Tanda-tanda Isim

๐Ÿ“š Dars 3

Bismillahirrahmanirrahim.

ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู…ูุตูŽู†ู‘ููู : (ููŽุงู„ุงูุณู’ู…ู ูŠูุนู’ุฑูŽูู : ุจูุงู„ุฎูŽูู’ุถูุŒ ูˆูŽุงู„ุชู‘ูŽู†ู’ูˆููŠู’ู†ูุŒ ูˆูŽุฏูุฎููˆู’ู„ู ุงู„ุฃูŽู„ููู ูˆูŽุงู„ู„ู‘ุงู…ูุŒ ูˆูŽุญูุฑููˆู’ูู ุงู„ุฎูŽูู’ุถู ูˆูŽู‡ููŠูŽ: ู…ูู†ู’ุŒ ูˆูŽุฅูู„ูŽู‰ุŒ ูˆูŽุนูŽู†ู’ุŒ ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ุŒ ูˆูŽูููŠุŒ ูˆูŽุฑูุจู‘ูŽุŒ ูˆูŽุงู„ุจูŽุงุกูุŒ ูˆูŽุงู„ูƒูŽุงููุŒ ูˆูŽุงู„ู„ู‘ูŽุงู…ูุŒ ูˆูŽุญูุฑููˆู’ูู ุงู„ู‚ูŽุณูŽุงู…ูุŒ ูˆูŽ ู‡ููŠูŽ : ุงู„ูˆูŽุงูˆูุŒ ูˆูŽุงู„ุจูŽุงุกูุŒ ูˆูŽุงู„ุชู‘ูŽุงุกู)

Pengarang kitab Ajurrumiyyah mengatakan maka Isim itu dikenali dengan khofadh/jar dan tanwin.

Kemudian dengan masuknya alif dan lam. Dikenal juga dengan huruf jar/khofadh yaitu :

ู…ูู†ู’ : dari

ุฅู„ู‰ : ke

ุนูŽู†ู’ : dari

ูŽุนูŽู„ูŽู‰ : di atas

ูŽูููŠ : di dalam

ูŽุฑูุจู‘ูŽ : jarang

ุงู„ุจูŽุงุกู : dengan

ูˆูŽุงู„ูƒูŽุงูู : seperti

ูŽุงู„ู„ู‘ูŽุงู…ู : untuk/bagi

Dan huruf-huruf sumpah ,yaitu : ุงู„ูˆูŽุงูˆูุŒ ูˆูŽุงู„ุจูŽุงุกูุŒ ูˆูŽุงู„ุชู‘ูŽุงุกู

Disini kita perhatikan jadi cara kita menyebut huruf dalam bahasa Arab, kalau hurufnya satu dieja. Seperti kita ingin menyebutkan huruf bi dan Ka yang artinya seperti maka kita harus mengejanya ุงู„ุจูŽุงุกู ูˆูŽุงู„ูƒูŽุงูู .

Tapi kalau dua huruf seperti ู…ูู†ู’ ini dibaca ู…ูู†ู’ , bukan ุงู„ู…ููŠู’ู…ู ูˆูŽุงู„ู†ู‘ููˆู’ู†ู .

‘An ุนูŽู†ู’ bukan dibaca ุงู„ุนูŽูŠู’ู†ู ูˆูŽุงู„ู†ู‘ููˆู’ู†ู . Tapi kalau satu huruf, seperti : bi, Ka , dan Li itu dieja, ุจุงู„ุจูŽุงุกู ุŒ ูˆูŽุงู„ูƒูŽุงููุŒ ูˆุงู„ู„ูŽุงู…ู

ุงู„ุดู‘ูŽุฑู’ุญู : ู„ูŽู…ู‘ูŽุง ููŽุฑูŽุบูŽ ุงู„ู…ูุตูŽู†ู‘ููู ู…ูู†ู’ ุฐููƒู’ุฑู ุฃูŽู‚ู’ุณูŽุงู…ู ุงู„ูƒูŽู„ูŽุงู…ูุŒ ุดูŽุฑูŽุนูŽ ูููŠ ุจูŽูŠูŽุงู†ู ุนูŽู„ูŽุงู…ูŽุงุชู ูƒูู„ู‘ู ู‚ูุณู’ู…ูุŒ

Penjelasan :

Setelah pengarang kitab Ajurrumiyyahย  AlMushonnif As-Shonhajiy selesai menyebutkan macam-macam kalam beliau mulai menjelaskan tentang tanda dari setiap macam tersebut.

ููŽุจูŽุฏูŽุฃูŽ ุจูุงู„ุงูุณู’ู…ูุŒ ูˆูŽุฐูŽูƒูŽุฑูŽ ู„ูŽู‡ู ุฃูŽุฑู’ุจูŽุนูŽ ุนูŽู„ูŽุงู…ูŽุงุชูุŒ

Maka beliau Ash-Shanhaji memulai dengan menjelaskan tanda isim dan beliau menyebutkan ada 4 tanda bagi isim.

ุฅูุฐูŽุง ูˆูŽุฌูŽุฏู’ุชู‘ูŽ ูˆูŽุงุญูุฏูŽุฉู‹ ู…ูู†ู’ู‡ูŽุง ูููŠ ูƒูŽู„ูู…ูŽุฉู ุฃูŽูˆู’ ุฑูŽุฃูŽูŠู’ุชูŽ ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ูŽุง ุชูŽู‚ู’ุจูŽู„ูู‡ูŽุงุŒ ุนูŽุฑูŽูู’ุชูŽ ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ูŽุง ุงุณู…ูŒ.

Apabila kau mendapati salah satu tanda ada pada sebuah kata atau kamu melihat sebuah kata yang menerima tanda tersebut engkau mengetahui bahwasanya itu adalah isim.

