Tadabbur QS. An-Nuur : 62-64

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ الَّذِينَ ءَامَنُوا۟ بِاللَّهِ وَرَسُولِهِۦ وَإِذَا كَانُوا۟ مَعَهُۥ عَلَىٰٓ أَمْرٍ جَامِعٍ لَّمْ يَذْهَبُوا۟ حَتَّىٰ يَسْتَـْٔذِنُوهُ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَـْٔذِنُونَكَ أُو۟لٰٓئِكَ الَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَرَسُولِهِۦ ۚ فَإِذَا اسْتَـْٔذَنُوكَ لِبَعْضِ شَأْنِهِمْ فَأْذَن لِّمَن شِئْتَ مِنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمُ اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَّحِيمٌ  (٦٢)

  1. (Yang disebut) orang Mukmin hanyalah orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya (Muhammad), dan apabila mereka berada bersama-sama dengan dia (Muhammad) dalam suatu urusan bersama, mereka tidak meninggalkan (Rasulullah) sebelum meminta izin kepadanya. Sungguh, orang-orang yang meminta izin kepadamu (Muhammad), mereka itulah orang-orang yang (benar-benar) beriman kepada Allah dan Rasul-Nya. Maka apabila mereka meminta izin kepadamu karena suatu keperluan, berilah izin kepada siapa yang engkau kehendaki di antara mereka, dan mohonkanlah ampunan untuk mereka kepada Allah. Sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.

 

لَّا تَجْعَلُوا۟ دُعَآءَ الرَّسُولِ بَيْنَكُمْ كَدُعَآءِ بَعْضِكُم بَعْضًا ۚ قَدْ يَعْلَمُ اللَّهُ الَّذِينَ يَتَسَلَّلُونَ مِنكُمْ لِوَاذًا ۚ فَلْيَحْذَرِ الَّذِينَ يُخَالِفُونَ عَنْ أَمْرِهِۦٓ أَن تُصِيبَهُمْ فِتْنَةٌ أَوْ يُصِيبَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ (٦٣)

  1. Janganlah kamu jadikan panggilan Rasul (Muhammad) di antara kamu seperti panggilan sebagian kamu kepada sebagian (yang lain). Sungguh, Allah mengetahui orang-orang yang keluar (secara) sembunyi-sembunyi di antara kamu dengan berlindung (kepada kawannya), maka hendaklah orang-orang yang menyalahi perintah Rasul-Nya takut akan mendapat cobaan atau ditimpa azab yang pedih.

 

(٦٤) أَلَآ إِنَّ لِلّٰـهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْأَرْضِ ۖ قَدْ يَعْلَمُ مَآ أَنتُمْ عَلَيْهِ وَيَوْمَ يُرْجَعُونَ إِلَيْهِ فَيُنَبِّئُهُم بِمَا عَمِلُوا۟ ۗ وَاللَّهُ بِكُلِّ شَىْءٍ عَلِيمٌۢ

  1. Ketahuilah, sesungguhnya milik Allah-lah apa yang ada di langit dan di bumi Dia mengetahui keadaan kamu sekarang. Dan (mengetahui pula) hari (ketika mereka) dikembalikan kepada-Nya, lalu diterangkan-Nya kepada mereka apa yang telah mereka kerjakan. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

 

Tadabbur Ayat :

Ayat 62-64 dari surah An-Nûr ini menjelaskan sebagian kriteria orang-orang beriman:

  1.  Beriman kepada Allah dan Rasul Muhammad Saw.
  2. Jika bersama Rasul Saw. dalam suatu urusan atau majelis, maka ia tidak meninggalkan Beliau begitu saja sebelum meminta izin. Minta izin kepada Rasul Saw. itu bukti keimanan pada Allah dan Rasul-Nya. Rasulullah Saw. berhak mengizinkan siapa yang diinginkannya.
  3. Panggilan Rasul Saw. itu tidak sama dengan panggilan manusia lainnya, karena mengandung hukum dalam Islam. Sebab itu, setiap panggilannya harus didengar dan tidak boleh menghindar. Karena sikap demikian itu menyalahi perintahnya dan akan menyebabkan turunnya musibah dan azab dari Allah.
  4. Semua ucapan, perbuatan dan sikap kita akan dicatat Allah dan akan diperlihatkan kepada kita di akhirat kelak. Karena Allah Maha Mengetahui atas segala sesuatu.

Sumber : Mushaf Tadabbur – Ust. Fathuddin Ja’far, MA

 

 

Leave a comment