KKB iB : Pembiayaan Kepemilikan Kendaraan Bermotor iB

Memiliki mobil atau motor saat ini bukan lagi sekedar masalah gengsi. Bagi sebagian orang terutama di kota-kota besar, mobil/motor adalah alat transportasi penting yang masuk dalam kelompok kebutuhan sehari-hari. Kenaikan BBM yang berimbas kepada peningkatan biaya transportasi umum dapat disiasati dengan memiliki mobil atau motor pribadi. Selain dapat mengatur waktu sendiri, karena tidak harus menyesuaikan dengan jadwal kendaraan umum, kita juga dapat menikmati perjalanan atau kemacetan dengan lebih nyaman.

Harga mobil atau motor saat ini memang cukup mahal. Bagi yang punya cukup uang cash tentu bukan masalah untuk memiliki mobil/motor secara tunai. Tapi buat yang memiliki penghasilan pas-pasan, memiliki motor apalagi mobil memerlukan kesabaran dan kedisiplinan menabung bertahun-tahun. Namun sekarang, memiliki mobil/motor idaman tidak lagi sekedar angan- angan lagi. Fasilitas pembiayaan KPM iB dari bank syariah akan membantu masyarakat untuk mewujudkan keinginan dengan memberikan kemudahan pelayanan bagi masyarakat untuk memiliki mobil atau motor.

Pembiayaan KPM iB menggunakan konsep syariah murabahah(jual beli) yaitu Skema pembiayaan dengan akad jual beli barang yang dilakukan dengan menyertakaan harga perolehan ditambah margin yang disepakati oleh penjual dan pembeli. Nasabah dapat merencanakan cashflow keuangan rumah tangganya, karena besarnya cicilan/angsuran KPM iB yang harus dibayar bersifat tetap sesuai kesepakatan yang telah ditetapkan sejak awal sampai akhir masa pembiayaan sehingga memberikan ketenangan dan kepastian jumlah pembayaran (angsuran) bagi nasabah. Besarnya cicilan diseuaikan dengan kemampuan nasabah. Demikian juga jangka waktu pembiayaan. Di beberapa bank syariah menawarkan pembiayaan KPM iB sampai dengan 8 tahun untuk merek kendaraan dari negara tertentu.

Untuk mendapatkan pembiayaan KPM iB dari bank syariah persyaratannya juga sangat mudah dan ringan antara lain uang muka yang ringan, minimal 10-25% dari harga on the road untuk mobil baru dari merek negara tertentu dan minimal 20% dari nilai transaksi bank untuk mobil lama.. Proses administrasi juga relatif lebih cepat dan mudah mudah. Pembayaran angsuran KPM iB dapat dilakukan dengan autodebet rekening, sehingga nasabah tidak perlu repot-repot lagi. Pembayaran angsuran juga sudah dapat dilakukan secara on line melalui jaringan ATM Bersama dan ATM Prima.

Keuntungan lain yang akan diperoleh nasabah yang mengambil pembiayaan KPM iB adalah perlindungan asuransi syariah. Beberpa bank syariah yang sudah menjalin hubungan baik dengan perusahaan asuransi syariah juga menawarkan beberapa fasilitas menarik seperti, bebas biaya premi tahun pertama, bonus perlindungan asuransi untuk kasus/risiko khusus seperti kebakaran, huru-hara dan lain-lain. Dan bagi nasabah yang ingin melunasi KPM iB lebih cepat dari waktu perjanjian tidak akan dikenakan denda atau bebas pinalti pelunasan sebelum jatuh tempo.

Sumber : www.bi.go.id

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s