ุฅูุญู’ุฏูŽุงู‡ูŽุง : ุงู„ุฎูŽูู’ุถู : ูˆูŽู‡ููˆูŽ ุนูุจูŽุงุฑูŽุฉูŒ ุนูŽู†ู ุงู„ูƒูŽุณู’ุฑูŽุฉู ุงู„ู‘ูŽุชููŠ ูŠูุญู’ุฏูุซูู‡ูŽุง ุงู„ุนูŽุงู…ูู„ูุŒ ู†ูŽุญู’ูˆู :ย  ุจูุณู’ู…ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุงู„ุฑู‘ูŽุญู’ู…ู†ู ุงู„ุฑู‘ูŽุญููŠู’ู…ูุŒ

Yang pertama : ุงู„ุฎูŽูู’ุถู

[ Khofadhย  merupakan nama lain dari jar ]

Jadi tanda pertama isim itu adalah adanya jar.

ูˆูŽู‡ููˆูŽ ุนูุจูŽุงุฑูŽุฉูŒ ุนูŽู†ู ุงู„ูƒูŽุณู’ุฑูŽุฉู ุงู„ู‘ูŽุชููŠ ูŠูุญู’ุฏูุซูู‡ูŽุง ุงู„ุนูŽุงู…ูู„ู

Jar /khofadh adalah ibarat atau istilah dari kasroh yang disebabkan (muncul) karena disebabkan adanya amil (sebuah faktor).

Jadi ini merupakan penjelasan secara mutlak yang sangat sederhana dari definisi jar meskipun nanti sebetulnya jar itu tidak hanya kasroh, memang hukum asal jar/khofadh itu tandanya adalah kasroh akan tetapi nanti kita akan belajar bahwasanya yang namanya jar itu punya tiga tanda.

Tanda aslinya kasroh , nanti ada tanda turunannya yaitu fathah dan ya. Tapi memang ini salah satu jalan yang dipilih oleh Syaikh Malik bin Salim dimana beliau menjelaskan definisinyaย  dengan cara yang mudah dipahami oleh pemula. Jadi anggap saja kalau jar itu kasroh.

Contoh : ุจูุณู’ู…ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุงู„ุฑู‘ูŽุญู’ู…ู†ู ุงู„ุฑู‘ูŽุญููŠู’ู…ูุŒ

ููŽูƒูู„ู‘ูŒ ู…ูู†ู ( ุงุณู’ู…ูุŒ ูˆุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูุŒ ูˆุงู„ุฑู‘ูŽุญู’ู…ู†ูุŒ ูˆูŽุงู„ุฑู‘ูŽุญููŠู’ู…ู) ุฃูŽุณู’ู…ูŽุงุกูŒ ุŒ ู„ููˆูุฌููˆู’ุฏู ุงู„ูƒูŽุณู’ุฑูŽุฉู ูููŠู’ ุขุฎูุฑูู‡ุง

Maka setiap dari ismin dalam lafadz ุจูุณู’ู…ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู , kemudian lafadz ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู, ุงู„ุฑู‘ูŽุญู’ู…ู†ู dan ุงู„ุฑู‘ูŽุญููŠู’ู…ู merupakan isim. Karena adanya kasroh pada akhirnya.

Jadi beliau Syaikh Salim menjelaskan diantara tanda isim adalah dia dalam keadaan jar dan disini beliau menjelaskan dengan sangat sederhana pokoknya kalau ada yang berharokat kasroh maka dia adalah isim.

Makaย  ุจูุณู’ู…ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุงู„ุฑู‘ูŽุญู’ู…ู†ู ุงู„ุฑู‘ูŽุญููŠู’ู…ู. Kenapa isim, karena dia kasroh. Kemudian ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู kasroh, ุงู„ุฑู‘ูŽุญู’ู…ู†ู karena dia kasroh dan juga ุงู„ุฑู‘ูŽุญููŠู’ู…ู karena dia kasroh.

Memang ini benar karena kalau kita perhatikan tidak ada fiil yang kasroh. Kalaupun ada itu memang mabniy, contohnya ููŽุนูŽู„ู’ุชูย  kasrohnya bukan karena dia jar tapi karena memang dari sananya,yang namanya dhomir ู…ููู’ุฑูŽุฏุฉ ู…ูุฎูŽุงุทูŽุจุฉย  yaitu anti – Kasroh- .ย  Jadi ููŽุนูŽู„ู’ุชู kasrohnya memang dari sana seperti itu.

ุงู„ุซู‘ูŽุงู†ููŠูŽุฉู : ุงู„ุชู‘ูŽู†ู’ูˆููŠู’ู†ู

Tanda yang kedua : Bertanwin

Jadi tanda yang pertamanya isim adalah jar , tanda kedua bertanwin.

ูˆูŽ ู‡ููˆูŽ ุนูุจูŽุงุฑูŽุฉูŒ ุนูŽู†ู’ ุถูŽู…ู‘ูŽุชูŽูŠู’ู†ู ุฃูŽูˆู’ ููŽุชู’ุญูŽุชูŽูŠู’ู†ู ุฃูŽูˆู’ ูƒูŽุณู’ุฑูŽุชูŽูŠู’ู†ู

Dan tanwin itu adalah ibarat dari dua dhommah maksudnya dhommatain, dua fathah- fathatain , atau dua kasroh – kasrotain.

