Riyadhah Untuk Melawan Hawa Nafsu

Imam Al-Ghazali memberi nasihat:
Sesunggunya Allah SWT berfirman, “Dan, hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok.”( QS 59: 18)
Jadi, apa yang telah kita kerjakan untuk menghadapi Hari Kiamat? Nafsfu mendorong kita kepada keburukan yang telah dipersiapkan oleh Iblis. Setan juga akan mencari kekuatan pada diri kita melalui hawa nafsu, karena itu janganlah kita tertipu dan menipu diri sendiri. Jangan pernah tergoda oleh khayalan dan tipu daya syahwat.

Nabi Sulaiman a.s. mengatakan: “Sesungguhnya orang yang mampu menguasai nafsunya itu lebih baik daripada seorang yang menaklukan kota seorang diri.”

Sayyidina Ali bin Abi Thalib mengatakan: “Tiadalah aku dan nafsuku melainkan seperti penggembala kambing. Ketika menggiringnya dari satu sisi, mereka akan menyebar kembali dari sisi yang lain. Barangsiapa yang dapat membunuh nafsunya, maka dia akan terlipat dalam kain kafan penuh rahmat dan terpendam dalam bumi kemuliaan Allah. Sebaliknya, barangsiapa membunuh kalbunya yang suci, maka dia akan terlipat dalam kain kafan kutukan dan terpendam dalam bumi penuh siksaan Allah.”

Karena itu, Yahya bin Muadz Ar-Razi memberi nasihat: “Perangilah nafsumu dengan ketaatan dan riyadhah.”

Menurut Imam Al-Ghazali, riyadhah dimaksud adalah mengurangi tidur, sedikit bicara, sabar dengan gangguan manusia, dan sedikit makan. Dari sedikit tidur akan lahir kebersihan hati dari keinginan nafsu. Dari sedikit bicara akan lahir keselamatan dari berbagai bencana. Dari kesabaran menghadapi gangguan manusia akan melahirkan kejayaan. Dari sedikit makan akan terbunuh nafsu syahwat, karena banyak makan menyebabkan ketasnya hati dan hilangnya cahaya hati. Cahaya hikmah adalah lapar, sedangkan kenyang akan menjauhkan kita dari Allah.”

—Imam Al-Ghazali dalam kitab Mukasyafatul Qulub

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s