamak muannats salim ketika nashab dia malah kasrah,

2โƒฃ dan isim ghairu munsharif ketika jar dia malah fathah.

๐Ÿ“Œ ูˆูŽู„ูู„ู’ุฌูŽุฒู’ู…ู ุนูŽู„ุงูŽู…ูŽุชูŽุงู†ู: ุงู„ุณู‘ููƒููˆู’ู†ูุŒ ูˆูŽุงู„ู’ุญูŽุฐู’ูู.

Dan jazm punya dua tanda,

โ˜‘ yang pertama sukun dan

โ˜‘ yang kedua hadzfu (membuang)

โˆš Jadi tanda asal jazm adalah sukun.

Kemudian tanda farโ€™inya adalah membuang-

ููŽุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุงู„ุณู‘ููƒููˆู’ู†ู: ููŽูŠูŽูƒููˆู’ู†ู ุนูŽู„ุงูŽู…ูŽุฉู‹ ู„ูู„ู’ุฌูŽุฒู’ู…ู ูููŠู’ ุงู„ู’ููุนู’ู„ู ุงู„ู’ู…ูุถูŽุงุฑูุนู ุงู„ุตู‘ูŽุญููŠู’ุญู ุงู„ู’ุขุฎูุฑู.

Maka sukun itu menjadi tanda bagi jazm pada fiโ€™il mudhariโ€™ yang shahih akhirnya.

Kalau kita bahas, istilah shahih pada Iโ€™rab ini, bukan shahih yang kita bahas pada sharaf.

Tapi yang dimaksud disini yang huruf terakhirnya shahih. Jadi huruf ketiganya shahih.

ูˆูŽุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุงู„ู’ุญูŽุฐู’ูู: ููŽูŠูŽูƒููˆู’ู†ู ุนูŽู„ุงูŽู…ูŽุฉู‹ ู„ูู„ู’ุฌูŽุฒู’ู…ู ูููŠู’ ุงู„ู’ููุนู’ู„ู ุงู„ู’ู…ูุถูŽุงุฑูุนู ุงู„ู’ู…ูุนู’ุชูŽู„ู‘ู ุงู„ู’ุขุฎูุฑู ูˆูŽูููŠู’ ุงู„ู’ุฃูŽูู’ุนูŽุงู„ู ุงู„ู’ุฎูŽู…ู’ุณูŽุฉู ุงู„ู‘ูŽุชููŠู’ ุฑูŽูู’ุนูู‡ูŽุง ุจูุซูŽุจูŽุงุชู ุงู„ู†ู‘ููˆู’ู†ู.

Adapun membuang menjadi tanda bagi jazm pada fiโ€™il mudhariโ€™ yang muโ€™tal akhirnya dan pada fiโ€™il yang lima, yang rafaโ€™-nya dengan tetap nun.

Diperhatikan disini, yang dimaksud dengan fiโ€™il mudhariโ€™ muโ€™tal akhir, bukan fiโ€™il mudhari muโ€™tal seluruhnya tapi yang muโ€™tal pada akhirnya.

Atau dengan kata lain, fiโ€™il mudhari muโ€™talnya muโ€™tal naqish, muโ€™talnya pada huruf terakhirnya, yaitu pada lam fiโ€™il mudhariโ€™.

Jadi bukan muโ€™tal pada tengah-tengah, seperti fiโ€™il muโ€™tal ajwaf.

Atau bukan muโ€™tal pada depan, seperti fiโ€™il muโ€™tal mitsal.

๐Ÿ‘‰Tapi yang dimaksud disini adalah fiโ€™il muโ€™tal akhir, yaitu *fiโ€™il muโ€™tal naqish*.

Dan juga pada fiโ€™il yang lima yang rafaโ€™-nya dengan tetap nun.

Jadi kalau pada fiโ€™il mudhari yang akhirnya ada huruf illatnya, ketika jazm yang dibuang huruf illatnya.

Contohnya misalnya :

โ˜˜ ุฏูŽุนูŽุง – ูŠูŽุฏู’ุนููˆ, ูŠูŽุฏู’ุนููˆ

Kalau ada ู„ูŽู…ู’ didepannya, jadi :

โ˜˜ ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุฏู’ุนู

wawunya dibuang.

โ˜˜ย  ูŠูŽุฎู’ุดูŽู‰,

Ketika ada ู„ูŽู…ู’ jadinya

โ˜˜ย  ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุฎู’ุดูŽ

Alif maqsurahnya dibuang.

โ˜˜ ูŠูŽุฑู’ู…ููŠ,

Ketika ada ู„ูŽู…ู’ , jadinya

โ˜˜ย  ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุฑู’ู…ู

Yaโ€™nya dibuang.

Kemudian kalau fiโ€™il yang lima, tentunya ketika dia diawali huruf jazm, yang dibuang adalah nunnya.

Asalnya :

ูŠูŽูƒู’ุชูุจูŽุงู†ู –ย  ุชูŽูƒู’ุชูุจูŽุงู†ู – ูŠูŽูƒู’ุชูุจููˆู’ู†ูŽ โ€“ย  ุชูŽูƒู’ุชูุจููˆู’ู†ูŽ โ€“ย  ุชูŽูƒู’ุชูุจููŠู’ู†ูŽ,

Ketika ada ู„ูŽู…ู’ย  menjadi :

ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽูƒู’ุชูุจูŽุง – ู„ูŽู…ู’ ุชูŽูƒู’ุชูุจูŽุง – ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽูƒู’ุชูุจููˆู’ุง โ€“ย  ู„ูŽู…ู’ ุชูŽูƒู’ุชูุจููˆู’ุง โ€“ ู„ูŽู…ู’ ุชูŽูƒู’ุชูุจููŠู’.

Itulah kenapa tandanya adalah dibuang. Karena yang dibuang bisa huruf illat kalau kita bicara fiโ€™il mudhari yang muโ€™tal.

Bisa juga nun, kalau kita berbicara fiโ€™il yang lima.

โœ’ Materi Program BINAR

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s