ู†ูŽุญู’ูˆู ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰:

(ูˆูุฌููˆู’ู‡ูŒ ูŠูŽูˆู’ู…ูŽุฆูุฐู ุฎูŽุดูุนูŽุฉูŒ (ูข) ุนูŽุงู…ูู„ูŽุฉูŒ ู†ูŽุงุตูุจูŽุฉูŒ (ูฃ) ุชูŽุตู’ู„ู‰ูŽ ู†ูŽุงุฑู‹ุง ุญูŽุงู…ููŠูŽุฉู‹ (ูค) ุชูุณู’ู‚ูŽู‰ ู…ูู†ู’ ุนูŽูŠู’ู†ู ุกูŽุงู†ููŠูŽุฉู (ูฅ))(ุง)ย  ููŽูƒูู„ู‘ูŒ ู…ูู†ู’ : (ูˆูุฌููˆู’ู‡ูŒุŒ ูˆูŽูŠูŽูˆู’ู…ูŽุฆูุฐูุŒ ูˆูŽุฎูŽุงุดูุนูŽุฉูŒุŒ ูˆูŽุนูŽุงู…ูู„ูŽุฉูŒุŒ ูˆูŽู†ูŽุงุตูุจูŽุฉูŒุŒ ูˆูŽู†ูŽุงุฑู‹ุงุŒ ูˆูŽุญูŽุงู…ููŠูŽุฉู‹ุŒ ูˆูŽุนูŽูŠู’ู†ูุŒ ูˆูŽุขู†ููŠูŽุฉู) ุฃูŽุณู’ู…ูŽุงุกูŒ ู„ููˆูุฌููˆู’ุฏู ุงู„ุชู‘ูŽู†ู’ูˆููŠู’ู†ู ูููŠ ุขุฎูุฑูู‡ูŽุง

Contohnya firman Allah subhฤnahu wa Ta’ฤla :

(ูˆูุฌููˆู’ู‡ูŒ ูŠูŽูˆู’ู…ูŽุฆูุฐู ุฎูŽุดูุนูŽุฉูŒ (ูข) ุนูŽุงู…ูู„ูŽุฉูŒ ู†ูŽุงุตูุจูŽุฉูŒ (ูฃ) ุชูŽุตู’ู„ู‰ูŽ ู†ูŽุงุฑู‹ุง ุญูŽุงู…ููŠูŽุฉู‹ (ูค) ุชูุณู’ู‚ูŽู‰ ู…ูู†ู’ ุนูŽูŠู’ู†ู ุกูŽุงู†ููŠูŽุฉู (ูฅ))(ุง)ย  ููŽูƒูู„ู‘ูŒ ู…ูู†ู’ : (ูˆูุฌููˆู’ู‡ูŒุŒ ูˆูŽูŠูŽูˆู’ู…ูŽุฆูุฐูุŒ ูˆูŽุฎูŽุงุดูุนูŽุฉูŒุŒ ูˆูŽุนูŽุงู…ูู„ูŽุฉูŒุŒ ูˆูŽู†ูŽุงุตูุจูŽุฉูŒุŒ ูˆูŽู†ูŽุงุฑู‹ุงุŒ ูˆูŽุญูŽุงู…ููŠูŽุฉู‹ุŒ ูˆูŽุนูŽูŠู’ู†ูุŒ ูˆูŽุขู†ููŠูŽุฉู)

Ini contoh tanwin :

ูˆูุฌููˆู’ู‡ูŒ), (ูŠูŽูˆู’ู…ูŽุฆูุฐู), (ุฎูŽุงุดูุนูŽุฉูŒ), (ุนูŽุงู…ูู„ูŽุฉูŒ), (ู†ูŽุงุตูุจูŽุฉูŒ), (ู†ูŽุงุฑู‹ุง), (ุญูŽุงู…ููŠูŽุฉู‹), (ุนูŽูŠู’ู†ู), dan (ุขู†ููŠูŽุฉู)

Ini semuanya isim.

Makanya Syaikh Salim mengatakan

ููŽูƒูู„ู‘ูŒ ู…ูู†ู’ : (ูˆูุฌููˆู’ู‡ูŒุŒ ูˆูŽูŠูŽูˆู’ู…ูŽุฆูุฐูุŒ ูˆูŽุฎูŽุงุดูุนูŽุฉูŒุŒ ูˆูŽุนูŽุงู…ูู„ูŽุฉูŒุŒ ูˆูŽู†ูŽุงุตูุจูŽุฉูŒุŒ ูˆูŽู†ูŽุงุฑู‹ุงุŒ ูˆูŽุญูŽุงู…ููŠูŽุฉู‹ุŒ ูˆูŽุนูŽูŠู’ู†ูุŒ ูˆูŽุขู†ููŠูŽุฉู) ุฃูŽุณู’ู…ูŽุงุกูŒ ู„ููˆูุฌููˆู’ุฏู ุงู„ุชู‘ูŽู†ู’ูˆููŠู’ู†ู ูููŠ ุขุฎูุฑูู‡ูŽุง

Setiap dari kata :

ูˆูุฌููˆู’ู‡ูŒ), (ูŠูŽูˆู’ู…ูŽุฆูุฐู), (ุฎูŽุงุดูุนูŽุฉูŒ), (ุนูŽุงู…ูู„ูŽุฉูŒ), (ู†ูŽุงุตูุจูŽุฉูŒ), (ู†ูŽุงุฑู‹ุง), (ุญูŽุงู…ููŠูŽุฉู‹), (ุนูŽูŠู’ู†ู), dan (ุขู†ููŠูŽุฉู)

Ini semuanya adalah isim karena adanya tanwin pada akhirnya.

Diantara ciri atau tanda isim ia bertanwin. Karena tidak mungkin ada fiil dan huruf yang bertanwin.

ุงู„ุซู‘ูŽุงู„ูุซูŽุฉู : ุฏูุฎููˆู’ู„ู ุงู„ุฃูŽู„ููู ูˆูŽุงู„ู„ุงู‘ูŽู…ู : ูˆูŽูŠูุนูŽุจู‘ูŽุฑู ุนูŽู†ู’ู‡ูู…ูŽุง ุจู€ู(ุฃูŽู„ู’)ุŒ

Tanda yang ketiga : Kemasukan Alif dan Lamย 

Dan juga diistilahkan dengan AL.

