Macam-macam I’rob

๐Ÿ“š Dars 8

Bismillahirrahmanirrahim

ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู…ูุตูŽู†ู‘ููู : (ูˆูŽ ุฃูŽู‚ู’ุณูŽุงู…ูู‡ู ุฃูŽุฑู’ุจูŽุนูŽุฉูŒ

Berkata Mushonnif, yakni Ibnu Ajurrum Ash- Shanhaaji rahimallahu ta’ala dan macam-macam/ pembangian irob itu ada 4:

โœ… ุฑูŽูู’ุนูŒย  โž– Rafa

โœ… ู†ูŽุตู’ุจูŒ โž– Nashab

โœ… ุฎูŽูู’ุถูŒ โž– Khafat / Jar

โœ… ุฌูŽุฒู’ู…ูŒ โž– Jazm

Kalau kita bertanya kenapaย  irob ada 4? Karena iniย  mewakili harokat. Kita tahu bahwasanya dalam bahasa Arab ada dhommah, fathah, kasroh dan sukun.

Hanya saja kenapa tidak menggunakan istilah irob itu ada 4 yaitu dhommah, fathah, kasroh dan sukun?ย  Karena ternyata tidak semua kata itu berubah harokatnya. Ada kata yg berubah huruf nya, seperti :

ู…ูุณู’ู„ูู…ูŽุงู†ู โž–ย  ู…ูุณู’ู„ูู…ูŽูŠู’ู†ู

Mustanna dan jamak mudzakkar salim kalau kita perhatikan harokat nya sama, tapi apa yg berbeda, hurufnya misalkan :

ู…ูุณู’ู„ูู…ูŽุงู†ู โž–ย  ู…ูุณู’ู„ูู…ูŽูŠู’ู†ู

Harokat nya adalah kasroh tetapi yang berbeda adalah huruf nya.

Yang satu “ุฃ” alif ู…ูุณู’ู„ูู…ูŽุงู†ู, yang satu nya “ูŠ ” ya ู…ูุณู’ู„ูู…ูŽูŠู’ู†ู

Begitupun dengan jamak mudzakkar salim

ู…ูุณู’ู„ูู…ููˆู’ู†ูŽ โž–ย  ู…ูุณู’ู„ูู…ููŠู’ู†ูŽ

Sama-samaย  ู†ูŽ , bedanyaย  yg satu “ูˆ” waw ู…ูุณู’ู„ูู…ููˆู’ู†ูŽ dan satu nya “ูŠ” ya ู…ูุณู’ู„ูู…ููŠู’ู†ูŽ

Ini lah kenapa irob itu ada 4 dan kenapa nama nya Rafa, Nashab, Jar dan Jazm. Bukannya dhommah, fathah, kasroh dan sukun.

ููŽู„ูู„ุฃูŽุณู’ู…ูŽุงุกูย  ู…ูู†ู’ ุฐูŽู„ููƒูŽ : ุงู„ุฑู‘ูŽูู’ุนูุŒ ูˆูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุตู’ุจูุŒ ูˆูŽุงู„ุฎูŽูู’ุถูุŒ ูˆูŽู„ูŽุง ุฌูŽุฒู’ู…ูŽ ูููŠู‡ูŽุงุŒ

Maka untuk isim itu bisa rafa, nashab, khafadh atau jar tetapi tidak boleh jazm.

ูˆูŽู„ูู„ู’ุฃูŽูู’ุนูŽุงู„ู ู…ูู†ู’ ุฐูŽู„ููƒูŽ ุงู„ุฑู‘ูŽูู’ุนูุŒ ุงู„ู†ู‘ูŽุตู’ุจูุŒูˆูŽุงู„ุฌูŽุฒู’ู…ูุŒ ูˆูŽู„ุงูŽ ุฎูŽูู’ุถูŽ ูููŠู’ู‡ูŽุง.

Sebaliknya fiil itu bisa rafa, nashab, jazm tapi tidak bisa jar.

Kita simpulkan dari pernyataan ini dari pernyataan ini berarti rafa dan nashab adalah 2 keadaan ,ย  bisa untuk isim dan bisa untuk fiil.

Jadi dari 4 keadaan 2 bisa untuk keduanya. 2 nya lagi hanya bisa untuk salah satu nya.

Yang bisa untuk kedua nya yaitu rafa dan nashab.

Adapun jar untuk isim, fiil tidak mungkin jar. Kemudian jazm khusus untuk fiil. Isim tidak mungkin jazm.

_____________________

ุงู„ุดู‘ูŽุฑู’ุญู : Penjelasan

ุจูŽุนู’ุฏูŽ ุฃูŽู†ู’ ุฐูŽูƒูŽุฑูŽ ุงู„ู…ูุตูŽู†ู‘ููู ุชูŽุนู’ุฑููŠู’ููŽ ุงู„ุฅูุนู’ุฑูŽุงุจูุŒ ุดูŽุฑู’ุนูŽ ูููŠ ุจูŽูŠูŽุงู†ู ุฃูŽู†ู’ูˆูŽุงุนูู‡ู

Setelah Mushonnif Ash-Shanhaaji selesai membahas defenisi Irob. Beliau mulai menjelaskan jenis2 irob atau macam2 irob.

