Yakin dan Tawakal

Dari Umarah Al-Barra’ bin ‘Azib ra., ia berkata:

Rasulullah SAW bersabda: “Hai Fulan apabila kau hendak tidur maka bacalah: “Ya Allah, aku menyerahkan diri kepada-Mu. Aku hadapkan wajahku kehadirat-Mu. Aku menyerahkan segala urusanku kepada-Mu dan aku menyandarkan punggungku kepada-Mu karena mengharap dan takut kepada-Mu. Tidak ada tempat kembali dan tidak ada tempat berlindung kecuali hanya kepada-Mu. Aku percaya dengan sepenuh hati terhadap Kitab-Mu yang telah Engkau turunkan dan terhadap Nabi-Mu yang telah Engkau utus.”

Dengan membaca doa ini, apabila kalian mati pada malam itu, maka mati dalam keadaan bersih dari dosa, dan jika kamu masih hidup sampai pagi harinya maka engkau akan mendapat kebaikan.”

(HR. Bukhari dan Muslim)

Dalam riwayat lain yang juga diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dari Al-Barra’, ia berkata: Rasulullah SAW bersabda kepadaku: “Jika kamu hendak tidur maka berwudhulah terlebih dahulu sebagaimana kamu wudhu untuk shalat, kemudian berbaringlah ada pinggangmu yang sebelah kanan lalu bacalah doa seperti tersebut diatas.” Ia meneruskan hadis itu seperti di atas, kemudian beliau bersabda: “Dan jadikanlab doa sebagai akhir (penghabisan) dari apa yang kamu ucapkan.”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s