[Jadi istilahnya ada yang bilang al-alifu wallaamu (ุงู„ุฃูŽู„ููู ูˆูŽุงู„ู„ู‘ูŽุงู…ู), ada yang bilang AL (ุฃูŽู„ู’)]

ู†ูŽุญู’ูˆู ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ : (ุงู„ุฑู‘ูŽุญู’ู…ูŽู†ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุงูŽู„ู’ุนูŽุฑู’ุดู ุขุณู’ุชูŽูˆูŽู‰)(ูข)

Contohnya firman Allah subhฤnahu wa Ta’ฤla :

(ุงู„ุฑู‘ูŽุญู’ู…ูŽู†ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุงูŽู„ู’ุนูŽุฑู’ุดู ุขุณู’ุชูŽูˆูŽู‰)

“Allah yang Maha Pengasih beristiwa’ di atas Arsy”

(Surat Thoha ayat 5)

ููŽูƒูู„ู‘ูŒ ู…ูู†ูŽ (ุงู„ุฑู‘ูŽุญู’ู…ูŽู†ูุŒ ูˆูŽุงู„ุนูŽุฑู’ุดู) ุงูุณู’ู…ูŽุงู†ู ู„ูุฏูุฎููˆู’ู„ู (ุฃู„ู’) ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูู…ูŽุง

Maka setiap dari contoh (ุงู„ุฑู‘ูŽุญู’ู…ูŽู†ู) dan (ูˆูŽุงู„ุนูŽุฑู’ุดู) keduanya adalah isim. Karena kemasukan AL. Ini tanda yang ketiga.

ุงู„ุฑู‘ูŽุงุจูุนูŽุฉู : ุญูุฑููˆูู ุงู„ุฎูŽูู’ุถู : ูˆูŽู‡ููŠูŽ : ู…ูู†ู’ุŒ ูˆูŽุฅูู„ูŽู‰ุŒ ูˆูŽุนูŽู†ู’ุŒ ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ุŒ ูˆูŽูููŠุŒย  ูˆูŽุฑูุจู‘ูŽุŒ ูˆูŽุงู„ุจูŽุงุกูุŒ ูˆูŽุงู„ูƒูŽุงููุŒ ูˆูŽุงู„ู„ู‘ูŽุงู…ู…

Tanda yang keempat : Hurufย  Jar

Dan Huruf jar itu apa saja?

ู…ูู†ู’ : dari

ุฅู„ู‰ : ke

ุนูŽู†ู’ : dari

ูŽุนูŽู„ูŽู‰ : di atas

ูŽูููŠ : di dalam

ูŽุฑูุจู‘ูŽ : jarang

ุงู„ุจูŽุงุกู : dengan

ูˆูŽุงู„ูƒูŽุงูู : seperti

ูŽุงู„ู„ู‘ูŽุงู…ู :oleh/untuk/bagi

 

ููŽู‡ูŽุฐูู‡ูŽ ุงู„ุญูุฑููˆูู ุฎูŽุงุตู‘ูŽุฉูŒ ุจูุงู„ุฃูŽุณู’ู…ูŽุงุกู ููŽู„ูŽุง ุชูŽุฏู’ุฎูู„ู ุฅูู„ู‘ูŽุง ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูŽุง ุŒ

Maka huruf-huruf ini (yakni huruf jar) khusus untuk isim saja. Maka ia tidak masuk kecuali atasnya.

Maksudnya tidak mungkin setelah hurufย  jar ituย  fiil atau huruf. Jadi setelah huruf jar pasti isim.

ู†ูŽุญู’ูˆู ู‚ูŽูˆู’ู„ู ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูฐู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุขู„ูู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ : (ุชูŽูƒููู‘ูย  ุดูŽุฑู‘ูŽูƒูŽ ุนูŽู†ู ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณูุŒย  ููŽุงู•ูู†ู‘ูŽู‡ูŽุง ุตูŽุฏูŽู‚ูŽุฉูŒ ู…ูู†ู’ูƒูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ู†ูŽูู’ุณููƒูŽ)(ุง)ุŒ

Contohnya sabda Nabi ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูฐู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุขู„ูู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ

“Tahanlah kejelekanmu dari manusia. Karena sesungguhhnya itu adalah sedekah untuk dirimu.(ุง)

ููŽูƒูู„ู‘ูŒ ู…ูู†ูŽ(ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณูุŒ ูˆูŽุงู„ุถู‘ูŽู…ููŠู’ุฑู ูููŠู’ ู…ูู†ู’ูƒูŽุŒ ูˆูŽู†ูŽูู’ุณู) ุงู”ูŽุณู’ู…ูŽุงุกูŒ ู„ูุฏูุฎููˆู’ู„ู ุญูุฑููˆู’ูู ุงู„ุฎูŽูู’ุถู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูŽุง

Maka setiap contoh ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณู jadi ุนูŽู†ู ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณย  karena didahului oleh huruf ‘an (ุนูŽู†) dan dhomir pada lafadz ู…ูู†ู’ูƒูŽ [maksudnya kaf, maka kaf adalah isim yang mana didahului oleh huruf min] dan ู†ูŽูู’ุณู dari kata ุนูŽู„ูŽู‰ ู†ูŽูู’ุณููƒูŽ .

Jadi nafsi (ู†ูŽูู’ุณู) adalah isim karena didahului oleh ุนู„ู‰ huruf jar. Jadi ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณู isim , dan annas adalah isim karena kemasukan huruf jar atasnya.

ูˆูŽู…ูู†ู’ ุญูุฑููˆู’ูู ุงู„ุฎูŽูู’ุถู ุฃูŽุญู’ุฑููู ุงู„ู‚ูŽุณูŽู…ู ู„ููƒูŽูˆู’ู†ูู‡ูŽุง ุชูŽุฌูุฑู‘ู ุงู„ุงูุณู’ู…ูŽ ุจูŽุนู’ุฏูŽู‡ูŽุงุŒ

Dan diantara huruf khofadh adalah huruf-huruf sumpah. Karena keadaanya dimana huruf qosam ini bisa menjarkan isim yang ada setelahnya.