ูˆูŽู‡ููŠูŽย  ุฃูŽุฑู’ุจูŽุนูŽุฉู ุฃูŽู†ู’ูˆูŽุงุนู

Dan macam-macamย  i’rob ada 4:

โœ… ุฃูŽุญูŽุฏูู‡ูŽุง: ุงู„ุฑู‘ูŽูู’ุนู

Yang pertama rofa’

ูˆูŽ ุนูŽู„ูŽุงู…ูŽุชูู‡ู ุงู„ู’ุฃูŽุตู’ู„ููŠู‘ูŽุฉู ุงู„ุถู‘ูŽู…ู‘ูŽุฉู ( _ู )

Dan tanda aslinya adalah dhommah.

โœ… ุงู„ุซู‘ูŽู†ููŠ : ุงู„ู†ู‘ูŽุตู’ุจู

Jenis yang kedua adalah nashab

ูˆูŽ ุนูŽู„ูŽุงู…ูŽุชูู‡ู ุงู„ู’ุฃูŽุตู’ู„ูŽูŠู‘ูŽุฉู ุงู„ู’ููŽุชู’ุญูŽุฉู ( _ูŽ )

Dan tanda aslinya adalah fathah.

โœ… ุงู„ุซู‘ูŽุงู„ูุซู : ุงู„ู’ุฎูŽููŽุถู

Yang ketiga adalah khofadh

ูˆูŽ ุนูŽู„ูŽุงู…ูŽุชูู‡ู ุงู„ูŽุฃุตู’ู„ููŠู‘ูŽุฉูย  ุงู„ู’ูƒูŽุณู’ุฑูŽุฉู ( _ู )

Dan tanda aslinya adalah kasrah.

โœ… ุงู„ุฑู‘ูŽุงุจูŽุนู : ุงู„ุฌูŽุฒู’ู…ู

Yang keempat adalah jazm

ูˆูŽ ุนูŽู„ุงูŽู…ูŽุชูู‡ู ุงู„ุฃูŽุตู’ู„ููŠู‘ูŽุฉูย  ุงู„ุณู‘ููƒููˆู’ู†ู (_ู’)

Dan tanda aslinya adalah sukun.

ูˆูŽู„ููƒูู„ู‘ู ูˆูŽุงุญูุฏูŽุฉู ู…ูู†ู’ ู‡ูฐุฐูู‡ู ุงู„ุนูŽู„ูŽุงู…ูŽุงุชู ุงู„ู’ุฃูŽุตู’ู„ููŠู‘ูŽุฉู ู…ูŽูˆูŽุงุถูุนู :

Dan dari setiap satu dari tanda-tanda ini memiliki beberapa tempat.

๐Ÿ”˜ ููŽุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุงู„ุถู‘ูŽู…ูŽุฉู : ููŽุชูŽูƒููˆู’ู†ู ุนูŽู„ูŽุงู…ูŽุฉู‹ ู„ูู„ุฑู‘ูŽูู’ุนู ูููŠู’ ุงู„ุงูุณู’ู…ู ุŒ ูˆูŽุงู„ู’ููุนู’ู„ู ุงู„ู’ู…ูุถูŽุงุฑูุนู

Maka dhommah itu ia menjadi tanda bagi rofa’ pada isim dan fiil mudhari.

” ู†ูŽุญู’ูˆู ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ :

Contoh nya Firman Allah Ta’ala

(ูŠูŽุฎู”ู„ูู‚ู ุงู„ู„ู‘ูฐู‡ู) (ูก)

Dalam Surat An Nur ayat 45

ูู€ (ูŠูŽุฎู’ู„ูู‚ู) : ููุนู’ู„ูŒ ู…ูุถูŽุงุฑูุนูŒ ู…ูŽุฑู’ูููˆู’ุนูŒ ู„ูุชูŽุฌูŽุฑู‘ูุฏูู‡ู ุนูŽู†ู ุงู„ู†ูŽู‘ุงุตูุจู ูˆูŽุงู„ู’ุฌูŽุงุฒูู…ู ูˆูŽุนูŽู„ูŽุงู…ูŽุฉู ุฑูŽูู’ุนูู‡ู ุงู„ุถู‘ูŽู…ู‘ูŽุฉู ุงู„ุธูŽู‘ุงู‡ูุฑูุฉู ุนูŽู„ูŽู‰ย  ุขุฎูุฑู ู‡ู . ูˆูŽ(ู„ูŽูู’ุธู ุงู„ู’ุฌูŽู„ูŽุงู„ูŽุฉู) ุงูุณู’ู…ูŒ ู…ูŽุฑู’ูููˆู’ุนูŒ ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ููŽุงุนูู„ูŒ ุŒ ูˆูŽุนูŽู„ูŽุงู…ูŽุฉู ุฑูŽูู’ุนูู‡ู ุงู„ุถู‘ูŽู…ู‘ูŽุฉู ุงู„ุธู‘ูŽุงู‡ูุฑูŽุฉู.

Jadi ูŠูŽุฎู’ู„ูู‚ู adalah fiil mudhari yg di rofa’kan. Kenapa di rofa’kan?

