Tadabbur QS. An Nuur : 54-58

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ 

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang

قُلْ أَطِيعُوا۟ اللَّهَ وَأَطِيعُوا۟ الرَّسُولَ ۖ فَإِن تَوَلَّوْا۟ فَإِنَّمَا عَلَيْهِ مَا حُمِّلَ وَعَلَيْكُم مَّا حُمِّلْتُمْ ۖ وَإِن تُطِيعُوهُ تَهْتَدُوا۟ ۚ وَمَا عَلَى الرَّسُولِ إِلَّا الْبَلٰغُ الْمُبِينُ (٥٤)

  1. Katakanlah, “Taatlah kepada Allah dan taatlah kepada Rasul; jika kamu berpaling, maka sesungguhnya kewajiban Rasul (Muhammad) itu hanyalah apa yang dibebankan kepada-Nya, dan kewajiban kamu hanyalah apa yang dibebankan kepadamu. Jika kamu taat kepada-Nya, niscaya kamu mendapat petunjuk. Kewajiban Rasul hanyalah menyampaikan (amanat Allah) dengan jelas.”

وَعَدَ اللَّهُ الَّذِينَ ءَامَنُوا۟ مِنكُمْ وَعَمِلُوا۟ الصّٰلِحٰتِ لَيَسْتَخْلِفَنَّهُمْ فِى الْأَرْضِ كَمَا اسْتَخْلَفَ الَّذِينَ مِن قَبْلِهِمْ وَلَيُمَكِّنَنَّ لَهُمْ دِينَهُمُ الَّذِى ارْتَضَىٰ لَهُمْ وَلَيُبَدِّلَنَّهُم مِّنۢ بَعْدِ خَوْفِهِمْ أَمْنًا ۚ يَعْبُدُونَنِى لَا يُشْرِكُونَ بِى شَيْـًٔا ۚ وَمَن كَفَرَ بَعْدَ ذٰلِكَ فَأُو۟لٰٓئِكَ هُمُ الْفٰسِقُونَ (٥٥)

  1. Allah telah menjanjikan kepada orang-orang di antara kamu yang beriman dan yang mengerjakan kebajikan, bahwa Dia sungguh akan menjadikan mereka berkuasa di bumi sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang sebelum mereka berkuasa, dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka dengan agama yang telah Dia ridai. Dan Dia benar-benar mengubah (keadaan) mereka, setelah berada dalam ketakutan menjadi aman sentosa. Mereka (tetap) menyembah-Ku dengan tidak mempersekutukan-Ku dengan sesuatu pun. Tetapi barang siapa (tetap) kafir setelah (janji) itu maka mereka itulah orang-orang yang fasik.

وَأَقِيمُوا۟ الصَّلَوٰةَ وَءَاتُوا۟ الزَّكَوٰةَ وَأَطِيعُوا۟ الرَّسُولَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ (٥٦)

  1. Dan laksanakanlah salat, tunaikanlah zakat, dan taatlah kepada Rasul (Muhammad), agar kamu diberi rahmat.

لَا تَحْسَبَنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا۟ مُعْجِزِينَ فِى الْأَرْضِ ۚ وَمَأْوَٮٰهُمُ النَّارُ ۖ وَلَبِئْسَ الْمَصِيرُ (٥٧)

  1. Janganlah engkau mengira bahwa orang-orang yang kafir itu dapat luput dari siksaan Allah di bumi; sedang tempat kembali mereka (di akhirat) adalah neraka. Dan itulah seburuk-buruk tempat kembali.

يٰٓأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا۟ لِيَسْتَـْٔذِنكُمُ الَّذِينَ مَلَكَتْ أَيْمٰنُكُمْ وَالَّذِينَ لَمْ يَبْلُغُوا۟ الْحُلُمَ مِنكُمْ ثَلٰثَ مَرّٰتٍ ۚ مِّن قَبْلِ صَلَوٰةِ الْفَجْرِ وَحِينَ تَضَعُونَ ثِيَابَكُم مِّنَ الظَّهِيرَةِ وَمِنۢ بَعْدِ صَلَوٰةِ الْعِشَآءِ ۚ ثَلٰثُ عَوْرٰتٍ لَّكُمْ ۚ لَيْسَ عَلَيْكُمْ وَلَا عَلَيْهِمْ جُنَاحٌۢ بَعْدَهُنَّ ۚ طَوّٰفُونَ عَلَيْكُم بَعْضُكُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ ۚ كَذٰلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمُ الْاٰيٰتِ ۗ وَاللَّهُ عَلِيمٌ حَكِيمٌ (٥٨)

  1. Wahai orang-orang yang beriman! Hendaklah hamba sahaya (laki-laki dan perempuan) yang kamu miliki, dan orang-orang yang belum balig (dewasa) di antara kamu, meminta izin kepada kamu pada tiga kali (kesempatan), yaitu sebelum salat Subuh, ketika kamu menanggalkan pakaian (luar)mu di tengah hari dan setelah salat Isya. (Itulah) tiga aurat (waktu) bagi kamu. (568) Tidak ada dosa bagimu dan tidak (pula) bagi mereka selain dari (tiga waktu itu, mereka keluar masuk melayani kamu, sebagian kamu atas sebagian yang lain. Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayat itu kepadamu. Dan Allah Maha Mengetahui, Mahabijaksana.

=== 568 Tiga macam waktu yang biasanya pada waktu-waktu itu badan banyak terbuka. Oleh sebab itu, Allah melarang hamba sahaya dan anak-anak di bawah umur untuk masuk ke kamar tidur orang dewasa tanpa izin.

 

Tadabbur Ayat :

Ayat 54-57 menjelaskan lima prinsip berikut:

  1. Taat kepada Allah dan Rasul Saw. adalah kewajiban manusia dan ketaatan itu adalah syarat mendapat hidayah Allah.
  2. Tugas Rasulullah Saw. adalah menyampaikan Al-Qur’an dengan sempurna. Jika manusia tidak mau menerimanya, maka tugas beliau sudah selesai dan manusia akan ditanya di akhirat kelak kenapa mereka menolaknya.
  3. Allah menjanjikan kepada Nabi Muhammad dan umatnya yang mukmin menjadi pemimpin manusia. Hanya dengan kepemimpinan kaum mukmin Islam bisa eksis, dunia ini aman dan kemusyrikan terkikis. Janji Allah ini sudah terbukti selama 13 abad lamanya umat Islam memimpin dunia.
  4. Menegakkan salat, menunaikan zakat dan menaati Rasul Saw. adalah jalan meraih rahmat Allah.
  5. Orang-orang kafir tidak akan bisa lolos dari azab Allah di dunia. Di akhirat mereka akan ditempatkan di neraka. Itulah tempat yang paling buruk.

Ayat 58 menjelaskan aturan masuk kamar orang tua bagi anak-anak yang belum dewasa dan hamba sahaya. Ada tiga  waktu di mana mereka tidak boleh masuk kecuali meminta izin terlebih dahulu, yaitu:

  1. Sebelum  salat Subuh
  2. Setelah Zuhur.
  3. Setelah  salat Isya.

Ketiga waktu tersebut biasanya  orang tua membuka aurat mereka. Sebab itu, diharuskan bagi anak-anak mereka yang belum dewasa meminta izin jika mereka ingin masuk ke kamar atau ruang orang tua mereka.

Sumber : Mushaf Tadabbur – Ust. Fathuddin Ja’far, MA

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s