Jadi huruf qosam juga bisa dimasukkan ke dalam kelompok huruf jar. Kenapa? Karena huruf qosam itu menjarkan isim yang ada setelahnya.

ูˆูŽู‡ููŠูŽ ุซูŽู„ูŽุงุซูŽุฉู ุฃูŽุญู’ุฑููู : ุงู„ูˆูŽุงูˆูุŒ ูˆูŽุงู„ุจูŽุงุกูุŒ ูˆูŽุงู„ุชู‘ูŽุงุกูุ›

Dan Huruf qosam itu ada tiga huruf ุงู„ูˆูŽุงูˆูุŒ ูˆูŽุงู„ุจูŽุงุกูุŒ ูˆูŽุงู„ุชู‘ูŽุงุกูุ› yaitu wawu, ba, dan ta’.

ูˆูŽุณูู…ู‘ููŠูŽุชู’ ุฃูŽุญู’ุฑูููŽ ู‚ูŽุณูŽู…ูุ› ู„ูุฅูŽู†ู‘ูŽู‡ูŽุง ุชูŽุฏู’ุฎูู„ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู…ูู‚ู’ุณูŽู…ู ุจูู‡ู_ ูˆูŽู„ูŽุงูŠูŽูƒููˆู’ู†ู ุฅูู„ู‘ูŽุง ุงุณู’ู…ู‹ุง_ ู†ูŽุญู’ูˆู : ูˆูŽุงู„ู„ู‘ูฐู‡ูุŒ ูˆูŽุชูŽุงู„ู„ู‘ูฐู‡ูุŒ ูˆูŽุจูุงู„ู„ู‘ูฐู‡ู.

Dan dinamakan huruf-huruf sumpah karena huruf sumpah tersebut masuk atas sesuatu yang dijadikan sandaran sumpah.

ูˆูŽู„ูŽุงูŠูŽูƒููˆู’ู†ู ุฅูู„ู‘ูŽุง ุงุณู’ู…ู‹ุง

Dan tidak boleh tidak kecuali setelahnya itu adalah isim.

Jadi setelah huruf sumpah pasti isim , karena enggak mungkin kita bersumpah dengan perbuatan.

Contohnya : ูˆูŽุงู„ู„ู‘ูฐู‡ูุŒ ูˆูŽุชูŽุงู„ู„ู‘ูฐู‡ูุŒ ูˆูŽุจูุงู„ู„ู‘ูฐู‡ู.

Jadi kita boleh bersumpah dengan tiga lafadz seperti ini ูˆูŽุงู„ู„ู‘ูฐู‡ูุŒ ูˆูŽุชูŽุงู„ู„ู‘ูฐู‡ูุŒ ูˆูŽุจูุงู„ู„ู‘ูฐู‡ย  artinya semuanya sama “Demi Allah”

ูˆูŽุญูŽุงุตูู„ู ู…ูŽุง ุฐูŽูƒูŽุฑูŽู‡ู ู…ูู†ู’ ุนูŽู„ูŽุงู…ูŽุงุชู ุงู„ุงูุณู’ู…ู ุฃูŽุฑู’ุจูŽุนูŒ :

ุงูุซู’ู†ูŽุชูŽุงู†ู ุชูŽู„ู’ุญูŽู‚ูŽุงู†ู ุงู„ุงูุณู’ู…ูŽ ูููŠ ุขุฎูุฑูู‡ูุŒ ูˆูŽู‡ูู…ูŽุง ุงู„ุฎูŽูู’ุถู ูˆูŽุงู„ุชู‘ูŽู†ู’ูˆููŠู’ู†ู.

ูˆูŽุงุซู’ู†ูŽุชูŽุงู†ู ุชูŽุฏู’ุฎูู„ุงูŽู†ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูููŠู’ย  ุฃูŽูˆูŽู‘ู„ูู‡ูุŒูˆูŽู‡ูู…ูŽุง (ุฃูŽู„ู’) ูˆูŽุญูุฑููˆูู ุงู„ุฎูŽูู’ุถู.

Dan kesimpulannya dari apa yang telah disebutkan oleh AlMushonnif dari tanda isim itu ada empat :

โœ… Dua tanda bersambung dengan isim pada akhirnya yaitu jar dan tanwin,

โœ… Dan dua tandanya lagi masuk atas isim pada di depannya : yaitu AL dan huruf jar .

Jadi kalau tanwin itu kan tandanya diakhir kata begitu pula khofadh ini berkaitan dengan keadaan akhir kata. Adapun AL dan huruf jar di depannya sebelum isimnya.

 

ููŽูˆูŽุงุฆูุฏู ูˆูŽุชูŽู†ู’ุจููŠู’ู‡ูŽุงุชูŒ :

Faidah-faidah dan Catatan-catatan penting:

ุงู„ุฎูŽูู’ุถู ุนูุจูŽุงุฑูŽุฉูŒ ูƒููˆู’ูููŠู‘ูŽุฉูŒุŒ ูˆูŽุงู„ุฌูŽุฑู‘ู ุนูุจูŽุงุฑูŽุฉูŒ ุจูŽุตู’ุฑููŠู‘ูŽุฉูŒ.ย  ุญูŽุงุดููŠูŽุฉู ุฃูŽุจููŠู’ ุงู„ู†ู‘ูŽุฌูŽุง ุต(ูกูฅ) .

1โƒฃ Khafadh itu adalah ungkapan ulama nahwu dariย  Kufah.

Berarti orang Kufah lebih sering menyebut istilah jar itu dengan khofadh.

Adapun jar ini adalah ungkapan atau istilah yang sering dipakai oleh ulama Basroh.