ู„ูุชูŽุฌูŽุฑู‘ู ุฏูู‡ู ุนูŽู†ู ุงู„ู†ูŽู‘ุงุตูุจู ูˆูŽุงู„ู’ุฌูŽุงุฒูู…ู

Karena terbebas dari faktor pen-nashab dan faktorย  pen-jazm.

Jadi karena tidak ada huruf nashab nya, huruf jazm nya maka dia kembali ke hukum asalnyaย  fiil mudahari yaitu marfu.

Dan tanda rofa nya nampak dhommah pd akhirnya. Dan lafad jalallah Allah dalam kalimat ูŠูŽุฎู”ู„ูู‚ู ุงู„ู„ู‘ูฐู‡ isim yg dirofa’kan karena ia adalah fail nya ูŠูŽุฎู”ู„ูู‚ู ya Allah (menciptakan). Dan tanda rofa nya adalah dhommah.

๐Ÿ”˜ ูˆูŽุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุงู„ููŽุชู’ุญูŽุฉู : ููŽุชูŽูƒููˆู†ูย  ุนูŽู„ุงูŽู…ูŽุฉู‹ ู„ูู„ู†ู‘ูŽุตู’ุจู ูููŠ ุงู„ุงูุณู’ู…ู ุŒ ูˆูŽุงู„ููู’ุนู„ู ุงู„ู’ู…ูุถุงุฑูุนู ู†ูŽุญู’ูˆู ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ย  :

Jadi fathah menjadi tanda nashab bagi isim dan fiil mudhari contohnya Firman Allah Ta’ala:

ู„ู‘ูŽู†ู’ ู†ู‘ูุนู’ุฌูุฒูŽ ุงู„ู„ู‘ูฐู‡ูŽ

Surah Al-Jin ayat 12.

ูู€ ( ู†ู‘ูุนู’ุฌูุฒูŽ ) : ููุนู’ู„ูŒย  ู…ูุถูŽุงุฑูุนูŒ ู…ูŽู†ู’ุตููˆุจูŒ ู„ูุฏูุฎููˆู„ูย  ุญูŽุฑู’ูู ุงู„ู†ู‘ูŽุตู’ุจู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽู‡ููˆูŽ (ู„ูŽู†ู’) ูˆูŽุนูŽู„ุงูŽู…ูŽุฉู ู†ูŽุตู’ุจูู‡ูย  ุงู„ููŽุชู’ุญูŽุฉู ุงู„ุธู‘ูŽุงู‡ูุฑูŽุฉู ุนูŽู„ู‰ูŽ ุขุฎูุฑูู‡ูุŒ ูˆูŽุงู„ููŽุงุนูู„ู ุถูŽู…ููŠู’ุฑูŒ ู…ูุณู’ุชูŽุชูุฑูŒ ูˆูุฌููˆู’ุจู‹ุง

Jadi ู†ู‘ูุนู’ุฌูุฒูŽ adalah fiil mudhari yg dinashab kan. Kenapa dinashabkan? Karena kemasukan huruf nashab. Apa huruf nashab nya?ย  โ–ถ (ู„ูŽู†ู’) dan tanda nashob nya adalah fathah yg nampak pada akhirnnya ู„ู‘ูŽู†ู’ ู†ู‘ูุนู’ุฌูุฒูŽ. jelas sekali fathah nya pada huruf ” ุฒูŽ ” ya.

ูˆูŽุงู„ููŽุงุนูู„ู ุถูŽู…ููŠู’ุฑูŒ ู…ูุณู’ุชูŽุชูุฑูŒ ูˆูุฌููˆู’ุจู‹ุง

Dan fail nya dhomirnya mustatir nya wajub. Jadi siapa fail nya? โ–ถ Kami. Karena ู†ู‘ูุนู’ุฌูุฒูŽ itu arti nya kami. Maka dikatakan ุถูŽู…ููŠู’ุฑูŒ ู…ูุณู’ุชูŽุชูุฑูŒ ูˆูุฌููˆู’ุจู‹ุง.

ูˆูŽู„ูŽูู’ุธู ุงู„ุฌูŽู„ุงูŽู„ูŽุฉู : ุงูุณู’ู…ูŒ ู…ูŽู†ู’ุตููˆุจูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุชูŽุนู’ุธููŠู…ู ูˆูŽุนูŽู„ุงูŽู…ูŽุฉู ู†ูŽุตู’ุจูู‡ู ุงู„ููŽุชู’ุญูŽุฉู ุงู„ุธู‘ูŽุงู‡ูุฑูŽุฉู

Dan lafad jalallah Allah adalah isim yg dinashabkan, dan tanda nashabnya adalah fathah yg dzhohiroh.

