Yakin dan Tawakal

Dari Ibnu Abbas ra., ia berkata:

Sesungguhnya Rasulullah SAW berdoa: “Ya Allah, hanya kepada-Mu aku berserah diri, dan kepada-Mu aku percaya sepenuh hati, dan hanya kepada Engkau-lah aku kembali dan untuk-Mu lah aku berjuang. Ya Allah, aku berlindung dengan kemuliaan-Mu yang tiada Tuhan selain Engkau dan aku mohon agar Engkau tidak menyesatkan diriku. Engkau adalah Zat Yang Hidup yang tidak akan pernah mati, sedangkan jin dan manusia semuanya akan mati.”

(Hr. Bukhari dan Muslim)

أَعُوْذُ بِعِزَّتِكَ الَّذِي لاَ إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ الَّذِي لَا يَمُوْتُ وَالْجِنُّ وَالْإِنْسُ يَمُوْتُوْنَ


Dari Ummul Mukminin Ummu Salamah, nama sebenarnya adalah Hindun binti Abu Umayyah Hudzaifah Al-Makhzumiyah ra., ia berkata: Sesungguhnya Nabi SAW jika keluar dari rumahnya, beliau berdoa: “Dengan menyebut nama Allah aku bertawakal kepada Allah. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung diri kepada-Mu dari sesuatu yang menyesatkan, dari sesuatu yang menggelincirkan atau digelincirkan dari sesuatu yang menganiaya atau teraniaya, atau dari sesuatu yang membodohkan atau diperbodohkan.”

(HR. Abu Daud dan Tirmidzi dan yang lain dengan sanad sahih)


Dari Anas ra., ia berkata:

Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang keluar dari rumahnya membaca: “Dengan menyebut nama Allah, aku bertawakal kepada Allah, tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah, maka dikatakan kepadanya: ‘Kamu telah mendapat petunjuk, kamu telah dijamin, kamu dipelihara dan dijauhkan dari setan’.”

(HR. Abu Daud dan Tirmidzi, Nasa’i dan yang lain)

Dalam riwayat Abu Daud ada tambahan: Maka setan yang satu berkata kepada setan yang lain: “Bagaimana kamu dapat menggoda orang itu sedangkan dia telah diberi petunjuk, telah dijamin dan dipelihara oleh Allah.”

بِسْمِ اللّٰهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللّٰهِ لَاحَوْلَ وَلَاقُوَّةَ إِلَّا بِاللّٰهِ

Leave a Reply