Kita tahu bahwasanya kiblat dari ilmu nahwu ini berasal dari daerah Islam terkenal di masa lalu yaitu Basroh dan Kufah.

Ulama nahwu Kufah lebih senang menyebutnya khofadh. Adapun ulama Basroh lebih senang menyebutnya jar.

Ini bisa dilihat di Hasyah Abu Najaa halaman 15]

ุชูŽูƒููˆู’ู†ู (ุฃูŽู„ู’) ุนูŽู„ูŽุงู…ูŽุฉู‹ ู„ูู„ู’ุงูุณู’ู…ู ุฅูุฐูŽุง ู„ูŽู…ู’ ุชูŽูƒูู†ู’ ู…ูู†ู’ ุฃูŽุตู’ู„ู ุงู„ู’ูƒูŽู„ูู…ูŽุฉูุŒ ู†ูŽุญู’ูˆู (ุงู„ุฑู‘ูŽุฌูู„ูุŒ ูˆูŽ ุงู„ุบูู„ูŽุงู…ู)

2โƒฃ Faidah ketiga, AL menjadi tanda bagi isim apabila ia bukan dari asal kata tersebutุงู„ุฑู‘ูŽุฌูู„ูุŒ ูˆูŽ ุงู„ุบูู„ูŽุงู…ู.

Kita tahu bahwa asalnya ุฑูŽุฌูู„ูŒ dan ุบูู„ูŽุงู…ูŒ kemudian ditambahkan AL maka menjadi ุงู„ุฑู‘ูŽุฌูู„ูุŒ ุงู„ุบูู„ูŽุงู…ู

ุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุฅูุฐูŽุง ูƒูŽุงู†ูŽุชู’ ู…ูู†ู’ ุฃูŽุตู’ู„ูู‡ูŽุง ููŽู„ูŽุง ุชูŽูƒููˆู’ู†ู ุนูŽู„ูŽุงู…ูŽุฉู‹ ู„ูŽู‡ูุŒ ู†ูŽุญู’ูˆู : ุฃูŽู„ู’ู‚ูŽู‰ ู…ูู†ู’ ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ : (ูˆูŽุฃูŽู„ู’ู‚ูŽู‰ ููู‰ ุงู’ู„ูŽุงูŽุฑู’ุถู ุฑูŽูˆูŽุงุณููŠ)ุŒ

Adapun apabila AL-nya itu merupakan dari asal kata tersebut maka ia bukanlah tanda isim.

Contohnya kata : ูŽุฃูŽู„ู’ู‚ูŽู‰ , AL yang ada pada lafadz ูŽุฃูŽู„ู’ู‚ูŽู‰ bukan tambahan tapi memang itu satu kesatuan, fiil madhi ูŽุฃูŽู„ู’ู‚ูŽู‰ , dari firman Allah subhฤnahu waTa’ala (ูˆูŽุฃูŽู„ู’ู‚ูŽู‰ ููู‰ ุงู’ู„ูŽุงูŽุฑู’ุถู ุฑูŽูˆูŽุงุณููŠ)

“Dan Allah tancapkan pada bumi gunung-gunung.”

ูˆูŽู†ูŽุญู’ูˆู: ุฃูŽู„ู’ู‡ูŽู‰ ู…ูู†ู’ ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰: (ุฃูŽู„ู’ู‡โ€ูฐูƒูู…ู ุงู„ุชู‘ูŽูƒูŽุงุซูุฑู)

Dan contohnya lagi yang juga bukan isim ุฃูŽู„ู’ู‡ูŽู‰ dari firman Allah subhฤnahu wa Ta’ฤla : (ุฃูŽู„ู’ู‡โ€ูฐูƒูู…ู ุงู„ุชู‘ูŽูƒูŽุงุซูุฑู)

ููŽู‡ููŠูŽ ูููŠู’ู‡ูู…ูŽุง ุฃูŽุตู’ู„ููŠู‘ูŽุฉูŒุ› ููŽู„ูŽุง ูŠูุนู’ุฑูŽูู ุจูู‡ูŽุง ุงู„ู’ุงูุณู’ู…ู.

Maka AL yang ada pada ุฃูŽู„ู’ู‡โ€ูฐูƒูู…ู ุงู„ุชู‘ูŽูƒูŽุงุซูุฑู ,ย  alhaaุฃูŽู„ู’ู‡ูŽู‰ ini bukan tambahan tapi memang asli (maka AL yang ada pada ุฃู„ู‚ู‰ dan ุฃู„ู‡ู‰ ini merupakan asli ya)

ููŽู„ูŽุง ูŠูุนู’ุฑูŽูู ุจูู‡ูŽุง ุงู„ู’ุงูุณู’ู…ู.

maka dia tidak dikenal sebagai isim.

Meskipun ada AL nya tapi karena AL nya bukan aslinya maka dia bukanlah isim.

ู„ูŽูŠู’ุณูŽ ุจูู„ูŽุงุฒูู…ู ุงูุฌู’ุชูู…ูŽุงุนู ูƒูู„ู‘ู ู‡ูŽุฐูู‡ู ุงู„ู’ุนูŽู„ูŽุงู…ูŽุงุชู ุงู„ุฃูŽุฑู’ุจูŽุนู ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ุชูŽุฏูู„ู‘ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงูุณู’ู…ููŠู‘ูŽุฉู ุงู„ูƒูŽู„ูู…ูŽุฉู ุจูŽู„ู’ ุจูŽุนู’ุถูู‡ูŽุงย  ูƒูŽุงููย  ูููŠู’ ุฐูŽุงู„ููƒูŽ.

3โƒฃ Faidah ketiga : Tidak mesti berkumpulnya setiap tanda yang empat ini sampai menunjuki atas keisiman sebuah kata.

Maksudnya enggak mesti sebuah kata itu dikatakan isim kalau bertemu atau diiringi dengan tanda-tanda ini.