Kemudian :

๐Ÿ”˜ ูˆูŽุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุงู„ูƒูŽุณู’ุฑูŽุฉู : ููŽู‡ููŠูŽ ุนูŽู„ูŽุงู…ูŽุฉูŒ ู„ูู„ู’ุฎูŽูู’ุถู ูˆูŽ ูŠูŽุฎู’ุชูŽุตู‘ู ุงู„ุฎูŽูู’ุถู ุจูุงู’ู„ุงูุณู’ู…ู ุŒ ู†ูŽุญู’ูˆู ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰:

Dan adapun kasroh, maka ia menjadi tanda bagi jar. Dan khafat terkhususย  untuk isim saja. Jadi tidak ada fiil yg nama nya majrur. Yg majrur hanya isim saja. Contoh nya Firman Allah Ta’ala :

ุกูŽุงู…ูŽู†ู‘ูŽุง ุจูุงู„ู„ู‘ู‡ู

Surat Ali Imran ayat 128

Jadi ุกูŽุงู…ูŽู†ู‘ูŽุง asal nya ุกูŽุงู…ูŽู†ูŽุง danย ย ย  ู†ูŽ. ู† nya melebur ู…ูุถู‘ูŽู…ูŽุฉูŒ (dileburkan). Cara mengirob-nya:

ุกูŽุงู…ูŽู†ูŽุง : ููุนู’ู„ูŒ ู…ูŽุงุถู ู…ูŽุจู’ู†ููŠู‘ูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุณู‘ููƒููˆู’ู†ูุŒ

ู†ูŽุง ุงู„ู…ูุฏู’ุบูู…ูŽุฉู : ุถูŽู…ููŠู’ุฑูŒ ู…ูŽุจู’ู†ููŠู‘ูŒ ูููŠู’ ู…ูŽุญูŽู„ู‘ู ุฑูŽูู’ุนู ููŽุงุนูู„ูŒ.

Yang dimabnikan dalam keadaan rofa menjadi failnya.

ููŽู„ูŽูู’ุธู ุงู„ุฌูŽู„ูŽุงู„ูŽุฉู ุงูุณู’ู…ูŒ ู…ูŽุฌู’ุฑููˆู’ุฑูŒ ู„ูุฏูุฎููˆู’ู„ู ุญูŽุฑู’ูู ุงู„ุฌูŽุฑู‘ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆ ูŽู‡ููˆูŽ (ุงู„ุจุงุกู) ูˆูŽุนูŽู„ูŽุงู…ูŽุฉู ุฌูŽุฑู‘ูู‡ู ุงู„ูƒูŽุณู’ุฑูŽุฉู ูููŠ ุขุฎูุฑูู‡ู

Maka lafadzul jalalah (ุงู„ู„ู‡) dalam kalimat ุกูŽุงู…ูŽู†ู‘ูŽุงุจูุงุงู„ู„ู‘ูฐู‡ู.ย  kenapaย  ุจูุงุงู„ู„ู‘ูฐู‡ู kasroh, karena kemasukan huruf jar di atas nya. Dan huruf jar ini adalah “ุจ” ba. Dan tanda kasroh pada akhirnya.

๐Ÿ”˜ ูˆูŽ ุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุงู„ุณู‘ููƒููˆู†ู : ููŽู‡ููˆูŽ ุนูŽู„ูŽุงู…ูŽุฉูŒ ู„ูู„ุฌูŽุฒู…ู ูˆูŽ ูŠูŽุฎุชูŽุตู‘ู ุงู„ุฌูŽุฒู…ู ุจูุงู„ููุนู„ู ุงู„ู…ูุถูŽุงุฑูุนู

Adapun sukun makaย  dia adalah tanda bagi jazm. Dan jazm ini terkhusus untuk fiil mudhari saja. Tidak ada isim yang jazm bahkan fiil pun yg jazm hanya fiil mudhari saja.

Adapun fiil madhy itukan mabniy, kemudian fiil amar juga mabniy. Menurut pendapat yg kuat.

ู†ูŽุญูˆู ู‚ูŽูˆู„ูู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ :

Contoh nya Firman Allah Ta’ala:

ู„ูŽู… ูŠูŽู„ูุฏู’ ูˆู„ูŽู…ู’ ูŠููˆู’ู„ูŽุฏู’

(Surat Al Ikhlas ayat 3)

Cara irob nya:

ู„ูŽู… ูŠูŽู„ูุฏู’ : ููŽุงุนูู„ูู‡ู ุถูŽู…ููŠู’ุฑูŒ ู…ูุณู’ุชูŽุชูุฑูŒ

Lam ูŠูŽู„ูุฏู’ disini failnya adalah dhomir mustatir , siapa disini yang ู„ูŽู… ูŠูŽู„ูุฏู’ maksudnya kembali kepada Allah, ูˆ ู„ูŽู…ู’ ูŠููˆู’ู„ูŽุฏู’ => sighah yg diubah.

Artinya kalau ูŠูŽู„ูุฏู’ ini fi’ilnya ma’lum kalau ูŠููˆู’ู„ูŽุฏู’ fi’ilnya majhul.

ูˆ ู„ูŽู…ู’ ูŠููˆู’ู„ูŽุฏู’ : ู…ูุบูŽูŠู‘ูุฑูย  ุงู„ุตู‘ููŠู’ุบูŽุฉูุŒ ูˆูŽ ู†ูŽุงุฆูุจู ุงู„ููŽุงุนูู„ู ู…ูุณู’ุชูŽุชูุฑูŒ

dan naibul failnya pun mustatir.

ููŽูƒูู„ูŒ ู…ูู†ู’ ูŠูŽู„ูุฏู’ ูˆูŽ ูŠููˆู„ูŽุฏู’

: ููุนู„ูŒ ู…ูุถูŽุงุฑุนูŒ ู…ูุฌุฒููˆู…ูŒ , ู„ูุฏูุฎููˆู„ู ุญูŽุฑูู ุงู„ุฌูŽุฒู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู‡ู ูˆู‡ููˆูŽ ู„ูŽู…ู’ ูˆูŽ ุนูŽู„ูŽุงู…ุฉู ุฌูŽุฒู…ูู‡ู ุงู„ุณู‘ููƒููˆู’ู†ู

Setiap dari contohย  ูŠูŽู„ูุฏู’ dan ูŠููˆู’ู„ูŽุฏู’ adalah fiil mudhari yg dijazm-kan. Karena kemasukan huruf jazm di atasnya yaitu ู„ูŽู…ู’.

Sukun karena ada lam nya.ย  ู„ูŽู… ูŠูŽู„ูุฏู’ ูˆู„ูŽู…ู’ ูŠููˆู’ู„ูŽุฏู’ . Tanda jazm nya adalah sukun.

ูˆูŽุญูŽุงุตูู„ู ู…ุง ุณูŽุจูŽู‚ูŽ :

Dan kesimpulan dari apa yg sudah disebutkan sebelum nya.

ุฃู†ู‘ูŽ ุงู„ุฑู‘ูŽูู’ุนูŽ ูˆูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุตู’ุจูŽ ู…ูุดู’ุชูŽุฑูŽูƒูŒ ูููŠู’ ุงู„ุฃูŽุณู’ู…ูŽุงุกู ูˆูŽ ุงู„ุฃูŽูู’ุนูŽุงู„ู

Rafa dan Nashab itu bersekutu. Maksud nya bisa masuk ke isim, bisa masuk ke fiil.

ูˆูŽ ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ุฎูŽูู’ุถูŽ ุฎูŽุงุตู‘ูŒ ุจูุงู„ุฃูŽุณู’ู…ูŽุงุกู ุŒ

Dan adapun khafat/jar terkhusus untuk isim.

ูˆูŽุงู„ุฌูŽุฒู’ู…ูŽ ุฎูŽุงุตู‘ูŒ ุจูุงู„ุฃูŽูู’ุนูŽุงู„ู

dan jazm terkhusus untuk fiil.

______________

ุชูŽู†ู’ุจููŠู’ู‡ูŒ : ู‚ูŽูˆู’ู„ู ุงู„ู…ูุตูŽู†ู‘ููู ูˆูŽ ู„ูู„ุฃูŽูู’ุนูŽุงู„ู ู…ูู†ู’ ุฐูŽุงู„ููƒูŽ ุงู„ุฑู‘ูŽูู’ุนู ูˆูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุตู’ุจู ูˆูŽ ุงู„ุฌูŽุฒู’ู…ู. ุงู„ู…ูŽู‚ู’ุตููˆู’ุฏู ุงู„ููุนู’ู„ู ุงู„ู…ูุถูŽุงุฑูุนู ููŽู‚ูŽุทู’ุŒ ู„ุฃูู†ู‘ูŽู‡ู ุงู„ูˆูŽุญููŠู’ุฏู ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู’ ูŠูุนู’ุฑูุจู ู…ูู†ูŽ ุงู„ุฃูŽูู’ุนูŽุงู„ู

Perkataan Mushonnif dan bagi fiil itu ada rafa, nashab dan jazm, yang dimaksudkan disiniย  hanyalah fiil mudhari saja. Karena fiil mudhari satu-satunya nya fiil yg mu’rab.

Karena yg kita tahu diantara tiga fiil, fiil mudhari, fiil madhi dan fiil amr, fiil madhi ini disepakati bahwa dia mabni. Kemudian fiil ammar meskipun ada perbedaan pendapat, tapi menurut pendapat yg kuat adalah mabniy juga seperti fiil madhi.

Sehingga ketika Mushonnif mengatakan ู…ูู†ูŽ ุงู„ุฃูŽูู’ุนูŽุงู„ู maka yg dimaksud adalah untuk fiil mudhari saja. Karena fiil madhi dan fiil amr mabniy tidak mu’rab.

Adapun fiil mudhari dari ke 14 dhomir nya,ย  seluruh nya mu’rab kecuali 2 yaitu dhomirย  ู‡ูู†ู‘ูŽ dan dhomir ุฃู†ุชู†.

Misal kan untuk ูŠูŽูƒู’ุชูุจู yang ุชูŽูƒู’ุชูุจู’ู†ูŽ dan ูŠูŽูƒู’ุชูุจู’ู†ูŽ ini mabniy.

Ada satu tanbih yg terlewat dihalaman 26. Itu tanbih yang ke-3.

ูˆูŽ ูŠูŽู‚ูŽุนู ุงู„ูุจู†ูŽุงุกู : ูููŠ ุงู„ูุฃุณู’ู…ูŽุงุกู ุŒ ูˆูŽ ุงู„ุฃูŽูู’ุนูŽุงู„ู ุŒ ูˆูŽ ุงู„ุญูุฑููˆู’ูู.