ุจูŽู„ู’ ุจูŽุนู’ุถูู‡ูŽุงย  ูƒูŽุงููย  ูููŠู’ ุฐูŽุงู„ููƒูŽ.

Bahkan sebagiannya cukup dari tidak diiringi dengan tanda tersebut.

Jadi maksud dari Syaikh Malik disini ingin menegaskan bahwasanya tanda iniย  kalau ada tandanya maka dia tanda bagi isim. Tetapi bukan berarti kalau tidak ada tandanya bukan isim karena banyak juga isim yang kita temukan yang tanpa tanda-tanda tersebut.

Jadi,

ู„ูŽูŠู’ุณูŽ ุจูู„ูŽุงุฒูู…ู ุงูุฌู’ุชูู…ูŽุงุนู ูƒูู„ู‘ู ู‡ูŽุฐูู‡ู ุงู„ู’ุนูŽู„ูŽุงู…ูŽุงุชู ุงู„ุฃูŽุฑู’ุจูŽุนู ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ุชูŽุฏูู„ู‘ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงูุณู’ู…ููŠู‘ูŽุฉู ุงู„ูƒูŽู„ูู…ูŽุฉู ุจูŽู„ู’ ุจูŽุนู’ุถูู‡ูŽุงย  ูƒูŽุงููย  ูููŠู’ ุฐูŽุงู„ููƒูŽ.

Bukanlah kelaziman atau keharusan bertemunya/adanya tanda ini barulah dikatakan sebagai isim. Bahkan sebagiannya itu tercukupkan (artinya tidak memerlukan tanda untuk dikatakan sebagai sebuah isim).

ุญูุฑููˆู’ูู ุงู„ู‚ูŽุณูŽู…ู ู…ูู†ู’ ุญูุฑููˆู’ูู ุงู„ุฌูŽุฑู‘ูุŒ ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽู…ูŽุง ููŽุตูŽู„ูŽู‡ูŽุง ุงู„ู…ูุตูŽู†ู‘ูููุ› ู„ููƒูŽูˆู’ู†ูู‡ูŽุง ุชููููŠู’ุฏู ุงู„ู‚ูŽุณูŽู…ูŽ ุจูุฎูู„ูŽุงูู ุบูŽูŠู’ุฑูู‡ูŽุง. .

4โƒฃ Faidah keempat : Huruf qosam sebetulnya bagian dari huruf jar, hanya saja Al Mushonnif memisahkannya karena huruf qosam ini memberikan faidah sumpah. Berbeda dengan huruf jar yang lainnya.

Karena huruf jar lain kanย  ู…ูู†ู’ุŒ ูˆูŽุฅูู„ูŽู‰ุŒ ูˆูŽุนูŽู†ู’ุŒ ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ุŒ ูˆูŽูููŠุŒย  ูˆูŽุฑูุจู‘ูŽุŒ ูˆูŽุงู„ุจูŽุงุกูุŒ ูˆูŽุงู„ูƒูŽุงููุŒ ูˆูŽุงู„ู„ู‘ูŽุงู…ู ini tidak memiliki faidah sumpah.

Adapun huruf-huruf qosam wawu, ba dan ta’ ini yang memiliki faidah sumpah. Oleh karena itu dipisahkan oleh As-Shonhajiy penyebutannya.

ูˆูŽุงุนู’ู„ูŽู…ู’: ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู‚ูŽุณูŽู…ูŽ ุจูู‡ูŽุง ู…ูู†ูŽ ุงู„ู…ูŽุฎู’ู„ููˆู’ู‚ู ู„ุงูŽ ูŠูŽุฌููˆู’ุฒู ุฅูู„ู‘ูŽุง ุจูุงู„ู„ู‘ูฐู‡ู ุฃูŽูˆู’ ุจูุฃูŽุณู’ู…ูŽุงุฆูู‡ู ูˆูŽุตูููŽุงุชูู‡ูุ› ููŽู„ูŽุง ูŠูŽุฌููˆู’ุฒู ุฃูŽู†ู’ ูŠูู‚ูŽุงู„ูŽ :

ูˆูŽุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ูุŒ ูˆูŽุงู„ูƒูŽุนู’ุจูŽุฉูุŒ ูˆูŽุญูŽูŠูŽุงุชููƒูŽ ูˆูŽุฃูŽุดู’ุจูŽุงู‡ูŽ ุฐูŽู„ููƒูŽ

Dan ketahuilah bahwasanya bersumpah [menggunakan huruf sumpah] dengan makhlukย  tidak boleh.

Jadi bersumpah dengan nama makhluk tidak boleh ุฅูู„ู‘ูŽุง ุจูุงู„ู„ู‘ูฐู‡ูย  kecuali bersumpah dengan nama Allah ุฃูŽูˆู’ ุจูุฃูŽุณู’ู…ูŽุงุฆูู‡ู atau dengan nama-namanya, ูˆูŽุตูููŽุงุชูู‡ู dan juga sifat-sifatnya.

ููŽู„ูŽุง ูŠูŽุฌููˆู’ุฒู ุฃูŽู†ู’ ูŠูู‚ูŽุงู„ูŽ :

Maka tidak boleh dikatakan :

ูˆูŽุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ูุŒ ูˆูŽุงู„ูƒูŽุนู’ุจูŽุฉูุŒ ูˆูŽุญูŽูŠูŽุงุชููƒูŽ ูˆูŽุฃูŽุดู’ุจูŽุงู‡ูŽ ุฐูŽู„ููƒูŽ

“Demi Nabi, demi Ka’bah, demi hidupmu, dan yang menyerupai demikian.

Jadi kita tidak boleh bersumpah selain dengan nama Allah dan sifat-sifat-Nya.