Dan mabniy itu bisa terjadi pada isim, fiil dan huruf.

Jadi isim ada yg mabniy, fiil ada yang mabniy dan ุงู„ุฃูŽุตูŽุญ semua huruf itu adalah mabniy.

Penjelasan ini dijelaskan oleh beliau.

๐Ÿ”ต ุงู„ู…ูŽุจู’ู†ููŠู‘ู ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ุฃูŽุณู’ู…ูŽุงุกูย  ู…ูŽุญู’ุตููˆู’ุฑูŒ ูููŠู’ ุฃูŽุจู’ูˆูŽุงุจู

Isim-isim yg dimabniy-kan itu dibatasi pada bab-bab tertentu saja. Kebanyakannya isim itu mu’rab. Apa saja isim yang mabniy, disini beliauย  menyebutkan ู…ูู†ู’ู‡ูŽุง :

๐Ÿ”ฐ ูก. ุงู„ุถู‘ูŽู…ูŽุงุฆูุฑู ู…ูุซู’ู„ู: ุฃูŽู†ูŽุงุŒ ู†ูŽุญู’ู†ูุŒ ุฃูŽู†ู’ุชูŽุŒ ุฃูŽู†ู’ุชูู…ูŽุงุŒ ุฃูŽู†ู’ุชูู…ู’ุŒ ู‡ููŠูŽุŒ ู‡ููˆูŽุŒ ู‡ูู…ู’ุŒ ู‡ูู†ู‘ูŽุŒ …

1โƒฃ Dhomir- dhomir

ุฃูŽู†ูŽุงุŒ ู†ูŽุญู’ู†ูุŒ ุฃูŽู†ู’ุชูŽุŒ ุฃูŽู†ู’ุชูู…ูŽุงุŒ ุฃูŽู†ู’ุชูู…ู’ุŒ ู‡ููŠูŽุŒ ู‡ููˆูŽุŒ ู‡ูู…ู’ุŒ ู‡ูู†

Semua dhomir itu mabniy.

๐Ÿ”ฐ ูข. ุงู„ุฃูŽุณู’ู…ูŽุงุกู ุงู„ู…ูŽูˆู’ุตููˆู’ู„ูŽุฉู : ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู’ุŒ ุงู„ู‘ูŽุชููŠู’ุŒ (ุงู„ู„ู‘ูŽุฐูŽุงู†ูุŒ ุงู„ู„ู‘ูŽุชูŽุงู†ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุฃูŽุตู’ุญู)ุŒ ุงู„ู„ูŽุฐููŠู’ู†ูŽ ุŒ ุงู„ู„ู‘ูŽุงุฆููŠ ุŒ …

2โƒฃ Isim Maushul

Isim maushul juga mabniy ุŒ ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู’ุŒ ุงู„ู‘ูŽุชููŠู’ุŒ (ุงู„ู„ู‘ูŽุฐูŽุงู†ูุŒ ุงู„ู„ู‘ูŽุชูŽุงู†ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุฃูŽุตู’ุญู)ุŒ ุงู„ู„ูŽุฐููŠู’ู†ูŽ ุŒ ุงู„ู„ู‘ูŽุงุฆููŠ

ุงู„ู„ู‘ูŽุฐูŽุงู†ูุŒ ุงู„ู„ู‘ูŽุชูŽุงู†ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุฃูŽุตู’ุญู

Menurut pendapat yang kuat. Kerena ada pendapat yang mengatakan bahwa ุงู„ู„ู‘ูŽุฐูŽุงู†ู ini murab karena ุงู„ู„ู‘ูŽุฐูŽุงู†ู ini bisa ุงู„ู„ู‘ูŽุฐูŽุงู†ู danย  ุงู„ู„ูŽุฐููŠู’ู†ูŽ. Atau ุงู„ู„ู‘ูŽุชูŽุงู†ู dan ุงู„ู„ุชูŽูŠู†ู. Tetapi pengarang kitab Al Munti’ menguatkan pendapat bahwasanya ุงู„ู„ู‘ูŽุชูŽุงู†ู dan ุงู„ู„ู‘ูŽุฐูŽุงู†ู ini adalah mabniy.

Jadi beliau menguatkan bahwa ุงู„ู„ู‘ูŽุฐูŽุงู†ู ini tidak punya versi ุงู„ู„ูŽุฐูŽูŠู’ู†ู.

Jadi karena dia mabniy yang dipakai hanya yg ุงู„ู„ู‘ูŽุฐูŽุงู†ู saja.

ูฃ. ุฃุณู…ุงุกูย  ุงู„ุงูุณู’ุชููู’ู‡ูŽุงู…ู ู…ูุซู’ู„ู: ูƒูŽูŠู’ููŽุŒ ุฃูŽูŠู’ู†ูŽุŒ ู…ูŽุชูŽู‰ุŒ…

3โƒฃ Isim istifham

Isim-isim yg digunakan untuk pertanyaan contohnya:

ูƒูŽูŠู’ููŽุŒ ุฃูŽูŠู’ู†ูŽุŒ ู…ูŽุชูŽู‰

*Tanbih* :

Diantara Adatul (bisa isim bisa huruf) ย Istifham, kata yang kita gunakan untuk bertanya ada isim ada huruf. Kebanyakannya itu adalah isim yaitu ูƒูŽูŠู’ููŽุŒ ุฃูŽูŠู’ู†, ู…ูŽุชูŽู‰ ini isim. Yang huruf contohnya hamzah istifham ” ุฃ ” seperti ู‡ูŽู„ู’.

Seperti, hamzah istifham ุฃ:ย ย ย ย  ุฃูŽู‡ูŽุฐูŽุง ูƒูุชูŽุจู ุŸ

Kemudian ู‡ูŽู„ู’ itu juga huruf. Adapun ุŒ ู…ูŽุงุŒ ู…ูŽู†ู’ุŒ ูƒูŽูŠู’ููŽุŒ ุฃูŽูŠู’ู†ูŽุŒ ู…ูŽุชูŽู‰ ini semua adalahย ย  isim, bukan huruf.

ูค. ุฃุณู…ุงุกู ุงู„ุฅูุดูŽุฑูŽุฉู ู…ูุซู’ู„ู: ู‡ูŽุงุฐูŽุงุŒ ู‡ูŽุงุฐูู‡ูุŒ (ู‡ูŽุงุฐูŽุงู†ูุŒ ูˆูŽ ู‡ูŽุงุชูŽุงู†ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุฃูŽุตู’ุญู)ุŒ ู‡ูŽุงุคูู„ุงูŽุกูุŒ…

4โƒฃ Isim-isim isyarah,ย  petunjuk, seperti:

ู‡ูŽุงุฐูŽุงุŒ ู‡ูŽุงุฐูู‡ูุŒ (ู‡ูŽุงุฐูŽุงู†ูุŒ ูˆูŽ ู‡ูŽุงุชูŽุงู†ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุฃูŽุตู’ุญู)ุŒ ู‡ูŽุงุคูู„ุงูŽุกู

Lagi-lagi Beliau juga menguatkan ู‡ูŽุงุฐูŽุงู†ูุŒ ูˆูŽ ู‡ูŽุงุชูŽุงู†ู ini mabniy bukan mu’rab.

ูฅ.ุฃุณู…ุงุกู ุงู„ุฃูŽูู’ุนูŽุงู„ู ู†ูŽุญู’ูˆูŽ : ุตูŽู‡ูุŒ ุจูŽุฎู ุญูŽุฐูŽุงุฑูุŒ…

5โƒฃ Isim-isim fi’il.

Isim2 fiil ini adalah isim yg bentuk nya isim tapi makna nya seperti makna fiil dan dia ada beberapa,ย  contoh nya :

๐Ÿ“Œ ุตูŽู‡ู (ุฃูุณู’ูƒูุชู’ ! diamlah )

Shohinย  ” ุตูŽู‡ู ”ย  ini artinya Diamlah!.ย  Shohin ini isim tetapi bermakna fiil. Seperti lafadz dalam kita sholat, selesai membaca Al Fatihah kita mengucapkan “Aamiin”. Aamiin iniย  sama isim fiil. Isim bermakna fiilย  “istajib” kabulkanlah!

๐Ÿ“Œ ุจูŽุฎู‘ู ( ketakjuban )

Menunjukan ketakjuban, pujian, penyanjungan. Kalau kita bertanya tentang seseorang, misalkan : Bagaimana menurutmu tentang si Fulan. Lalu kita katakan ” ุจูŽุฎู‘ู”.ย  Itu menunjukkan Fulan ini adalah orang yang selayaknyaย  mendapatkan sanjungan.

โ–ชุญูŽุฐูŽุงุฑู ( waspadalah ).

ุญูŽุฐูŽุงุฑู, ูŠูŽุง ุนูู…ูŽุฑู

Waspalah wahai ‘Umar!

ูฆ ู€ ุฃุณู…ุงุกู ุงู„ุดู‘ูŽุฑู’ุทู ุŒ ู†ูŽุญู’ูˆู : ุญูŽูŠู’ุซูู…ูŽุงุŒ ุฃูŽูŠู‘ูŽุงู†ุŒ ู…ูŽู†ู’ุŒ ….

6โƒฃ Isim syarat

seperti:

ุญูŽูŠู’ุซูู…ูŽุงุŒ ุฃูŽูŠู‘ูŽุงู†ุŒ ู…ูŽู†ู’,….

ูง ู€ ุจูŽุนู’ุถู ุงู„ุธูŽุฑููˆู’ูู ู†ูŽุญู’ูˆู : ุฃูŽู…ู’ุณูุŒ ุญูŽูŠู’ุซูุŒ….

7โƒฃ Sebagian dzharaf

Seperti:

ุฃูŽู…ู’ุณูุŒ ุญูŽูŠู’ุซู,….

Jadi isim hukum asalnya adalah mu’rab. Yang mabniy contohnya:ย  Isim Dhomir, Maushul, Isim Istifham, Isim Isyarah, Isim Fiil, Isim syarat, dan sebahagian zhorof.