ุฃูŽู‡ู’ู…ูŽู„ูŽ ุงู„ู’ู…ูุตูŽู†ู‘ููู ุฃูŽู†ู’ููŽุนูŽ ุนูŽู„ูŽุงู…ูŽุงุชู ุงู„ุงูุณู’ู…ู ูˆูŽู‡ููˆูŽ : ุงู„ุฅูุณู’ู†ูŽุงุฏู ุฅูู„ูŽูŠู’ู‡ูุŒ ุฃูŽูŠู’ : ุงู„ุญูŽุฏููŠู’ุซู ุนูŽู†ู’ู‡ูุŒ

5โƒฃ Faidah kelima: Al- Mushonnif melewati/ meninggalkan atau tidak membahas tanda isim yang paling bermanfaat menurut Syaikh Malik.

AshShonhajiy ini tidak membahas satu tanda yang paling bermanfaat,

ูˆูŽู‡ููˆูŽ : ุงู„ุฅูุณู’ู†ูŽุงุฏู ุฅูู„ูŽูŠู’ู‡ูุŒ ุฃูŽูŠู’ : ุงู„ุญูŽุฏููŠู’ุซู ุนูŽู†ู’ู‡ูุŒ

Yaitu isnad ilaihi , yaitu sesuatu yang bersambung. Jadi diantara ciri isim dia bisa disambungkan dengan kata yang lain.

ูˆูŽุจูู‡ู ุงุณู’ุชูุฏูู„ู‘ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงุณู’ู…ููŠู‘ูŽุฉู ุงู„ุถู‘ูŽู…ูŽุงุกูุฑู ูƒูŽุงู„ุชู‘ูŽุงุกู ูููŠู’ (ู‚ูู…ู’ุชูŽ ุฃูˆู’ ู‚ูู…ู’ุชู) ุฃูŽู„ูŽุง ุชูŽุฑูŽู‰ ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ูŽุง ู„ูŽุง ุชูŽู‚ู’ุจูŽู„ู (ุฃูŽู„ู’) ูˆูŽู„ูŽุง ูŠูŽู„ู’ุญูŽู‚ูู‡ูŽุง ุงู„ุชู‘ูŽู†ู’ูˆููŠู’ู†ูุŒ ูˆูŽู„ูŽุง ุบูŽูŠู’ุฑูู‡ูŽุง ู…ูู†ูŽ ุงู„ุนูŽู„ูŽุงู…ูŽุงุชู ุงู„ู‘ูŽุชููŠ ุชูุฐู’ูƒูŽุฑู ู„ูู„ุงูุณู’ู…ูุŒ ุณููˆูŽู‰ ุฃูŽู†ู‘ูŽูƒูŽ ุญูŽุฏู‘ูŽุซู’ุชูŽ ุนูŽู†ู’ู‡ูŽุง ุจูุงู„ู‚ููŠูŽุงู…ู. ูŠูู†ู’ุธูŽุฑู: ุดูŽุฑู’ุญู ู‚ูŽุทู’ุฑู ุงู„ู†ู‘ูŽุฏูŽู‰ ุต (ูกูฅ – ูกูฆ)

Yang dengannya (isnad Ilaihi ini) bisa diketahui keisiman dhomir-dhomir seperti ุงู„ุชูŽุงุก dalam lafadz ู‚ูู…ู’ุชูŽ atau ู‚ูู…ู’ุชู , tidakkah kamu melihat bahwasanya ุงู„ุชูŽุงุก pada ู‚ูู…ู’ุชู (ti pada ู‚ูู…ู’ุชู) tidak menerima AL.

Tidak pula diiringi/diakhiri tanwin.

ูˆูŽู„ูŽุง ุบูŽูŠู’ุฑูู‡ูŽุง ู…ูู†ูŽ ุงู„ุนูŽู„ูŽุงู…ูŽุงุชู ุงู„ู‘ูŽุชููŠ ุชูุฐู’ูƒูŽุฑู ู„ูู„ุงูุณู’ู…ูุŒ

Dan tidak pula ada tanda lain yang sudah disebutkan.

Jadi tidak ada tanda empat tanda yang saya sebutkan yaitu : jar, kemudian tanwin , AL, dan huruf jar.

Tetapi kita bisa menjelaskan keisiman dari dhomir seperti dalam lafadz ู‚ูู…ู’ุชู ,ู‚ูู…ู’ุชูŽุŒ ู‚ูู…ู’ุชูุŒ dari sisi isnad ilaihnya. Bersambung kepadanya.

Jadi ciri-ciri isim dia bisa disambungkan dengan kata lain , bisa isim bisa bersambung dengan fiil , bisa juga bersambung dengan huruf.

ุณููˆูŽู‰ ุฃูŽู†ู‘ูŽูƒูŽย  ุญูŽุฏูŽุซู’ุชูŽย  ุนูŽู†ู’ู‡ูŽุง ุจูุงู„ู‚ููŠูŽุงู…ู.

Selain ciri yang bisa kita dapatkan pada lafadz ู‚ูู…ู’ุชูŽ tidak didapat dari tanda-tanda yang lain selain karena dhomir disitu bersambung dengan kejadian ู‚ููŠูŽุงู…ู “berdiri”.

Jadi di antara tanda yang paling jelas adalah bahwa isim itu bisa ditempelkan dengan kata yang sebelumnya.

Ini dengan fiil seperti ู‚ูู…ู’ุชูŽ atau dengan huruf seperti ุจููŠู’ู‡ู , ุจููŠู’ูƒูŽ, dan sebagainya.

ูŠูู†ู’ุธูŽุฑู: ุดูŽุฑู’ุญู ู‚ูŽุทู’ุฑู ุงู„ู†ู‘ูŽุฏูŽู‰ ุต (ูกูฅ – ูกูฆ)

Bisa dilihat di syarah Qotrun Nadaa halaman 15-16.

โœ’ Materi Program BINAR

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s