Adapun untuk fiil …

๐Ÿ”ต ุงูŽู„ุฃูŽุตู’ู„ู ูููŠ ุงู„ุฃูŽูู’ุนูŽุงู„ู ุงู„ุจูู†ูŽุงุกู ูˆูŽ ูŠูุจู’ู†ูŽู‰ย  ู…ูู†ู’ู‡ูŽุง :

Hukum asal fiil itu adalah mabniy.

Dan yang mabniy contoh nya adalah Fiil Madhi dan Fiil Mudhari. Jadi dari ketiga fiil Madhi dan amr itu mabniy.

ุงู„ู…ูŽุงุถููŠุŒ ูˆูŽุงูŽู„ุฃูŽู…ู’ุฑูุŒ ูˆูŽ ุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุงู„ู…ูุถูŽุงุฑูุนู ููŽู…ูุนู’ุฑูŽุจู ุฅูู„ูŽุฃ ุฅูุฐูŽุง ุงูุชู‘ูŽุตูŽู„ูŽุชู’ ุจูู‡ู ู†ููˆู’ู†ู ุงู„ู†ูุณู’ูˆูŽุฉู ุฃูŽูˆ ู†ููˆู†ู ุงู„ุชูŽูˆู’ูƒูุฏู ุงู„ู…ูุจูŽุงุดูŽุฑูŽุฉู

ูˆูŽุณูŽูŠู’ุฃูŽุชููŠ ุจูŽูŠูŽุงู†ูŽ ุฐูŽู„ููƒูŽ ุจูุงู„ุชูŽูู’ุตููŠู’ู„ู ูููŠ ุจูŽุงุจู ุงูŽู„ุฃูŽูู’ุนูŽุงู„ู ุฅูู†ู’ ุดูŽุงุกูŽ ุงู„ู„ู‡ ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰:

Jadi Fiil mudhari itu -fiil madhi dan ammr nya yg mabniy- adapun fiil mudharinyaย  dia mu’rab kecuali dia bersambung dengan nun niswah. Nun niswah itu kalau dalam tasrif fiil mudhari yang dhomir ู‡ู† dan ุงู†ุชู† . Seperti kalau ูŠูŽูƒู’ุชูุจู yang ูŠูŽูƒู’ุชูุจู’ู†ูŽ dan ุชูŽูƒู’ุชูุจู’ู†ูŽ .

Nah nun niswah pada ุชูŽูƒู’ุชูุจู’ู†ูŽ itu menyebabkan ูŠูŽูƒู’ุชูุจู’ู†ูŽ dan ุชูŽูƒู’ุชูุจู’ู†ูŽ ini mabniy. Konsekwensinya ketika ู„ูŽู…ู’ di depan nya maka tetapย  ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽูƒู’ุชูุจู’ู†ูŽ dan ู„ูŽู…ู’ ุชูŽูƒู’ุชูุจู’ู†ูŽ karena mabniy. Mabniy itu tidak berpengaruh

Atau bersambung dengan nun taukid. Seperti ูŠูŽูƒู’ุชูุจู, menjadi ูŠูŽูƒู’ุชูุจูŽู†ู‘ูŽ.

Yaktubu ูŠูŽูƒู’ุชูุจู asal nya mu’rab. Tapi kalo dia bertemu dengan nun taukid sepertiย  ูŠูŽูƒู’ุชูุจูŽู†ู‘ูŽย  secara langsungย  maka dia mabniy.

Jadi hukum asal fiil mudhari itu mu’rab kecuali kalau dia diakhiri dengan nun niswah seperti dhomir ู‡ู† dan ุงู†ุชู† atau nun taukid seperti ูŠูŽูƒู’ุชูุจู menjadi ูŠูŽูƒู’ุชูุจูŽู†ู‘ูŽ

ูˆูŽุณูŽูŠู’ุฃูŽุชููŠ ุจูŽูŠูŽุงู†ูŽ ุฐูŽู„ููƒูŽ ุจูุงู„ุชูŽูู’ุตููŠู’ู„ู ูููŠ ุจูŽุงุจู ุงูŽู„ุฃูŽูู’ุนูŽุงู„ู ุฅูู†ู’ ุดูŽุงุกูŽ ุงู„ู„ู‡ ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰:

Dan InsyaAllah pada pembahasan ‘af’al akan dibahas lebih jelas lagi.

๐Ÿ”ต ุงู„ุญูุฑููˆูู ูƒูู„ู‘ูู‡ูŽุง ู…ูŽุจู’ู†ููŠูŽุฉูŒ.

Semua huruf itu adalah mabniy.

Sebagai kesimpulan bahwa fiil itu dari ketiga Fiil ( madhi, mudhari dan ammar).ย  Fiil madhi dan fiil amr itu mabniy adapun fiil mudhari mu’rab kecuali yang diakhiri nun niswah dhomir ู‡ู† dan ุงู†ุชู† atauย  nun taukid.

Adapun isim maka hukum asalnya mu’rab.ย  Diantara yg mabniy yaitu dhomir, isim istifham, isim maushul, isim isyarah, isim syarat, isim-isim fiil, isim syarat dan sebahagian zhoraf.

Adapun huruf seluruhnya mabniy.

โœ’ Materi Program BINAR

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s